J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Fakta Unik di Balik Kostum Superhero | Logo S Bukan Singkatan Superman!

Jumat, 20 Nov 2020, 18:30 WIB
Kostum superhero terkenal memiliki desain unik dan fungsionalitas tinggi. Tapi, apakah kamu sudah tahu fakta di balik kostum superhero ini?

Bagi kamu penggemar film-film superhero terbaik, apa yang paling kamu suka dari filmnya, geng? Adegan action menegangkan, pertarungan antara superhero dengan villain, atau kostumnya yang keren?

Ya, salah satu hal yang menarik untuk dilihat dari para superhero tentu saja kostum yang mereka kenakan. Bukan hanya untuk gaya-gayaan, kostum tersebut juga mampu melindungi dan meningkatkan kemampuan mereka, lho.

Ada yang menggunakan kostum berwarna cerah, ada pula yang memilih warna gelap agar mudah berbaur dengan bayang-bayang. Menurut Jaka, keduanya sama-sama keren.

Tapi, apakah kamu sudah tahu beberapa fakta mengejutkan di balik kostum para superhero? Langsung saja simak penjelasan di bawah agar kamu tahu fakta-faktanya.

7 Superhero yang Kostumnya Menyimpan Fakta Menarik

Kebanyakan film superhero didasarkan pada versi komiknya. Meskipun demikian, ada saja film adaptasi komik yang melakukan kesalahan besar, salah satu penyebabnya karena melenceng terlalu jauh dari apa yang ada di komik.

Hal ini termasuk tentang kostum. Beberapa superhero dibuat mengenakan kostum yang sangat berbeda dari versi komik, namun ada juga yang tetap mengadopsi kostum versi komik, meskipun terkesan aneh.

Sebenarnya, ada alasan mengapa pemilihan desain kostum tersebut terkesan nggak masuk akal, geng. Penjelasannya bisa kamu baca di bawah ini.

1. Daredevil

Daredevil 39223

Daredevil pertama muncul mengenakan kostum warna kuning yang terinspirasi dari jubah tinju ayahnya yang merupakan seorang petinju. Namun, kini ia lebih dikenal dengan kostum merahnya berkat desain sang ilustrator, Wally Wood.

Bukan hanya dari segi penampilan, Wood juga menyertakan beberapa elemen penting pada kostum Matt Murdock alias Daredevil, contohnya senjata billy club yang selalu ia bawa, serta logo "DD" pada kostumnya.

Sayangnya, serial Daredevil (2015-2018) nggak memberikan kredit kepada Wood, sehingga pantas saja ia kecewa. Tapi, serial ini nggak dilanjutkan lagi oleh Netflix, geng.

2. Spider-Man

Spider Man 93b36

Kamu pasti ingat dengan kostum hitam yang digunakan oleh manusia laba-laba ini, kan, geng? Meskipun dijelaskan sebagai makhluk asing dari luar angkasa pada film Spider-Man 3 (2007), ternyata latar belakangnya nggak sesimpel itu, lho.

Pada serial komik Secret Wars, Spider-Man adalah salah satu superhero yang dibawa ke planet bernama Battleword oleh tokoh Beyonder. Di sana, kostum merah-birunya yang khas rusak, sehingga diganti yang baru oleh sebuah mesin.

Pasca kembali ke Bumi, Peter Parker baru sadar bahwa kostum tersebut adalah symbiote hidup. Meskipun bisa menghasilkan jaring secara non-stop, namun kostum ini mulai mengendalikan kehidupan Peter.

3. Wolverine

Wolverine Cc522

Bukan hanya Spider-Man yang mengalami perubahan kostum, melainkan juga Wolverine. Mulai dari warna cerah, lebih kalem, hingga hanya memakai tank top dan celana jeans.

Sejak awal kemunculannya pada 1974, Wolverine tampil konsisten dengan kostum warna kuning, biru, dan hitam. Pasca ilustrator Wolverine yang lama, Dave Cockrum, keluar dan digantikan oleh John Byrne, baru kostumnya mengalami perubahan.

Pada era Byrne, Wolverine sempat memakai kostum Fang, villain yang dikalahkannya. Kemudian, superhero dengan cakar adamantium ini kembali kepada kostum klasiknya, sebelum pada akhirnya menggunakan kostum cokelat dan kuning sejak komik Uncanny X-Men #139.

4. Deadpool

Deadpool D1871

Masih ingat dengan penampilan Deadpool di film X-Men Origins: Wolverine (2009) yang menjadi kostum film Marvel terburuk? Untungnya, kostum Deadpool mendapatkan perbaikan yang sangat jauh di film Deadpool (2016), geng.

Pada film tersebut, Blind Al (Leslie Uggams) menyarankan Deadpool (Ryan Reynolds) untuk menggunakan kostum warna merah sekalian karena bajunya terus-menerus terkena noda darah.

Ternyata, saran tersebut merujuk pada karakter Weasel di komik yang merupakan perancang dan pemasok senjata untuk Deadpool. Ia juga yang mendesain kostum Deadpool dan membuatnya mampu menyembunyikan bekas-bekas luka dan kerusakan lain yang diakibatkan oleh kanker yang diderita oleh si antihero.

5. Robin

Robin 3bb0c

Pernahkah kamu berpikir mengapa Batman menggunakan kostum serba gelap, sedangkan sidekick-nya, Robin, menggunakan warna-warna terang yang membuatnya mudah menjadi target musuh?

Ternyata, alasannya simpel saja, geng. Ilustrator Robin, Jerry Robinson, terinspirasi oleh karakter Robin Hood, termasuk dari segi kostum.

Hal ini terbukti pada beberapa komik Batman awal yang menampilkan lukisan Robin Hood di kamar Dick Grayson, nama asli Robin. Dengan demikian, Robinson seolah ingin menegaskan bahwa karakter ciptaannya juga terinspirasi oleh Robin Hood, sama seperti dirinya.

6. Captain Marvel

Captain Marvel B39af

Cerita di balik kostum salah satu superhero wanita terkuat ini juga nggak kalah menarik, geng. Ilustrator Captain Marvel, Jamie McKelvie, ingin menegaskan latar belakang militer Carol Danvers.

Ya, ia sempat bergabung dengan Pasukan Udara sebelum menjadi seorang superhero. Oleh karena itu, kostumnya dibuat seperti seragam militer untuk menunjukkan kemampuan dan pengalamannya.

McKelvie juga mengatakan bahwa ia ingin kostum karakter ciptaannya tersebut menyampaikan pesan mengenai ketangguhan seorang perempuan.

7. Superman

Superman B86e2

Sejak kemunculannya pada 1938, DC Comics melakukan berbagai perubahan pada latar belakang Superman, termasuk sejarah mengenai kostumnya.

Meskipun pada awalnya nggak banyak dibahas, namun pada akhirnya diketahui bahwa jubah Superman adalah selimut yang disertakan oleh orang tua Kal-El, nama asli Superman, ketika mengirimnya ke Bumi.

Selain itu, lambang S pada kostum superhero yang terkenal kejam ini ternyata bukan huruf S atau inisial Superman, melainkan simbol Kryptonian yang artinya harapan, serta lambang keluarga Kal-El di planet Krypton sebagaimana terungkap dalam komik Superman: Birthright.

Akhir Kata

Nah, itu dia 7 fakta menarik dan mengejutkan di balik kostum para superhero yang selama ini kita lihat di buku komik maupun film. Apakah kamu sudah tahu fakta-fakta tersebut, geng? Atau jangan-jangan ada fakta menarik lainnya yang belum Jaka sebutkan?

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Film Superhero Gagal Banner 78548
10 Film Superhero Terburuk | Nomor 6 Bikin Marvel Hampir Gagal!
Superhero Paling Populer Banner A5a4c
10 Superhero Paling Populer Sepanjang Masa, Marvel Kalah Telak dari DC?
Superhero Belum Muncul Di Mcu Banner 3aa51
10 Superhero yang Belum Muncul di MCU | Lebih Kuat dari Captain Marvel?
Stone Boy
12 Superhero Paling Gak Guna, Unik, dan Gokil yang Pernah Ada
Superhero Memperburuk Keadaan Banner 7b416
5 Superhero yang Membuat Keadaan Dunia Menjadi Semakin Buruk
7 Desain Ulang Kostum Superhero Yang Paling Ikonik Hulk Dulunya Warna Abu Abu Af0aa
7 Desain Ulang Kostum Superhero yang Paling Ikonik, Hulk Dulunya Warna Abu-Abu!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Kostum Film yang Paling Dibenci Pemainnya, Bikin Ngompol di Celana?
7 Kostum Film yang Paling Dibenci Pemainnya, Bikin Ngompol di Celana?
5 Kostum di Film Marvel Terburuk Sepanjang Masa, Kehabisan Duit?
5 Kostum di Film Marvel Terburuk Sepanjang Masa, Kehabisan Duit?
7 Kostum Karakter DC Terburuk Sepanjang Masa, Gak Niat Sih!
7 Kostum Karakter DC Terburuk Sepanjang Masa, Gak Niat Sih!
7 Aktor Superhero yang Benci Banget sama Kostumnya, Hareudang Euy!
7 Aktor Superhero yang Benci Banget sama Kostumnya, Hareudang Euy!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal