Download Mastodon APK 2022, Medsos Pengganti Twitter!

Default

Mastodon merupakan aplikasi media sosial terbaru yang kini mulai ramai pengguna, terlebih setelah Elon Musk mengambil alih Twitter dengan segala kontroversinya. Lantas, apa istimewanya platform yang satu ini?

Usut punya usut, Mastodon disebut mirip dengan Twitter, entah itu dari fitur-fitur ataupun dari tampilan antarmukanya. Apalagi, Musk sebagai pemilik baru Twitter kabarnya akan membawa sejumlah perubahan ekstrem.

Sementara di media sosial yang satu ini, pemilik akun juga bisa menulis post yang disebut dengan nama toots. Postingan itu bisa dibalas, disukai, ataupun diunggah ulang oleh pengguna lain.

Nah, kalu kamu tertarik buat cobain aplikasi ini, Jaka sudah siapkan link download Mastodon APK versi terbaru 2022 khusus buat kamu. Makanya simak sampai habis, ya!

Tentang Mastodon APK

Fitur Mastodon Indonesia
Sumber foto: Mastodon - Aplikasi Media Sosial Mirip Twitter

Mastodon adalah media sosial baru yang kini sedang mencuri perhatian banyak pihak. Pasalnya, tak sedikit pengguna Twitter yang memilih migrasi ke media sosial yang satu ini.

Seperti diketahui, Elon Musk baru saja mengambil alih kepemilikan Twitter pada 27 Oktober 2022 lalu. Di tanggal yang sama, pihak Mastodon mengklaim hampir 500.000 pengguna telah bergabung dengan media sosial mereka.

Media sosial ini menjadi "sasaran" migrasi karena sejumlah kontroversi yang akan dilakukan Musk sebagai pemilik baru Twitter, salah satunya akan memungut biaya langganan sebesar 7.99 dolar AS bagi pengguna yang ingin mendapatkan centang biru.

Lalu apa yang membuat Mastodon Indonesia kini diserbu netizen? Buat yang belum tahu, media sosial yang diluncurkan oleh Eugen Rochko pada 2016 ini sudah mengusung konsep desentralisasi dan bersifat terbuka.

Jadi, konsepnya akan sedikit mirip seperti layanan email atau RSS yang memungkinkan orang-orang mengirim pesan publik ke siapa saja yang mereka ikuti di layanan.

Di Mastodon social media, pengguna juga bisa membuat server dan menjadi host. Sistem dari Mastodon sendiri akan bekerja sebagai background untuk saling menghubungkannya.

Meski disebut jejaring sosial terdesentralisasi, namun Mastodon juga memiliki fitur yang hampir serupa dengan Twitter. Di sini kamu bisa mengakses fitur yang mirip reply, retweet, bookmark, like, favorite, hashtag, serta follow pengguna lain.

Perbedaannya, jika Twitter memiliki limit hingga 280 karakter untuk satu kali menulis postingan atau tweet, maka Mastodon memberikan limit hingga 500 karakter. Mastodon juga menyajikan timeline berdasarkan urutan waktu, bukan algoritma seperti Twitter dan media sosial lain.

Link Download Mastodon APK 2022

Link Download Mastodon Apk
Sumber foto: Mastodon - Download Aplikasi Mastodon 2022
Detail Mastodon
Developer Mastodon
Ukuran 2 MB
Versi 1.1.3
OS minimal Android 4.1
Rating 2.5/5(Google Play)

Kamu sudah gak sabar buat cobain aplikasi media sosial terbaru yang satu ini? Biar gak ketinggalan tren, langsung aja klik tautan di tabel berikut ini untuk mengunduh Mastodon app, ya.

Versi Tanggal Rilis Fitur Unggulan Link Download
Orisinal 13 April 2022 - Download via Play Store

Download via App Store

>>> Download Mastodon APK Versi Terbaru 2022 <<<

Cara Install Mastodon APK

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk meng-install aplikasi di Android. Jika kamu mengunduhnya lewat platform resmi seperti Google Play Store, maka aplikasi otomatis akan ter-install setelah proses unduh sudah 100%.

Namun jika kamu mengunduhnya dari situs pihak ketiga seperti JalanTikus, maka proses instalasi harus dilakukan secara manual. Caranya sangat gampang, kok. Tinggal ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh aplikasi yang kamu inginkan lewat situs JalanTikus.
  2. Masuk ke menu Settings.
  3. Cari opsi Pengaturan Perizinan.
  4. Klik opsi Instal dari Sumber Tidak Dikenal.
  5. Klik Save.
  6. Buka folder tempat file di-download.
  7. Ketuk file tersebut.
  8. Pilih Install.
  9. Tunggu sampai selesai.
  10. Aplikasi siap digunakan!

Fitur Unggulan Aplikasi Mastodon

Mastodon App
Sumber foto: Mastodon - Aplikasi Media Sosial Mastodon 2022

Tentunya, ada sejumlah fitur menarik yang membuat orang-orang mulai beralih ke platform media sosial yang satu ini. Apa saja fitur-fitur yang dimaksud? Langsung aja simak ulasannya di bawah ini!

1. Microblogging

Biasa diakses secara gratis dan bersifat open source, Mastodon pun memiliki kapabilitas sebagai self-hosting. Sehingga, menggunakan jejaring sosial ini seperti melakukan aktivitas microblogging di mana kamu bisa berbagi postingan dengan orang-orang tertentu ataupun secara terbuka.

2. Fitur ala Media Sosial Twitter

Menariknya, fitur platform ini memang sangat mirip dengan Twitter. Berikut adalah sejumlah fitur-fitur ala media sosial yang bisa kamu temukan di sini.

  • Membuat postingan maksimal 500 karakter
  • Reply atau balas postingan orang lain
  • Retweet
  • Bookmark
  • Like
  • Saling mengikuti pengguna lain (follow)
  • Membuat hashtag

3. Tampilan Antarmuka Simpel

Dari segi tampilan antarmuka, Mastodon juga gak kalah menarik dari Twitter. Di sini juga terdapat beranda atau halaman utama untuk melihat linimasa, explore, serta trending topic.

Pada halaman muka pun memiliki opsi hashtag atau tagar serta opsi news alias topik yang paling sering dibicarakan di platform tersebut.

Cara Kerja dan Registrasi Aplikasi Mastodon

Mastodon Aplikasi
Sumber foto: Mastodon App - Aplikasi Media Sosial

Untuk bergabung di media sosial ini, kamu tidak akan menemukan proses registrasi seperti membuat akun baru di Twitter, Instagram, atau Facebook.

Melainkan, di sini kamu harus memilih salah satu sever dari toal 4.000-an server independen yang tersedia. Kebanyakan server memang dijalankan oleh berbagai grup dan individu, namun ada juga beberapa yang terbuka untuk siapa saja, kok.

Metode lain untuk bergabung di medsos ini adalah melalui undangan. Namun, hal ini bergantung dengan kebijakan tiap-tiap orang yang menjalankan server, apakah menerima pengguna baru lagi atau tidak.

Jika kamu sudah memiliki server, maka artinya server tersebut akan menjadi "rumah" bagi akun, profil, dan timeline kamu ke depannya. Setiap pengguna pun tetap bisa berinteraksi dengan seluruh server lainnya.

Setiap pengguna juga bakal memiliki nama akun (username) sendiri yang formatnya mirip seperti email. Username tersebutlah yang akan kamu pakai untuk login secara gratis.

Akhir Kata

Itulah tadi ulasan dari Jaka mengenai aplikasi media sosial terbaru yang bernama Mastodon. Dengan segala fitur dan kemudahan yang ditawarkan, maka tak heran jika platform yang mirip Twitter ini mulai digandrungi oleh banyak orang.

Jadi tunggu apa lagi? Langsung aja unduh aplikasinya melalui tautan yang sudah Jaka sediakan di atas, ya. Jangan sampai kamu ketinggalan tren, loh!

Baca artikel mengenai Aplikasi Skorlife BI Checking, Aplikasi Kanggo, atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Cytus 2 Mod Apk Banner B8fe0
Download Cytus 2 MOD APK, Semua Unlocked dan Gratis!
Rooster Defense Mod Apk Banner 6f677
Download Rooster Defense MOD APK, Unlimited Money!
Asphalt Nitro Mod Apk Banner 7745b
Download Asphalt Nitro 2 MOD APK 1.0.9 Terbaru 2021, Unlimited Money!
House Flipper Mod Apk 6b3f0
Download House Flipper MOD APK v1.182 Terbaru 2022, Unlimited Money & Coins
Untitled Design 2021 05 28t105959 634 Cb138
Download Stumble Guys MOD APK v0.44 Terbaru 2022, Unlimited Money & Gems!
Zombie Catcher Banner A6520
Download Zombie Catchers MOD APK v1.30.26, Kejar dan Tangkap Para Zombie!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal