J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Rekomendasi Film Drama Sageuk Terbaik | Kisah Kolosal dan Cinta

Selasa, 22 Sep 2020, 20:30 WIB
Drama sageuk adalah salah satu genre drama Korea yang lagi digandrungi banget belakangan ini. Jaka bakalan kasih kamu daftar drama sageuk Korea terbaik.

Buat kamu yang hobi streaming drama Korea pasti nggak asing dengan genre drama Sageuk. Genre drama ini belakangan banyak diminati oleh para penggemar drama Korea.

Drama yang menceritakan tentang sejarah Korea Selatan ini dibumbui dengan beberapa intrik masalah dan romantisme percintaan yang terjadi di era kerajaan.

Apakah kamu salah satu yang menyukai drama Korea atau drakor sageuk? Berikut Jaka bakal jelasin tentang apa itu drama sageuk beserta rekomendasi filmnya.

Drama Sageuk Korea Terbaik 2020

Dari sekian genre drama yang ada di drakor, seperti genre drama romantis, horor, ataupun komedi, sageuk menjadi salah satu genre yang paling diminati.

Hal ini juga disebabkan bahwa Korea Selatan memiliki banyak sejarah yang menarik untuk diangkat atau menjadi dasar pembuatan sebuah film atau drama.

Selain itu, hanbok atau pakaian tradisional Korea Selatan yang memiliki warna cukup meriah juga menambah cantiknya visual dalam drama sageuk.

Apa Itu Drama Sageuk?

Drama Saeguk 81a9c

Sageuk dalam bahasa Korea berarti drama yang mengangkat tentang sejarah, khususnya sejarah Korea Selatan (Korsel). Di Korea Utara, drama sejarah Korsel biasanya disebut gojeon yeonghwa atau yang secara harfiah berarti film klasik.

Karena mengangkat sejarah, umumnya film atau drama sageuk berisikan tentang kisah-kisah seputar kerajaan yang dikombinasikan dengan beberapa hal lain, seperti romantisme percintaan.

Jadi, drama sageuk adalah istilah umum yang biasanya merujuk pada film atau drama yang mengangkat tema sejarah dan kerajaan Korea Selatan.

Film-film bergenre sageuk mulai muncul di Korea Selatan pada tahun 1950-an. Pada tahun 70-an, drama televisi sageuk mulai banyak diminati ketimbang film bioskop.

Sampai akhirnya masuk pada tahun 2000-an di mana film dan drama sageuk mulai berkembang. Bahkan antara tahun 2012-2015, perfilman Korea memproduksi lima drama sageuk yang memecahkan rekor 10 juta penonton.

Tahun 2000-an juga menjadi saksi drama sageuk 'fusion' yang akhirnya mengubah genre drama sageuk seperti yang kita kenal sekarang.

Di tahun 2016 bulan Juni, film Korea Selatan dengan pendapatan tertinggi diraih oleh film bergenre sageuk yang berjudul The Admiral: Roaring Currents.

Tema populer yang sering diangkat dalam drama sageuk adalah cerita rakyat, mitologi, pangeran terkenal, pahlawan nasional, dan wanita-wanita ternama.

Rekomendasi Drama Sageuk Korea Terbaik 2020

Belum pernah nonton drama sageuk Korea Selatan, geng? Wah, genre satu ini sayang banget untuk dilewatkan kalau kamu emang ngaku pecinta drakor sejati.

Selain kamu bisa menikmati berdebarnya intrik dalam drama sageuk tersebut, kamu juga bisa mendapatkan informasi dan pelajaran tentang sejarah Korea Selatan yang nggak kalah menariknya.

Ingin menonton drakor sageuk? Di bawah ini sudah Jaka siapin daftar drama sageuk Korea terbaik yang bisa kamu tonton.

1. Moon Embracing the Sun

Drama Sageuk Adalah Moon That Embraces The Sun 4f541

Drama kolosal fantasi ini diangkat dari novelberjudul sama karya Jung Eun-gwol. Menjadi salah satu drama korea terbaik tahun 2012, Moon Embracing the Sun memberikan alur cerita yang luar biasa.

Berkisah tentang seorang putri mahkota bernama Heo Yeon-woo (Han Ga-in) yang disebut meninggal akibat penyakit misterius. Beberapa tahun kemudian, ia kembali masuk ke dalam istana sebagai seorang dukun bernama Wol.

Anehnya, Wol nggak bisa ingat apapun yang terjadi padanya di masa lalu. Raja Lee Hwon (Kim Soo-hyun) mencurigai Wol sebagai Yeon-woo akhirnya mencoba menyelidiki latar belakangnya.

Keterangan Moon Embracing the Sun
Rating 8.0/10 (IMDb)

92% (Asianwiki.com)
Genre Drama, Fantasy, Romance
Jumlah Episode 20 Episode
Tahun Rilis 2012
Sutradara Kim Do-Hoon, Lee Sung-Joon
Pemain Han Ga-In

Kim Soo-Hyun

Jung Il-Woo

2. Dong Yi

Drama Sageuk Dengan Rating Tertinggi Dong Yi 80eb7

Drama sageuk satu ini mengisahkan Dong-yi yang kemudian dikenal sebagai Choi Suk-bin (Han Hyo-joo) dengan Raja Sukjong (Ji Jin-hae). Drama ini diangkat dari kisah nyata Choi Suk-bin.

Dong Yi bekerja sebagai pelayan di istana yang memiliki kemampuan luar biasa menyelesaikan berbagai masalah di pengadilan. Dalam suatu kasus, ia justru dipinang oleh raja untuk menjadi selirnya.

Jalannya menjadi seorang selir sangat berliku. Terlebih lagi saat ia melahirkan seorang bayi laki-laki yang akan menggantikan posisi Sukjong sebagai raja di masa depan, sehingga banyak yang ingin menjatuhkannya.

Keterangan Dong Yi
Rating 8.0/10 (IMDb)

91% (Asianwiki.com)
Jumlah Episode 60 Episode
Tahun Rilis 2010
Sutradara Lee Byung-hoon, Kim Sang-hyub
Pemain Han Hyo-joo

Ji Jin-hee

Lee So-yeon

3. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Drama Korea Saeguk Tersedih Scarlet Heart Ryeo 9f865

Drama sageuk dengan rating tertinggi ini masih cukup populer hingga saat ini. Nggak hanya memiliki jalan cerita yang unik dan mendebarkan, banyak nama-nama besar turun berperan di dalamnya.

Diadaptasi dari novel Cina berjudul 'Bu Bu Jing Xin', drama ini menceritakan seorang gadis yang hidup di tahun 2016 yang tiba-tiba terbawa ke Dinasti Goryeo tahun 941.

Ia pun akhirnya hidup dalam dinasti tersebut tanpa tahu cara kembali lagi ke dunia modern. Selama di sana ia menggunakan nama Hae Soo dan mengalami banyak kejadian menarik, terutama bersama pangeran.

Keterangan Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo
Rating 8.6/10 (IMDb)

93% (Asianwiki.com)
Jumlah Episode 20 Episode
Tahun Rilis 2016
Sutradara Kim Kyu-Tae
Pemain Lee Joon-Gi

IU

Kang Ha-Neul

4. 100 Days My Prince

Drama Sageuk Terbaru 100 Days My Prince 3cdf4

Meskipun 100 Days My Prince mengusung genre drama sageuk, drama ini juga menyuguhkan komedi yang menyegarkan. Berkisah tentang dua anak yang mengalami masa lalu pahit yang kemudian bertemu lagi saat dewasa.

Keduanya jatuh cinta dan akhirnya menikah tanpa tahu bahwa mereka berdua adalah teman masa kecil yang terpisahkan. Lee Yul (Do Kyung-soo) adalah putra mahkota yang hilang ingatan.

Sementara Yeon Hong-sim (Nam Ji-hyun) adalah seorang putri bangsawan yang mengalami kehidupan berat setelah ayahnya dibunuh.

Keterangan 100 Days My Prince
Rating 7.3/10 (IMDb)

87% (Asianwiki.com)
Jumlah Episode 16 Episode
Tahun Rilis 2018
Sutradara Lee Jong-jae
Pemain Do Kyung-soo

[Nam Ji-hyun

Jo Sung-ha

5. The King in Love

Drama Saeguk Rating Tertinggi The King In Love 20fff

Sulitnya memilih antara sahabat atau cinta terjadi dalam drama sageuk satu ini. Berkonsep zaman Dinasti Goryeo, Wang Won (Im Si-wan) seorang putra mahkota yang ambisius dihadapkan dalam dua pilihan.

Dia harus memilih antara Wang Rin (Hong Jong-hyun), sahabatnya sejak kecil atau Eun San (Im Yoon-ah), gadis yang ia sukai sejak kecil.

Semuanya berjalan lancar ketika akhirnya Wang Won mengetahui jika Wang Rin ternyata juga mencintai Eun San. Masalah demi masalah muncul ketika Wang Won harus memilih salah satu di antaranya.

Keterangan The King in Love
Rating 7.3/10 (IMDb)

86% (Asianwiki.com)
Jumlah Episode 40 Episode
Tahun Rilis 2017
Sutradara Kim Sang-hyeop
Pemain Im Si-wan

Im Yoon-ah

Hong Jong-hyun

6. Love in the Moonlight

Drakor Sageuk Love In The Moonlight Ff1a5

Nggak cuma jadi drama sageuk terbaik, Love in the Moonlight juga berhasil meraih banyak penghargaan di tahun yang sama saat rilis, yakni tahun 2016.

Mengangkat kisah percintaan putra mahkota Lee Yeong (Park Bo-gum) dengan seorang gadis biasa bernama Hong Ra-on (Kim Yoo-jung). Mereka bertemu saat Lee Yeong memutuskan untuk menikmati kehidupan rakyat biasa.

Keduanya semakin dekat, tapi Lee Yeong tak pernah mengungkapkan jati dirinya pada Ra-on. Terlebih pada zaman itu hanya pria lah yang diperbolehkan bersekolah dan membaca buku pengetahuan.

Keterangan Love in the Moonlight
Rating 7.8/10 (IMDb)

91% (Asianwiki.com)
Jumlah Episode 18 Episode
Tahun Rilis 2016
Sutradara Kim Sung-yoon, Baek Sang-hoon
Pemain Park Bo-gum

Kim Yoo-jung

Jinyoung

7. Sungkyunkwan Scandal

Drama Sageuk 2020 SUNGKYUNKWAN SCANDAL 704ac

Drama sageuk ini berlatar belakang kisah di Universitas Sungkyunkwan. Pada saat itu, hanya laki-laki saja yang bisa bekerja dan bersekolah.

Demi bisa mendapatkan kedua hal tersebut untuk menafkahi keluarganya, Kim Yun-hee (Park Min-young), seorang perempuan, menyamar menjadi laki-laki untuk bekerja sebagai joki ujian di universitas tersebut.

Namun aksinya tertangkap oleh Lee Sun-joon (Park Yoo-chun), yang kemudian malah mendukungnya untuk masuk ke universitas tersebut. Namun, tentu saja jalannya tidak mulus, termasuk dari teman sekamarnya Moon Jae-shin (Yoo Ah-in).

Keterangan Sungkyunkwan Scandal
Rating 7.8/10 (IMDb)

92% (Asianwiki.com)
Jumlah Episode 20 Episode
Tahun Rilis 2010
Sutradara Kim Won-seok, Hwang In-hyuk
Pemain Park Min-young

Park Yoochun

Yoo Ah-in

8. Hwarang

Daftar Drama Sageuk Korea Hwarang 5877e

Drama yang bertabur bintang K-Pop ini juga menjadi salah satu drama sageuk favorit para penggemar drama korea alias drakor.

Berkisah tentang Sam Maek-jong (Park Hyung-sik) yang tumbuh sebagai seorang putra mahkota yang ambisius. Meskipun begitu sejak lahir ia disembunyikan oleh Ratu Ji So agar aman dari musuh dan pembunuh.

Oleh karena itu Ji So menciptakan elite baru bernama Hwarang yang berisi Maek-jong di dalamnya dan seorang warga biasa bernama Kim Seon-u yang ternyata menyimpan sebuah rahasia besar.

Keterangan Hwarang
Rating 7.9/10 (IMDb)

90% (Asianwiki.com)
Jumlah Episode 20 Episode
Tahun Rilis 2016
Sutradara Yoon Sung-sik, Kim Yeong-jo
Pemain Park Seo-joon

Go A-ra

Park Hyung-sik

9. The Great Queen Seondeok

Drama Saeguk 2018 The Great Queen Seondeok 5a679

Drama lawas yang masih laris ditonton hingga sekarang. Tayang tahun 2009, drama ini punya alur cerita yang menarik tentang Deokman atau Ratu Seondeok (Lee Yo-won).

Ia terlahir kembar namun terpisah saat masih bayi. Ia kemudian dibawa kembali ke istana Silla dan akhirnya bertemu dengan kembarannya Putri Cheonmyeong (Park Yeh-jin) untuk menentang Mi Shil (Ko Hyun-jung), yang ingin merebut kekuasaan.

Di luar dugaan, Putri Cheonmyeong dibunuh. Beruntung Ratu Seondeok sangat cerdas untuk mengatur strategi hingga ia bisa mendapat kekuasaannya kembali.

Keterangan The Great Queen Seondeok
Rating 8.8/10 (IMDb)

90% (Asianwiki.com)
Jumlah Episode 62 Episode
Tahun Rilis 2009
Sutradara Kim Geun-hong,Park Hong-kyun
Pemain Lee Yo-won

Go Hyun-jung

Park Ye-jin

10. Empress Ki

Drama Sageuk Korea Empress Ki 6ffd1

Salah satu drama sageuk dengan rating tertinggi dan meraih sejumlah penghargaan. Walaupun begitu, drama ini sempat dipermasalahkan karena plotnya yang nggak sejalan dengan fakta sejarah.

Berkisah tentang Ki Seung Nyang (Ha Ji-won), seorang perempuan yang diangkat untuk berkuasa terlepas dari pembatasan sistem kelompok zaman.

Ia kemudian menikah dengan Kaisar Huizong bernama Ta Hwan (Ji Chang-wook) dan menjadi permaisuri dari Dinasti Yuan.

Keterangan Empress Ki
Rating 8.5/10 (IMDb)

92% (Asianwiki.com)
Genre Action, Drama, History
Jumlah Episode 51 Episode
Tahun Rilis 2013
Sutradara Han Hee
Pemain Ha Ji-Won

Joo Jin-Mo

Ji Chang-Wook

Akhir Kata

Itu dia penjelasan tentang drama sageuk 2020 dan juga rekomendasi drama sageuk terbaik yang bisa kamu tonton selama di rumah aja. Jaka merekomendasikan untuk menontonnya dari aplikasi nonton film resmi.

Apakah kamu punya rekomendasi drama korea bergenre sageuk lainnya? Bagikan pendapat kamu di kolom komentar yuk.

Baca juga artikel seputar Drama Korea atau artikel menarik lainnya dari Frieda Isyana

ARTIKEL TERKAIT
Drama Korea Netflix A3106

10 Drama Korea Netflix Terbaik 2020, Pecinta Drakor Wajib Nonton!

Untitled 1 7e274

10 Film & Drama Korea Park Seo Joon Terbaik 2020, Mana Favorit Kamu?

Situs Download Drama Korea Terbaik

10 Situs Download Drama Korea Terbaik dan Terlengkap 2018

Darama Korea Tentang Hacker 8b233

5 Drama Korea Tentang Hacker Terbaik 2020, Wajib Tonton!

10 Drama Film Korea Dewasa Terbaik Anak Kecil Dilarang Nonton 79238

10 Drama & Film Korea Dewasa Terbaik, Anak Kecil Dilarang Nonton!

Film Korea Terbaru 3e872

10 Film Korea Terbaru yang Harus Kamu Tonton Bulan Oktober 2018

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Drama Korea dengan Rating Tertinggi | Jalan Cerita yang Menarik!

7 Drama Korea dengan Rating Tertinggi | Jalan Cerita yang Menarik!

10 Drakor Action Terbaik dan Terbaru di Tahun 2020, Menegangkan Tapi Nagih!

10 Drakor Action Terbaik dan Terbaru di Tahun 2020, Menegangkan Tapi Nagih!

7 Drama Korea yang Seharusnya Punya Season 2 | Biar Gak Gantung!

7 Drama Korea yang Seharusnya Punya Season 2 | Biar Gak Gantung!

7 Drama Korea tentang Sekolah, Bikin Kangen Masa SMA Lagi!

7 Drama Korea tentang Sekolah, Bikin Kangen Masa SMA Lagi!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal