J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Fakta Ngecas Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui

              7 Fakta Ngecas Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui

              00
              Rabu, 10 Jan 2018, 15:00 WIB
              Smartphone gak bisa diandalkan karena baterai cepat drop? Mungkin aja cara kamu ngecas selama ini salah. Berikut 7 fakta ngecas smartphone yang perlu kamu tahu.

              Kebutuhan akan smartphone gak bisa lagi ditolerir di era modern ini. Hampir setiap aktivitas kita sehari-hari kini menggunakan atau setidaknya berhubungan dengan smartphone. Sayangnya, smartphone dengan baterai kurang mumpuni akibat salah ngecas malah gak bisa diadalkan.

              Meski punya kapasitas baterai besar, baterai smartphone kamu gak akan awet kalau kamu salah memperlakukannya terutama dalam melakukan pengisian atau ngecas. Berikut Jaka ulas tujuh fakta ngecas smartphone yang perlu kamu tahu.

              BACA JUGA
              • 4 Mitos Bahaya Ngecas Laptop dengan Charger Laptop Lain!
              • Mitos Ngecas HP Semalaman Berbahaya, Benar Atau Salah?
              • 100% Mitos! 4 Alasan Charge HP Semalaman Gak Berbahaya

              7 Fakta Ngecas Smartphone yang Perlu Kamu Ketahui

              1. Isi Baterai Kapan Saja Ada Kesempatan

              Kamu tipe yang selalu membawa charger atau power bank kemanapun kamu melangkahkan kaki? Jangan ragu untuk ngecas smartphone kamu begitu ada kesempatan alias sarana untuk kamu ngecas. Tunggu, bukannya bolak-balik ngecas malah gak bagus?

              Fakta Ngecas Smartphone 1
              Sumber foto: Sumber: Business Insider

              Faktanya, ngecas smartphone sesekali tiap ada kesempatan meski hanya untuk beberapa menit gak akan membahayakan baterai smartphone kamu. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh penelitian dari Battery University. Jadi, jangan ragu untuk ngecas kapan aja dibutuhkan ya.

              2. Jangan Tunggu Baterai Nyaris Kosong

              Kebalikan dari nomor satu, kamu termasuk tipe yang gak mau repot membawa charger atau power bank saat bepergian? Biasanya kamu akan menggunakan smartphone hingga titik darah penghabisan dan baru ngecas setibanya di rumah. Salahkah?

              Fakta Ngecas Smartphone 2
              Sumber foto: Sumber: Techweez

              Ngecas smartphone dalam keadaan baterai super kosong alias nyaris mati bisa berdampak pada pendeknya umur si baterai itu sendiri. Analogikan seperti penyakit maag, makin sering kamu membiarkan lambung sakit karena telat makan, maka akan semakin besar risiko kamu terkena maag kronis. Setuju?

              3. Ngecas Ideal dari 65% Hingga 75%

              Masih dari Battery University, kamu idealnya ngecas smartphone kamu ketika baterai berada di angka 65%. Kamu juga gak perlu menunggu waktu lama untuk ngecas karena bisa mencabutnya ketika angka sudah menunjukkan 75%.

              Fakta Ngecas Smartphone 3

              Terdengar cukup sulit terlebih dengan aktivitas sehari-hari yang cukup padat, bukan? Meski gak ada yang mewajibkan, hal itu memanglah demikian karena pola ngecas di atas bisa membuat baterai lebih awet alias berumur lebih panjang.

              4. Jika Sulit, Praktikkan 45% Hingga 75%

              Gak semua orang tentunya bisa dan punya waktu untuk menerapkan pola ngecas di atas. Kamu bisa menerapkan pola yang satu ini. Masih menurut Battery University, ngecas smartphone dari 45% hingga 75% juga adalah pola ngecas yang ideal.

              Fakta Ngecas Smartphone 4

              Bahkan jika masih sulit, pola 25-75% juga tergolong pola ideal nomor 3 untuk menjaga keawetan baterai smartphone kamu. Hal itu dijamin akan mengurangi risiko kerusakan baterai jangka panjang. Kira-kira pola ngecas mana yang mau kamu gunakan?

              5. Ngecas Sampai 100% Memperpendek Umur Baterai

              Kamu adalah orang yang dikenal akan totalitasnya alias selalu memberikan 100% nyaris di segala hal, termasuk ngecas smartphone? Faktanya, sering mengisi daya baterai hingga penuh malah gak bagus untuk keawetan dan daya tahan si baterai, lho!

              Fakta Ngecas Smartphone 5
              Sumber foto: Sumber: Digital Trends

              Baterai smartphone kini, terutama jenis lithium-ion atau li-ion adalah tipe baterai yang gak perlu kamu isi hingga penuh atau 100%. Daya dan voltase yang besar diyakini malah akan membuat baterai 'stres' dan memperpendek umurnya.

              6. Ngecas Semalaman Berbahaya?

              Fakta Ngecas Smartphone 6

              Hal yang satu ini memang masih jadi perdebatan hingga kini. Namun, jika melihat fakta-fakta di atas, terutama soal pola ideal ngecas, maka ngecas smartphone semalamam alias ditinggal tidur tergolong gak bagus buat baterai itu sendiri. Setuju?

              Jika kamu gak setuju dengan fakta yang satu ini, mungkin kamu lebih condong ke pendapat kalau ngecas smartphone semalaman itu gak berbahaya. Seperti yang ada di artikel JalanTikus yang satu ini.

              7. Jika Sampai 100%, Segera Cabut Charger

              Fakta Ngecas Smartphone 7

              Kamu mungkin gak bisa selalu menerapkan pola 65-75%, 45-75% atau bahkan 25-75%. Kadang kamu mungkin aja kelupaan hingga betarai kamu mencapai 100% saat dicas. Gak masalah, asal kamu sesegera mungkin mencabut charger ketika sudah menunjukkan angka 100%. Jangan sampai dibiarkan berlama-lama.

              Akhir Kata

              Itulah tujuh fakta ngecas smartphone yang benar dan perlu kamu ketahui. Gimana? Apakah menurut kamu selama ini kamu sudah ngecas smartphone kamu secara benar? Lalu apakah baterai kamu jadi lebih awet alias berumur lebih panjang? Jangan ragu untuk sampaikan pendapat kamu di kolom komentar ya.

              Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

              APPS TERKAIT
              Battery Calibration
              Battery Calibration 1.2
              Apps N Ma
              Baterrybooster Icon
              Battery Booster Lite 7.2.3.9
              Apps
              Unnamedresult Icon
              CurrentWidget: Battery Monitor 0.4
              Apps RmDroider
              Batteryinfoview Icon
              BatteryInfoView 1.21
              Apps Nirsoft
              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal