J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

WLAN Dan LAN: Manakah Yang Lebih Efisien Dan Mudah Dipakai?

WLAN Dan LAN: Manakah Yang Lebih Efisien Dan Mudah Dipakai?

Rabu, 7 Jun 2017, 13:00 WIB
Kali ini Jaka akan memberikan sedikit penjelasan seputar LAN dan WLAN serta manakah jenis jaringan yang tergolong lebih efisien. Jadi silakan simak pembahasan selengkapnya ya.

Ketika hendak terkoneksi ke komputer orang lain atau internet, tentunya kita mengenal dua jenis jaringan yang bisa kita gunakan untuk melakukan hal tersebut yaitu jaringan LAN (Local Area Network) yang menggunakan kabel Ethernet dan jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) yang tidak perlu mengguankan kabel untuk bisa terkoneksi di mana jenis yang satu ini mengandalkan teknologi yang disebut WiFi (Wireless Fidelity).

Meskipun sering menggunakan kedua jenis jaringan tersebut, masih banyak orang yang tidak memahami sama sekali apa sebenarnya LAN dan WLAN itu. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, kali ini Jaka akan memberikan sedikit penjelasan seputar LAN dan WLAN serta manakah jenis jaringan yang tergolong lebih efisien. Jadi silakan simak pembahasan selengkapnya ya.

BACA JUGA
  • 5 Cara Melihat Password WiFi yang Lupa di Android, Tanpa Root!
  • Cara Hack Password WiFi dengan Smartphone Android
  • Cara Mengetahui Password WiFi dengan CMD (Command Prompt), 100% Works!

WLAN dan LAN: Manakah yang Lebih Efisien dan Mudah Dipakai?

1. LAN Kabel

Foto: conceptdraw.com

LAN Kabel atau yang sering disebut LAN, merupakan jenis jaringan lokal yang menggunakan kabel Ethernet (misalnya UTP) yang dihubungkan dengan konektor khusus (misalnya RJ-45) untuk bisa terkoneksi ke komputer lain atau ke internet.

2. LAN Nirkabel Atau WLAN

Foto: conceptdraw.com

LAN Nirkabel atau WLAN merupakan jenis jaringan yang memanfaatkan teknologi WiFi untuk bisa terkoneksi dengan komputer lainnya. Berbeda dengan LAN Kabel, LAN Nirkabel atau WLAN ini sama sekali **tidak membutuhkan kabel dan konektor untuk bisa terkoneksi ke komputer lain atau ke internet (kecuali kabel untuk menghubungkan Access Point ke komputer server).

3. Kualitas LAN Kabel dan LAN Nirkabel (WLAN)

Foto: focus.de

Kualitas dari jaringan LAN Kabel sangat bergantung pada kualitas kabel yang digunakan. Semakin bagus kabel yang digunakan, maka semakin baik pula kualitas koneksi dari jaringn LAN Kabel yang kalian gunakan.

Di sisi lain, kualitas jaringan LAN Nirkabel atau WLAN dipengaruhi oleh banyak faktor, mulai dari jarak komputer yang saling terkoneksi (semakin jauh, maka kualitas jaringan akan semakin buruk), cuaca (ketika hendak terkoneksi ke internet) hingga material yang ada di sekitar kalian pun dapat menyebabkan gangguan. Terutama logam, karena dapat menyerap sinyal yang dipancarkan oleh suatu komputer sehingga tidak sampai ke komputer tujuan. Meskipun memiliki banyak faktor penghambat, banyak orang yang lebih memilih menggunakan jaringan WLAN karena tergolong sangat praktis.

4. Mana yang Lebih Efisien?

Foto: efficientprofits.com

Jika kalian bertanya, manakah jenis yang lebih efisien, tentunya jawaban dari pertanyaan kalian tersebut bergantung pada kebutuhan penggunaan jaringan kalian.

Jika kalian ingin terhubung ke komputer lain untuk mengakses data dalam ukuran besar atau terhubung ke internet dengan menggunakan komputer desktop yang portabilitasnya tergolong rendah dan mengharapkan koneksi internet kalian stabil tanpa perlu khawatir dengan segala faktor penghambat seperti stabilitas ping, cuaca dan jenis material yang dapat menyerap sinyal, maka LAN Kabel yang menggunakan kabel Ethernet adalah pilihan yang tepat.

Di sisi lain, jika kalian adalah pengguna laptop dan menginginkan jaringan yang lebih praktis, tentunya WLAN yang menggunakan teknologi WiFi adalah pilihan yang tepat. Kalian tidak memerlukan kabel yang harus ditarik ke sana kemari mengikuti perangkat kalian sehingga tidak menghambat mobilitas kalian. Selain itu, kalian bisa menemukan banyak sekali tempat yang menyediakan WLAN ini (hotspot).

Itulah tadi penjelasan singkat dan sederhana seputar LAN (LAN Kabel) dan WLAN, semoga bermanfaat dan dapat dicerna dengan mudah. Akhir kata, pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar serta share ke teman-teman kalian ya.

ARTIKEL TERKAIT

REKOR! Inilah Jaringan Internet Tercepat Dengan Kecepatan 100 Gbps

Dahsyat! Ini Dia Tempat Para Master Jaringan Berlatih!

Mau Jadi Master Jaringan? Kamu Wajib Dapatkan 3 Sertifikat Ini!

Cara Membobol WiFi di HP Android dengan Cepat & Tanpa Root

100% Work! Inilah Cara Hack WiFi Paling Ampuh Hingga Saat Ini

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal