J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Defrag Bikin PC Overheat Dan Fakta Mengejutkan Lain Tentang Defragmentasi Hard Disk

Defrag Bikin PC Overheat Dan Fakta Mengejutkan Lain Tentang Defragmentasi Hard Disk

Minggu, 7 Mei 2017, 10:00 WIB
Ketika data pada suatu hard disk sudah terlalu banyak, umumnya kita akan melakukan proses defragementasi. Tapi sbelum melakukannya, ada baiknya kamu tahu sejumlah fakta mengejutkan tentang defragmentasi.

Hard Disk merupakan perangkat penyimpanan data berupa disk magnetik yang kita gunakan untuk menyimpan berbagai data yang kita butuhkan di perangkat komputer. Segala data yang dimasukkan ke dalam sebuah perangkat komputer akan tersimpan secara permanen di dalam hard disk dan ketika kalian hendak mengakses data tersebut, hard disk akan mulai bekerja dengan melakukan pencarian dan pembacaan data yang kalian butuhkan tadi.

Ketika data pada suatu hard disk sudah terlalu banyak, umumnya kita akan melakukan proses defragementasi pada hard disk untuk mengurutkan seluruh data yang tadinya berantakan agar tersusun lebih rapi dan mudah dibaca oleh hard disk nantinya. Namun, di balik manfaat proses defragmentasi ini, ternyata terdapat sejumlah fakta mengejutkan yang tidak kalian ketahui. Apa saja fakta-fakta tersebut? Simak pembahasan saya kali ini tentang fakta mengejutkan defragmentasi hard disk.

BACA JUGA
  • 5 Hard Disk Eksternal Terbaik Untuk Back-Up Data Versi JalanTikus
  • Cara Ampuh Perbaiki Hard Disk Rusak atau Bad Sector

Defrag Bikin PC Overheat dan Fakta Mengejutkan Lain Tentang Defragmentasi Hard Disk

1. Pada Windows 7, 8, dan 10 Defragmentasi Hard Disk Berlangsung Secara Otomatis

Ccc9bcffdb3791bb647c47359a501755

Fakta mengejutkan pertama tentang defragmentasi hard disk yang harus kalian ketahui adalah proses defragmentasi hard disk pada Windows 7, 8, dan 10 **terjadi secara otomatis berkat fitur penjadwalan defragmentasi yang secara default aktif ketika kalian selesai melakukan instalasi sistem operasi (mingguan).

Jadi, bisa dikatakan melakukan defragmentasi di luar jadwal tersebut hanya akan membuang-buang waktu dan dapat berdampak pada umur dari hard disk tersebut. Sebab ketika sebuah hard disk melakukan proses read dan write secara berlebihan, dapat menyebabkan semacam 'stres' pada komponen fisik yang terdapat di dalam hard disk tersebut, terutama pada lengan pemutar dan piringan magnetik.

2. Defragmentasi Dapat Menyebabkan Komputer Overheat

4c93b24fe51885075e3ea2476f84199b
Sumber foto: Foto: pcworld.com

Biasanya jika kalian sudah lama tidak melakukan defragmentasi hard disk, sementara kalian sangat sering menggunakan perangkat komputer, dapat menyebabkan proses defragmentasi hard disk yang kalian lakukan berjalan lebih lama, bahkan hingga berjam-jam, karena banyaknya file yang perlu disusun. Jaka sendiri pernah melakukan defragmentasi hard disk hingga 6 jam, mulai dari tengah malam hingga pagi hari.

Apa yang terjadi? Ketika Jaka bangun, Jaka bisa dengan jelas mendengar suara kipas pendingin yang berbunyi cukup nyaring untuk menurukan panas dari perangkat komputer Jaka yang selama semalam terus melakukan proses read dan write tanpa beristirahat sehingga menyebabkan overheat.

Tidak hanya itu saja, jika kalian melakukan defragmentasi hard disk tanpa melakukan charging, ada kemungkinan perangkat komputer kalian akan mengalami overheat, kemudian mati secara tiba-tiba. Tentu saja jika komputer kalian sering mati tiba-tiba, bisa berdampak pada sistem operasi kalian.

Banner Shutterstock Harddiskrusak
Begini 4 Cara Memanfaatkan Hard Disk Rusak Dengan Kreatif
Salah satu masalah sistem komputer yang sering terjadi, yaitu hard disk rusak. Agar nggak jadi polusi barang elektronik tidak terpakai, Jaka akan kasih tahu cara memanfaatkan hard disk rusak. Yuk simak!
LIHAT ARTIKEL

3. Tidak Perlu Lakukan Defragmentasi Pada SSD (Solid State Drive)

4ba3eca75aac4b1e4a751edacf6fdc28
Sumber foto: Foto: pcadvisor.co.uk

SSD merupakan salah satu media penyimpanan data yang kemampuannya jauh melebihi hard disk. Meskipun harganya sedikit mahal, kemampuan SSD dalam melakukan read dan write data akan sangat memengaruhi kecepatan akses data kalian.

Namun, meskipun pada dasarnya SSD ini memiliki fungsi yang sama dengan hard disk biasa, kalian sangat disarankan untuk tidak melakukan defragmentasi pada SSD. Kenapa?

SSD memiliki struktur yang berbeda dari hard disk biasa karena SSD sama sekali tidak memiliki komponen gerak seperti lengan pemutar dan piringan magnetik. SSD bekerja dengan menggunakan memori flash yang membuatnya dapat melakukan akses data secara acak (proses akses data pada HDD dilakukan secara bertahap) sehingga SSD mampu melakukan pembacaan data dengan lebih cepat.

Nah, memori flash yang dimiliki oleh SSD ini memiliki batas read dan write, sehingga jika kalian melakukan defragmentasi (yang merupakan proses read dan write data sebanyak ribuan kali), hal tersebut justru akan mempersingkat umur dari flash memori tersebut.

Itulah tadi fakta mengejutkan seputar proses defragmentasi hard disk, semoga bermanfaat dan saran dari Jaka, sebaiknya jangan terlalu sering melakukan defragmentasi hard disk. Kalian bisa memanfaatkan fitur penjadwalan defragmentasi seminggu sekali agar proses defragmentasi tidak berjalan terlalu lama dan untuk kalian pemilik SSD, jangan pernah melakukan defragmentasi pada SSD kalian.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Shutterstock Pclistrik

Begini Kerusakan PC Karena Mati Listrik Terlalu Sering

Banner Shutterstock Ssdturun

Tahun 2018 Harga SSD Turun Tajam Hingga 50%! Benarkah?

Banner Techradar Bitcoin5tahun

Ini Perkembangan Bitcoin 5 Tahun Terakhir, Yakin Nggak Mau Invest?

Banner Jalantikus M650

Review SteelSeries APEX M650: Ini Baru Profesional!

Banner Wdognet Prosesor128

Karena Alasan Ini Prosesor 128 Bit Tidak Akan Pernah Ada

APPS TERKAIT
20121226084404_92
Recuva 4.2.8.0
Apps Piriform
Orion File Recovery And Drive Scrubber Icon Icon
Orion File Recovery and Drive Scrubber 1.11
Apps NCH Software
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Ciri-Ciri Hard Disk Yang Rusak dan Cara Mengatasinya!

Ciri-Ciri Hard Disk Yang Rusak dan Cara Mengatasinya!

5 Hard Disk Eksternal Terbaik Untuk Back-Up Data Versi JalanTikus

5 Hard Disk Eksternal Terbaik Untuk Back-Up Data Versi JalanTikus

10 Tips Memilih Hard Disk Eksternal yang Tidak Gampang Rusak

10 Tips Memilih Hard Disk Eksternal yang Tidak Gampang Rusak

Tips Merawat Hard Disk Supaya Tidak Bad Sector

Tips Merawat Hard Disk Supaya Tidak Bad Sector

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal