J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Distro Linux Terbaik Dengan Tampilan Cantik Dan Mudah Digunakan

5 Distro Linux Terbaik Dengan Tampilan Cantik Dan Mudah Digunakan

Rabu, 8 Mar 2017, 13:00 WIB
Sekarang ini, banyak sekali distro Linux terbaik yang menawarkan kemudahan dan tampilan menarik. Ini dia 5 distro Linux dengan tampilan keren yang wajib kamu pertimbangkan!

Apa itu distribusi Linux? Distribusi Linux atau sering disebut dengan distro Linux adalah sistem operasi komputer dan aplikasinya yang menggunakan kernel Linux. Kamu mungkin sudah sering berpikir bahwa Linux itu susah digunakan dan hanya orang-orang dari kalangan "geek" yang bisa menggunakannya.

Apa yang kamu pikirkan tentang Linux tidak sepenuhnya benar. Dulu, di awal kemunculannya, Linux memang cukup sulit digunakan. Hanya orang-orang yang mengerti IT yang menggunakannya. Namun, seiring dengan perkembangannya Linux terus mengalami kemajuan. Seperti halnya 5 distro Linux berikut yang punya tampilan yang tidak kalah menarik dengan Windows dan Mac OS.

BACA JUGA
  • Kumpulan Perintah Dasar di LINUX yang Wajib Kamu Ketahui
  • 10 Alasan Kenapa Hacker Memilih Linux daripada Windows
  • Cara Install Linux di Smartphone Android (Tanpa Root)

5 Distro Linux Terbaik Dengan Tampilan Cantik dan Mudah Digunakan

Sekarang ini, banyak sekali distro Linux terbaik yang menawarkan kemudahan dalam segala hal, mulai dari proses instalasi sampai dengan penggunaannya, hingga bisa dikatakan sebagai distro Linux untuk pemula. Selain kemudahan, banyak juga distro Linux yang menawarkan tampilan cantik yang bakal bikin kamu betah berlama-lama menggunakan komputer.

Nah, untuk itu, berikut ini Jaka rangkum 5 distro Linux terbaik dengan tampilan yang cantik dan elegan yang wajib kamu coba.

1. Elementary OS

Add6d64ca39ccc9ff2bb4cf0e60d2bfc

Sumber foto: Foto: elementary.io

Distro Linux yang satu ini merupakan distro Linux untuk pemula dengan tampilan yang sederhana, tapi tetap elegan dan cantik. Elementary OS datang dengan Desktop Environment (lingkungan desktop) yang dikembangkan khusus, yaitu Pantheon.

Pengembang distro Linux ini, Daniel Fore, awalnya senang membuat mockup dan tema untuk Ubuntu. Karena kepopuleran dari mockup dan tema buatannya, akhirnya Daniel Fore berinisiatif untuk mengembangkan distro Linux sendiri.

Kalian yang sering atau pernah menggunakan Mac mungkin akan sedikit familiar dengan tampilan Elementary OS. Ingin mencoba distro Linux terbaik ini?

2. Ubuntu

D3de81548ea4870bf43444990b226d4b

Sumber foto: Foto: ubuntu.com

Ubuntu adalah salah satu distro Linux terbesar dan paling banyak digunakan saat ini. Tidak heran, karena Ubuntu didanai langsung oleh perusahaan besar bernama Canonical. Ubuntu menggunakan Desktop Environment-nya sendiri, yaitu Unity.

Karena kepopulerannya, Ubuntu juga mengembangkan OS versi mobile-nya, yaitu Ubuntu Mobile yang berjalan di perangkat smartphone dan tablet. Ubuntu secara rutin mendapatkan update sistem setiap 6 bulan sekali untuk versi standar, dan 2 tahun sekali untuk versi LTS atau Long Term Support. Oh ya, Ubuntu ini bisa didapatkan secara gratis loh.

3. KDE Neon

C82ea450b2878a05e5c12523eb65db19

Sumber foto: Foto: neon.kde.org

Distro Linux terbaik yang satu ini masih berbasis Ubuntu, tapi menggunakan Desktop Environment yang berbeda, yaitu KDE Plasma. Kamu yang familiar dengan sistem operasi Windows mungkin tidak akan terlalu kesulitan untuk menggunakan KDE Neon, karena tampilannya yang sedikit mirip dengan Windows.

Kelebihan KDE Neon adalah banyaknya aplikasi yang siap digunakan, antara lain Koffice untuk keperluan mengetik dokumen, Krita untuk menggambar digital, serta aplikasi-aplikasi lain seperti games dan utilitas.

865a51983e7fa4f1d1051ff03dec47c3
Wow! 5 Jenis Linux ini Bisa Gantikan Windows
Jenis-jenis Linux yang bisa kamu pakai sehari-hari layaknya Windows ataupun Macintosh. Berikut jenis-jenis dari Linux yang bisa gantikan Windows..
LIHAT ARTIKEL

4. Linux Mint

E94f399a0b3cd3421e2367e832f5db43

Sumber foto: Foto: Linux Mint

Linux Mint dikatakan banyak orang merupakan distro Linux untuk pemula paling ramah pengguna (user friendly) karena kemudahan dalam menggunakannya. Karenanya, banyak pengguna Linux yang merekomendasikan Linux Mint untuk para pemula.

Kelebihan lain Linux Mint adalah dari variannya yang beragam. Linux Mint tersedia dalam 4 "rasa" yang masing-masing dibedakan berdasarkan Desktop Environment-nya, yaitu Mate, Cinnamon, KDE, dan Xfce.

Kalau laptop kamu punya spek yang pas-pasan, maka varian Xfce cocok untuk kamu. Kalau kamu punya laptop dengan spek lumayan dan ingin pengalaman yang atraktif, kamu bisa mencoba varian Cinnamon.

5. Solus OS

Cea26d8b27ab2518e4e6bc7769949971

Sumber foto: Foto: solus-project.com

Tak seperti Elementary OS ataupun Linux Mint, kamu yang sebelumnya terbiasa menggunakan Windows atau Mac OS mungkin akan sedikit kebingungan ketika menggunakan Solus. Solus menggunakan Desktop Environment Budgie yang khusus dikembangkannya sendiri.

Tampilan dan antarmukanya simpel. Tata letak yang berbeda dengan distro Linux lainnya menjadikan distro Linux ini unik.

Nah, itu dia distro Linux yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipilih. Bagaimana menurut kamu? Ternyata Linux tidak sesulit yang kamu pikirkan bukan? Selamat mencoba ya. Jangan lupa share pengalamanmu setelah mencoba!

ARTIKEL TERKAIT
Laptop 6 Jutaan 89443

7 Laptop 6 Jutaan Terbaik & Terbaru 2020, Cocok Buat Gaming!

Aplikasi Android Paling Berguna Dibawah 10mb 3864c

7 Aplikasi Android Terbaik di Bawah 10MB

Harga Paket 4g 88e82

Daftar Paket Internet 4G LTE Semua Operator Mei 2019 (Update)

Fakta Unik Gtav Banner

7 Fakta Unik Game Grand Theft Auto V (GTA5) yang Belum Diketahui

APPS TERKAIT
Cli Icon
Complete Linux Installer 2.8
Apps ZPwebsites
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Logo_Linux_Mint
Linux Mint 17 LTS Qiana (64-bit)
Apps Linuxmint
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
WAJIB Coba! Inilah 5 Distro Linux Untuk Pemula yang Mudah Dipelajari

WAJIB Coba! Inilah 5 Distro Linux Untuk Pemula yang Mudah Dipelajari

5 Mitos Linux yang Salah Besar dan Masih Banyak Dipercaya oleh Penggunanya

5 Mitos Linux yang Salah Besar dan Masih Banyak Dipercaya oleh Penggunanya

7 Alasan Kenapa Programer Lebih Suka Linux Dibanding Windows atau OSX

7 Alasan Kenapa Programer Lebih Suka Linux Dibanding Windows atau OSX

10 Alasan Kenapa Hacker Memilih Linux daripada Windows

10 Alasan Kenapa Hacker Memilih Linux daripada Windows

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal