J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Ekstensi Chrome dan Firefox untuk Web Development

Rabu, 9 Nov 2016, 12:00 WIB
10 ekstensi browser Chrome dan Firefox yang bisa kita manfaatkan khususnya bagi web developer untuk meningkatkan produktivitas dalam membangun sebuah aplikasi.

Browser apa yang kamu gunakan saat ini? Mungkin rata-rata kamu menggunakan Chrome dan Firefox, termasuk buat kamu programmer web dalam mengembangkan aplikasi. Chrome dan Firefox memang memiliki tingkat perkembangan yang tinggi, baik dari segi tren, kemudahan pemakaian, dan juga karena ketersediaan ekstensi atau addon yang meningkatkan fungsionalitas browser.

Maka dari itu, pada tulisan kali ini Jaka ulas 10 ekstensi browser Chrome dan Firefox yang bisa kita manfaatkan khususnya bagi web developer untuk meningkatkan produktivitas dalam membangun sebuah aplikasi. Dilansir dari Tech Viral, ekstensi berikut ini memiliki rating di atas bintang 4, dengan pengguna terbanyak pada variannya.

BACA JUGA
  • 50 Bahasa Pemrograman Paling Populer di Dunia
  • 5 Bahasa Pemrograman Baru yang Wajib Kamu Pelajari

10 Ekstensi Chrome dan Firefox untuk Web Development

Ekstensi untuk Browser Chrome

1. Check My Links

Check My Links

Check My Links ini akan mengecek semua tautan yang ada di sebuah halaman web dan mengecek apakah tautan tersebut masih tersedia atau tidak. Check My Links kemudian memberi warna latar hijau pada tautan bila tautan tersebut masih tersedia dan warna latar merah apabila tautan tersebut tidak lagi tersedia.

2. IE Tab

Ie Tab

Ketika kita membuat template web, tentunya kita harus mengecek kompatibilitas browser untuk memastikan tampilan web dapat dibuka di browser apa pun. Namun, bagian paling merepotkan adalah ketika kita harus mengecek template kita pada browser Internet Explorer (IE) karena setiap versi IE memiliki fitur yang berbeda. Nah, dengan menggunakan ekstensi IE Tab ini, kita dapat mengecek kompatibilitas template pada semua versi browser IE tanpa perlu lagi menginstal semua versi IE di komputer. Praktis kan?

3. Web Developer

Web Developer

Dengan menginstal ekstensi Web Developer ini ke dalam browser Chrome, kamu sudah mendapatkan hampir segala sesuatu yang kamu butuhkan untuk memanipulasi dan mengetes aplikasi web kamu. Mulai dari manipulasi JavaScript, CSS, cookies, gambar, ukuran tampilan layar, menganalisis struktur markup, hingga memvalidasi kode.

4. Nimbus Screenshot

Nimbus Screenshot

Ekstensi Nimbus Screenshot ini berfungsi untuk meng-capture halaman web menjadi file gambar, baik keseluruhan halaman ataupun bagian tertentu saja yang diinginkan. Selain itu kamu juga dapat menambahkan catatan dan coretan yang diperlukan pada gambar tersebut sebelum disimpan ke dalam file.

5. Wappalyzer

Wappalyzer

Wappalyzer adalah ekstensi untuk mendeteksi teknologi yang digunakan dalam membangun suatu website. Ekstensi ini memberitahu kamu informasi website yang ingin kamu selidiki, seperti CMS apa yang digunakan, bahasa pemrograman, platform eCommerce, framework JavaScript, dan banyak lagi.

Ekstensi untuk Browser Firefox

6. User Agent Switcher

User Agent Switcher

User Agent Switcher adalah addons Firefox yang berguna untuk mengganti dan merubah user agent browser Firefox dengan mudah dan cepat. Dengan mengubah user agent, kamu dapat menyembunyikan dan mengganti identitas browser yang sedang digunakan. Masih banyak manfaat yang dapat diambil dari mengubah user agent menggunakan add-on User Agent Switcher.

7. Greasemonkey

Greasemonkey

Greasemonkey adalah sebuah add-on bagi Firefox yang mengaplikasikan sebuah script (tepatnya javascript) ke sebuah web yang kamu kunjungi, mulai dari mengubah warna, tema, tulisan bahkan melakukan aksi otomatis seperti login dan download. Ekstensi ini menyuntikkan Javascript ke dalam halaman web dan kemudian mengubah perilaku dari halaman web.

8. JSON View

Json View

Ekstensi JSON View ini membantu merapikan tampilan dokumen JSON agar lebih mudah dibaca. Tampilan JSON yang rapi akan memudahkan kita dalam proses debugging. Selain itu ekstensi ini juga memberitahu kita apabila ada bagian format JSON yang tidak valid.

9. Builtwith

Builtwith

Ekstensi Builtwith ini digunakan untuk mengetahui informasi lengkap tentang teknologi apa yang digunakan oleh sebuah website. Apakah menggunakan WordPress, layout dibuat dengan bootstrap, sampai apakah website tersebut menggunakan CDN seperti Amazon atau yang lainnya.

10. FlagFox

Flagfox

FlagFox adalah add-on yang menampilkan gambar bendera, gambar tersebut bisa kamu klik untuk menampilkan data teknis server yang sedang kamu akses. Data tersebut meliputi lokasi (koordinat GPS), IP Address, ISP atau web hosting dan kode pos. Selain itu, FlagFox juga menampilkan peta yang menunjukkan lokasi server dengan menggunakan GeoIP framework. Kamu juga bisa double-click pada gambar bendera untuk membuka detail rating Web of Trust website tersebut, lengkap dengan pengaturan lainnya.

Itulah 10 ekstensi browser Chrome dan Firefox untuk Web Development agar mendapatkan berbagai fitur lebih dalam membangun aplikasi web. Ini bertujuan untuk mengetahui informasi lengkap sebuah website, keperluan dalam menganalisis sebuah website, dan masih banyak lagi. Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT
Bikin Aplikasi Tanpa Coding Banner
5 Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Tanpa Harus Coding
10 Text Editor Terbaik Biar Kamu Makin Jago Coding
10 Text Editor Terbaik Biar Kamu Makin Jago Coding
Codeingame
CodeInGame, Belajar Coding Sambil Bermain Game
Situs Belajar Coding Gratis Banner
12 Situs untuk Belajar Coding Secara Gratis
Cara Membuat Website Jadi Aplikasi Android
Cara Membuat Website Jadi Aplikasi Android Tanpa Coding
APPS TERKAIT
Dcoder Mobile Coding Platform Icon
Dcoder, Mobile Coding Platform 1.3.4
Apps Paprbit Technologies
Wordpress_icon
WordPress
Apps Automattic, Inc
Google Keep Icon
Google Keep 3.4.491.02.40
Apps Google
20130903093247_776
Evernote 7.9.9
Apps Evernote Corporation
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Tips Membuat RAM Lebih Ringan Saat Browsing
Tips Membuat RAM Lebih Ringan Saat Browsing
Inilah 10 Web Browser Terbaik Pengganti Google Chrome
Inilah 10 Web Browser Terbaik Pengganti Google Chrome
7 Software Terbaik untuk Web Design
7 Software Terbaik untuk Web Design
Cara Screenshot Website Satu Halaman Penuh
Cara Screenshot Website Satu Halaman Penuh

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal