• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bukan Hoax! 5 Fakta Smartphone Bisa Bikin Kamu Pikun

Bukan Hoax! 5 Fakta Smartphone Bisa Bikin Kamu Pikun

00
Jumat, 27 Jul 2018, 19:00 WIB
Selama ini anggapan bahwa radiasi smartphone bisa menyebabkan penyakit pada otak dan ingatan sering dianggap hoax. Namun, sebuah penelitian resmi baru-baru ini berhasil membuktikan kebenarannya. Berikut 5 fakta smartphone bisa menyebabkan pikun.

Kids jaman now memang kini gak bisa dipisahkan dari yang namanya smartphone. Bahkan, seringkali mereka mengabaikan imbauan seputar bahaya menggunakan smartphone berlebihan karena dianggap cuma hoax.

Padahal, sekarang ada faktanya lho! Berikut Jaka ulas lima fakta radiasi smartphone bisa bikin generasi muda pikun dini.

BACA JUGA
  • PENTING! Ini 5 Cara Mencegah Radiasi Layar Smartphone yang Berbahaya
  • Awas! 3 Bahaya Menggunakan Auto Like di Instagram
  • Jangan Install! Ini 7 Jenis Aplikasi Berbahaya Bagi Android Kamu

5 Fakta Smartphone Bisa Bikin Kamu Pikun

Baru-baru ini, penelitian yang dilakukan ilmuwan di Swiss Tropical and Public Health Institute (Swiss TPH) sukses membuktikan kebenaran dari adanya bahaya radiasi smartphone lho! Jadi buat kamu yang selama ini masih kurang percaya sama berita simpang siur soal bahayanya smartphone, kini bisa lebih hati-hati karena ternyata, kamu yang berusia masih muda bisa mengalami pikun dini cuma gara-gara smartphone!

Smartphone Flagship Murah 0dfd6
Cari Smartphone Flagship Paling Murah di Sini!
Jadi impian nyaris semua orang untuk memiliki smartphone kelas atas alias HP flagship. Tapi, biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit karena harganya dibanderol mahal. Berikut rekomendasi Jaka mengenai 10 smartphone flagship murah yang layak kamu jadikan pilihan di 2018.
LIHAT ARTIKEL

1. Radiasi RF-EMR

Penyebab utamanya tentu aja adalah radiasi. Ya, pancaran gelombang alias radiasi yang berasal dari smartphone bisa menyerang dan membahayakan otak penggunanya. Apalagi kalau kamu menggunakannya dalam jangka waktu lama atau secara terus-menerus.

Smartphone Bikin Pikun 1 8cad2
Sumber foto: Spectral Analytical Sciences

Radiasi bernama RF-EMR adalah radiasi yang bisa kamu alami jika menggunakan smartphone secara berlebihan. Radiasi ini menyebabkan penampilan ingatan figural kamu rusak dan menurunkan kemampuan otak dalam mengingat bentuk-bentuk abstrak. Gak heran kalau generasi jaman now kini banyak yang mudah lupa dan jadi cenderung teledor.

2. 3G ke 4G ke 5G = Lebih Berbahaya

Perkembangan jaringan internet yang lebih cepat dan canggih tentunya dinantikan nyaris semua orang. Di Indonesia sendiri juga jadi salah satu negara yang menantikan masuknya jaringan 5G untuk bisa digunakan masyrakat. Meskipun pada kenyataannya, jaringan 4G sendiri penyebarannya belum terlalu merata di Indonesia.

Smartphone Bikin Pikun 2 A1bb8

Sayangnya, semakin canggih jaringannya ternyata malah memberi risiko lebih besar alias membahayakan kesehatan penggunanya lho. Penelitian Swiss TPH menyebutkan frekuensi 5G dirancang menggunakan frekuensi radio lebih tinggi yang mana gelombang sangat pendek 5G akan lebih mudah diserap kulit.

3. Sering Bertelepon di Telinga Kanan

Hasil penelitian Swiss TPH juga mengungkap fakta yaitu kecenderungan pengguna smartphone, terutama generasi muda, menggunakan smartphone di telinga bagian kanan entah untuk bertelepon ataupun aktivitas lain. Ternyata, hal itu sangat berpengaruh pada lebih cepatnya kerusakan ingatan!

Smartphone Bikin Pikun 3 61bf6
Sumber foto: Televelocity

Jaringan kulit dan otak yang ada di sebelah kanan ternyata lebih mudah menyalurkan gelombang yang dihasilkan dari radiasi smartphone. Hasilnya, dampak buruk radiasi tersebut semakin mudah menjangkit pengguna. Salah satu yang paling terlihat efeknya adalah penurunan fungsi otak dalam mengingat alias pikun di usia dini.

4. Risiko Tambahan Lain

Selain pikun dini, ternyata masih ada dampak lain yang bisa ditimbulkan oleh radiasi akibat penggunaan smartphone secara terus-menerus lho. Salah satu yang paling berbahaya adalah gejala dan serangan kanker. Ya, salah satu penyakit yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya.

Smartphone Bikin Pikun 4 46da7
Sumber foto: Android Central

Selain kanker, berbagai penyakit dari yang ringan sampai berat semisal gangguan mata, iritasi kulit hingga insomnia alias susah tidur adalah beberapa gejala dan penyakit yang bisa kamu alami akibat penggunaan smartphone secara nonstop. Apalagi buat kamu yang suka banget gaming di smartphone.

5. Headphone = Penyelamat ?

Meski begitu, para peneliti Swiss TPH juga menemukan fakta yang bisa menjadi solusi untuk setidaknya mengurangi risiko kesehatan yang ditimbulkan dari seringnya penggunaan smartphone. Salah satunya adalah dengan menggunakan headphone untuk berbagai aktivitas.

Smartphone Bikin Pikun 5 85bf4

Ya, headphone yang kamu gunakan untuk menerima panggilan telepon atau aktivitas lainnya yang mengharuskan kamu menempelkan smartphone ke telinga bisa meminimalisir risiko yang ada di nomor tiga. Selain itu, tentunya kamu juga harus mulai mengubah kebiasaan penggunaan smartphone jadi gak terlalu sering.

Akhir Kata

Itulah lima fakta smartphone yang membuktikan bahwa radiasi smartphone bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk pikun dini buat kamu yang masih berusia muda. Gimana? Masih mau mengabaikan nasihat orang tua untuk gak menggunakan smartphone secara berlebihan? Lebih baik jaga kesehatan kamu baik-baik ya, gengs!

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

ARTIKEL TERKAIT

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal