J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Fakta Menarik tentang Shenzhen, Silicon Valley-nya China!

7 Fakta Menarik tentang Shenzhen, Silicon Valley-nya China!

Kamis, 19 Apr 2018, 16:00 WIB
Shenzen adalah sebuah kota di Tiongkok yang kini menjadi pusat industri teknologi di sana bahkan seluruh dunia. Di balik kemegahannya, ini 7 fakta menarik mengenai Shenzen, salah satu kota yang dijuluki Silicon Valley-nya China guys.

Pasti kamu kenal dengan Silicon Valley kan? Salah satu kawasan di sisi Timur Amerika Serikat ini memang menjadi tempat berkumpulnya raksasa teknologi dari seluruh dunia loh! Enggak mau kalah saing, China pun juga memiliki kawasan sejenis loh!

Shenzhen saat ini menjadi pusat teknologi yang sangat berkembang pesat terutama di kawasan Asia guys. Bagimana kecanggihan perkembangan kawasan yang satu ini?

BACA JUGA
  • Charge HP Pakai Urin! Ini 5 Fakta Unik Seputar Handphone
  • Bisa Bikin Kiamat! Ini 5 Fakta Mencengangkan Smartphone
  • 7 Fakta Stephen Hawking, Fisikawan Hebat yang Penuh Kontroversi

7 Fakta Menarik Mengenai Kota Shenzhen di China

Shenzhen dapat dikatakan sebagai Ibukota teknologi China dengan pertumbuhan sangat pesat semenjak tahun 1980-an ke belakang.

Dengan perkembangan tersebut, bahkan Shenzhen saat ini bisa bersaing dengan Hong Kong dan Taiwan loh! Berikut Jaka bakal ulas 7 fakta menarik Shenzhen, kota yang dijuluki Silicon Valley-nya China.

1. Berawal dari Kampung Nelayan

Shenzhen memang sebuah kawasan yang terletak di daerah pesisir, maka enggak mengherankan apabila sebelum berubah menjadi kota yang maju daerah ini merupakan sebuah kampung nelayan yang terbilang kumuh.

Fakta Shenzen 1 5b3b4
Sumber foto: startupsocietes.com

Ajaibnya Shenzhen mulai berbenah sejak tahun 1979 dan direncanakan menjadi sebuah zona ekonomi terpadu. Kini bisa kamu lihat sebuah kota dengan jajaran bangunan pencakar langit hampir di setiap sisinya guys.

2. Tempat Kumpulnya Raksasa Teknologi

Dijuluki sebagai ibu kota teknologi China, jelas membuat Shenzhen menjadi tempat berkumpul para raksasa teknologi dunia. Sebut saja ZTE, yang memegang industri handset memiliki markas pusat di Shenzhen loh.

Fakta Shenzen 2 0d53c
Sumber foto: presstv.com

Selain itu, masih ada perusahaan-perusahaan teknologi lainnya, seperti BYD, Huawei, Tencent dan lain sebagainya yang umumnya berasal dari Negeri Tirai Bambu ini.

3. Kota Terkaya di China

Dengan perkembangan yang pesat dan perusahaan teknologi yang berkumpul, maka enggak heran banyak orang mengidamkan bekerja di kawasan ini. Bahkan jika dibandingkan kawasan lainnya, Shenzhen bisa dikatakan sebagai kota terkaya di China loh!

Fakta Shenzen 3 11eef
Sumber foto: cnn.com

Pendapatan per kapita penduduk Shenzhen sendiri bahkan diklaim 50 persen lebih tinggi dibanding kawasan terpadu lain, seperti Beijing maupun Shanghai.

4. Gedung Pencakar Langit Tertinggi

Seperti Jaka ungkapkan di awal, Shenzhen yang awalnya merupakan kawasan kumuh kini telah berubah menjadi daerah yang dipadati oleh gedung-gedung pencakar langit. Bahkan salah satunya menjadi yang tertinggi di dunia.

Fakta Shenzen 4 Aac17
Sumber foto: archdaily.com

Ping An Finance Center didaulat menjadi gedung tertinggi keempat dengan tinggi 550 meter. Selain itu gedung ini juga memiliki hotel paling mewah kedua di dunia loh!

5. Pusat Pariwisata Unik

Fakta Shenzen 5 C708a
Sumber foto: dailymail.co.uk

Selain pusat teknologi, Shenzhen juga populer dengan pusat wisatanya yang unik dan menjadi destinasi utama saat kamu berkunjung ke China. Di sana kamu dapat menemui berbagai taman bermain, seperti Window of the World, Splendid China Folk Village dan masih banyak lagi.

6. Penuh Wanita Cantik

Fakta Shenzen 6 Bf4a2
Sumber foto: dornsife-blogs.usc.edu

Buat kamu jomblo senang banget tahu kabar ini! Mayoritas penduduk Shenzhen adalah wanita yang rata-rata berusia di bawah 30 tahun. Maka enggak mengherankan apabila beberapa kalangan juga menjuluki kota ini sebagai Paradise of Girls.

7. Tingkat Kriminalitas Tinggi

Walaupun begitu tetap saja kultur yang dengan kesan kumuh masih mewarnai kawasan hi-tech satu ini. Salah satunya adalah tingkat kriminalitas yang tinggi. Bahkan pada tahun 2003 lalu, jumlah ini meningkat 57 persen menjadi 100.000 kasus.

Fakta Shenzen 7 Ef143
Sumber foto: fringejoyride.com

Selain itu, di kota ini kamu masih bisa menemukan sejumlah orang tunawisma yang berkeliaran di jalan umum dan juga fasilitas yang kurang terawat misalnya toilet umum.

Akhir Kata

Nah, itulah 7 fakta menarik tentang Shenzhen yang dijuluki sebagai Silicon Valley miliki China. Kira-kira di Indonesia, kota manakah yang patut dikembangkan jadi seperti Shenzhen? Yuk share pendapat kamu pada kolom komentar di bawah.

Baca juga artikel seputar Fakta atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT
Fakta Dunia Teknologi 10

10 Fakta Seputar Dunia Teknologi yang Jarang Diketahui

Rep

5 Fakta Google yang Pasti Bikin Kamu Kaget! Buruan Cek Nomer 1

A53ae292bd0b2dc2d4eafea2d9d40dc0

5 Fakta Mengejutkan Tentang Pengguna Android di Negara China

Fakta Industri Smartphone China

5 Fakta Industri Smartphone China yang Bakal Bikin Kamu Tercengang!

B1f192e60ec3ae95ae7d166f804a8637

Geli! Pasti Kamu Jijik Lihat 5 Fakta Astronot Ini

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Pubg Mobile Logo 7b097
PUBG Mobile (Player Unknown Battleground) 0.17.0
Games Tencent Mobile International Ltd.
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal