J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Cara Kerja Kualifikasi ke MPL ID Season 4, Menggunakan Sistem Turnamen Baru?

              Cara Kerja Kualifikasi ke MPL ID Season 4, Menggunakan Sistem Turnamen Baru?

              00
              Jumat, 13 Sep 2019, 16:45 WIB
              Tahu turnamen Mobile Legends yang lagi panas di Indonesia saat ini? Nih, Jaka kasih ulasan lengkap cara kerja kualifikasi MPL ID Season 4, kali aja mau ikut!

              Siapa yang nggak kenal Mobile Legends, game MOBA mobile terpopuler di Indonesia, geng?

              Mobile Legends juga memiliki turnamen eSports terkemuka. Salah satunya adalah Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL ID) Season 4 yang tengah berlangsung saat ini.

              Penasaran bagaimana cara agar kamu atau tim kamu bisa berpartisipasi pada ajang ini? Yuk, simak ulasan cara kerja kualifikasi MPL ID Season 4 yang sudah Jaka rangkum di bawah ini!

              Sekilas Tentang Turnamen MPL ID Season 4

              Kepopuleran game Mobile Legends: Bang Bang di kawasan Asia Tenggara khususnya membuat Moonton sebagai developer mengadakan turnamen eSports untuk kalangan profesional.

              Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) saat ini sudah memasuki musim ke-4. Di mana pada musim sebelumnya juga diadakan di Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

              Mpl Id Season 4 F1e12
              Sumber foto: Moonton

              Pada turnamen MPL Indonesia Season 4, terdapat perubahan format yang cukup signifikan. Moonton kali ini mengadopsi sistem franchise league atau liga waralaba pada MPL ID Season 4.

              Pada sistem franchise league MPL ID Season 4, setiap tim yang ikut serta wajib membayar sebesar 1 juta dolar AS (sekitar 15 miliar rupiah) yang dibayarkan sekali saja.

              Penerapan hal ini sekaligus menjadi yang pertama di Asia Tenggara, yang mana sistem ini Moonton harapkan untuk membangun keamanan finansial bagi tim dan pemain.

              Adapun keuntungan dari sistem franchise league yang diterapkan oleh Moonton adalah sebagai berikut:

              • Keamanan finansial bagi tim dan pemain, di mana kontrak pemain bakal berlaku selama 6 bulan untuk setiap season dengan upah minimum yang sudah disetujui.
              • Sistem bagi hasil lebih dari 50% pendapatan liga untuk tim yang berpartisipasi, sebelum dikurangi biaya operasional dan pemasaran liga.
              • Tidak adanya sistem degradasi yang menjamin keamanan pekerjaan bagi pemain yang bertanding di tim tersebut.
              • Membantu pengembangan ekosistem eSports Mobile Legends dengan melakukan investasi pada komunitas eSports Mobile Legends di Indonesia.

              Cara Kerja Kualifikasi ke MPL ID Season 4

              MPL ID Season 4 yang menggunakan sistem franchise league untuk pertama kali ini hanya diikuti oleh 8 tim Mobile Legends profesional saja.

              Dengan sistem ini pula, babak Open Qualifier yang dilakukan pada turnamen eSports mobile ini sebelumnya tidak diberlakukan dan langsung memasuki babak Regular Season.

              Kedelapan tim Mobile Legends yang berkompetisi dalam ajang MPL ID Season 4 juga memperebutkan total hadiah hingga 250 ribu dolar AS (sekitar 3,5 miliar rupiah), loh.

              1. Regular Season

              Reguler Season Mpl Id Season 4 18762
              Sumber foto: Moonton

              Berbeda dibanding musim-musim sebelumnya, MPL ID Season 4 langsung memasuki babak Regular Season dengan sistem round-robin (liga setengah kompetisi).

              Ada 8 tim eSports Mobile Legends yang berkompetisi dalam Regular Season, yakni juara bertahan ONIC Esports, Aura, Alter Ego, Bigetron Esports, EVOS Esports, Geek Fam Indonesia, Genflix Aerowolf, dan Rex Regum Qeon (RRQ).

              Setiap tim akan bertemu sekali dengan format pertandingan best-of-three (BO3), di mana pemenang ditentukan lewat dua kali kemenangan.

              Regular Season MPL ID Season 4 diselenggarakan secara offline pada 23 Agustus hingga 13 Oktober 2019 bertempat di XO Hall, Tanjung Duren, Jakarta.

              Pada akhir musim, tidak ada tim yang terdegradasi dari kompetisi. Peringkat dalam klasemen akhir akan menentukan posisi tim dalam babak Playoff berikutnya.

              Tim peringkat pertama sampai keempat akan menempati Upper Bracket, sementara tim peringkat kelima sampai kedelapan akan menempati Lower Bracket.

              2. Playoff

              Playoff Mpl Id Season 4 89488
              Sumber foto: Moonton

              Babak Playoff MPL ID Season 4 menggunakan sistem double-elimination, di mana terdapat Upper Bracket untuk empat tim teratas dalam klasemen akhir Regular Season.

              Lower Bracket untuk empat tim terbawah pada klasemen akhir Regular Season MPL ID Season 4.

              Semua pertandingan pada babak Playoff MPL ID Season 4 juga akan menggunakan format pertandingan best-of-three (BO3).

              Tim yang kalah bertanding pada Upper Bracket akan melawan pemenang pada Lower Bracket. Sementara tim yang kalah bertanding pada Lower Bracker otomatis akan tersingkir dari turnamen.

              Tim Mobile Legends yang menjadi pemenang akhir di Upper Bracker dan Lower Bracket selanjutnya akan bertemu ke babak Grand Final.

              Babak Playoff MPL ID Season 4 bakal berlangsung 26-27 Oktober 2019 bertempat di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

              3. Grand Final

              Grand Final Mpl Id Season 4 De24b
              Sumber foto: Moonton

              Terakhir, tentu adalah penentuan tim Mobile Legends terkuat di Indonesia yang ditentukan pada babak Grand Final MPL ID Season 4, geng.

              Umumnya babak Grand Final dilakukan setelah babak Playoff selesai dilakukan, yakni pada 27 Oktober 2019 bertempat di Tennis Indoor Senayan, Jakarta.

              Bedanya dibanding babak Playoff, pada Grand Final MPL Season 4 bakal menggunakan format pertandingan best-of-five (BO5).

              Yang artinya, tim pemenang harus memenangkan tiga kali pertandingan sebelum akhirnya jadi juara MPL ID Season 4, geng.

              Seperti disebutkan sebelumnya, seluruh tim yang bertanding pada MPL ID Season 4 berhak untuk memperebutkan total hadiah hingga 250 ribu dolar AS (sekitar 3,5 miliar rupiah).

              Akhir Kata

              Begitulah ulasan mengenai tata cara kualifikasi Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL ID) Season 4 yang pertama kali menggunakan sistem franchise league.

              Mana tim Mobile Legends yang kamu favoritkan keluar sebagai juara nih? Apapun pilihanmu, semoga artikel ini bermanfaat dan membuka wawasan di dunia eSports, ya!

              Baca juga artikel seputar Turnamen eSports atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal