J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              100x Lebih Kencang dari 4G, Ini Fakta Lain 5G yang Perlu Kamu Tahu!

              100x Lebih Kencang dari 4G, Ini Fakta Lain 5G yang Perlu Kamu Tahu!

              00
              Sabtu, 7 Okt 2017, 09:30 WIB
              Dalam beberapa tahun ke depan, kita akan merasakan jaringan internet generasi ke-5 atau 5G. Benarkah jaringan ini super cepat? Seberapa cepat dibanding 4G? Berikut fakta-fakta terkini seputar 5G.

              Perkembangan teknologi tumbuh begitu pesat dan terjadi sangat cepat. Pun begitu dengan jaringan internet. Gak terasa kalo sekarang kita sudah ada di generasi ke-4 atau yang kita kenal dengan 4G.

              Bicara soal penamaan, "G" dari 4G merujuk pada kata "Generation" yang berarti teknologi jaringan internet tanpa kabel (wireless) kini sudah memasuki generasi yang keempat. Di Indonesia sendiri, jaringan 4G sendiri sudah berkembang bahkan tersebar nyaris ke seluruh daerah.

              Namun, peralihan dari generasi sebelumnya, 3G, menuju 4G nyatanya gak begitu disadari para pengguna. Meski menawarkan kecepatan lebih di generasi ke-4, perbedaan antara keduanya bisa dibilang gak terlalu jauh. Tapi hal itu tampaknya gak akan terulang di generasi berikutnya.

              BACA JUGA
              • Dukung Pengembangan 5G, Ini 5 Solusi Inovatif yang Ditawarkan ZTE Indonesia
              • Penjelasan 5G, Sinyal GSM Terkencang di Dunia Saat Ini!
              • Kecepatan Download 5G Di Kota Ini Mencapai 1Gbps!

              Fakta-fakta 5G yang Perlu Kamu Tahu

              Fakta Fakta 5g

              Ya. Teknologi jaringan internet generasi berikutnya adalah 5G. Banyak pakar teknologi meyakini perubahan dari jaringan 4G kepada 5G akan sangat terasa bagi para pengguna. Dilansir dari Venture Beat, perusahaan-perusahaan teknologi besar bekerjasama mengembangkan jaringan 5G agar jadi jauh lebih superior dari generasi sebelumnya.

              Sebut saja Verizon, perusahaan telekomunikasi asal New Jersey tersebut mengambil alih masalah hambatan transmisi yang kerap terjadi di generasi sebelumnya. Perusahaan besar lainnya, AT&T, juga mengabil peran dengan memperkenalkan platform terbaru Internet of Things (IoT).

              100 Kali Lebih Cepat dari 4G?

              Fakta 5g
              Sumber foto: Sumber: RCR Wireless

              Lalu seperti apa kecanggihan atau superioritas dari jaringan 5G itu sendiri? Percobaan yang pernah dilakukan belum lama ini hasilnya cukup impresif. Jaringan 5G dengan status trial mampu mencapai kecepatan hingga 100 kali lipat dari kecepatan jaringan 4G!

              Jika dibayangkan, membuka tab baru saat browsing rasanya gak akan ada bedanya dengan membuka sebuah file atau folder di galeri. Memang, hal utama yang jadi nyawa terciptanya jaringan 5G ini adalah soal kecepatan. Bahkan, Qualcomm menyebut jaringan 5G sebagai "the platform for invention".

              Self-driving Cars

              Self Driving Car
              Sumber foto: Sumber: Documentary Tube

              Salah satu industri yang nantinya paling merasakan manfaat 5G adalah otomotif. Terlebih, sedang digarap dan dikembangkannya self-driving car atau mobil tanpa sopir tentu akan semakin mudah terselesaikan dengan adanya jaringan internet yang jauh lebih mumpuni.

              Belum lagi sudah dilakukan uji coba taksi drone beberapa waktu lalu di Dubai. Maka dampak hadirnya jaringan 5G akan sangat terasa bukan hanya pada perangkat gadget, tapi dalam transportasi dan lalu-lintas serta aspek lainnya dalam kehidupan sehari-hari manusia.

              Akhir Kata

              Melihat fakta-fakta di atas, rasanya kita dibuat gak sabar untuk segera merasakan dan menikmati superioritas jaringan 5G. Namun, kita tetap masih harus menunggu beberapa tahun ke depan. Seperti yang pernah dibahas pada artikel "Perbedaan internet di Amerika Serikat dan Indonesia", kita baru akan dapat merasakan 5G beberapa saat setelah Negeri Paman Sam menggunakannya. Harap bersabar, ya!

              Baca juga artikel seputar Internet atau artikel menarik lainnya dari Reynaldi Manasse.

              APPS TERKAIT
              3g4g Icon
              3G 4G WiFi Maps & Speed Test 3.49
              Apps OpenSignal.com
              Internetspeedtest Icon
              Internet Speed Test 3G,4G,Wifi 2.0.9
              Apps Optimal Software s.r.o.
              4G_mark
              4Gmark (Speedtest & Benchmark) 1.5.3
              Apps Trois Petits Points
              3g4g Speed Optimizer Icon
              3G/4G Speed Optimizer 1.3.0
              Apps
              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal