J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Sumber Kejahatan Tanpa Batas Dan 4 Dampak Buruk Internet Yang Paling Parah

Sumber Kejahatan Tanpa Batas Dan 4 Dampak Buruk Internet Yang Paling Parah

Jumat, 31 Mar 2017, 18:00 WIB
Dampak buruk internet yang paling parah adalah contoh kasus kejahatan dengan menggunakan internet seperti penculikan, penipuan, dan tindakan asusila. Ngeri ya!

Internet yang merupakan salah satu produk terbaik teknologi saat ini memang sangat digemari dan memiliki berbagai manfaat. Keberadaan internet tidak hanya membuat manusia dapat saling bertukar informasi. Internet ibarat menjadi sebuah dunia tersendiri yang berdampingan dengan dunia nyata. Bahkan berbagai aktivitas seperti bekerja dan berdagang juga bisa dilakukan menggunakan internet.

Namun, di balik sejuta manfaat yang diberikan oleh internet ini, tentu saja terdapat berbagai dampak buruk yang diakibatkan oleh produk teknologi yang satu ini. Berbagai kasus kejahatan di internet seperti penculikan, penipuan, dan bahkan beberapa kasus tindakan asusila telah menjadi beberapa contoh dampak buruk internet yang makin marak terjadi bahkan hingga saat ini.

BACA JUGA
  • 10 Cara Lindungi Anak di Bawah Umur dari Pengaruh Buruk Internet
  • Awas, 6 Kebiasaan di Internet Ini Bisa Bikin Kamu Kena Hack!
  • Jangan Lakukan Hal Ini Ketika Kamu Browsing di Internet

Dampak Buruk Internet yang Paling Parah

Nah, untuk mengetahui lebih jelas seputar dampak buruk internet ini, kali ini Jaka akan membahas sejumlah dampak buruk internet yang marak terjadi, khususnya di negara kita tercinta, Indonesia. Jadi simak baik-baik, karena yang seperti ini penting banget untuk pengetahuan kalian.

1. Risiko Pencurian Privasi

6eecee4f722a3bd57631a08186437a92

Sumber foto: Foto: ipc.nsw.gov.au

Dampak buruk internet yang pertama kita bahas adalah risiko pencurian privasi. Setiap orang tentunya akan selalu menjaga hal-hal pribadi mereka agar tidak diketahui oleh orang lain, khususnya hal-hal yang sifatnya sensitif.

Namun, seiring dengan berkembangnya internet dan media sosial, risiko pelanggaran privasi juga terus meningkat. Keberadaan berbagai media sosial yang umumnya menuntut kalian untuk membagi sejumlah informasi pribadi kalian, justru terkadang dimanfaatkan oleh sejumlah orang untuk melakukan pencurian informasi pribadi.

Dampaknya, orang lain yang mungkin berniat jahat bisa saja mengetahui keberadaan kalian atau apa yang sedang kalian lakukan hanya dengan bermodalkan internet. Pada beberapa kasus, seseorang bahkan dapat mencuri data berupa foto pribadi kalian, seperti yang terjadi pada beberapa publik figur .

2. Sumber Kejahatan Tanpa Batas

3d67bf851423071c74855b5c82baa2bc

Sumber foto: Foto: plus.google.com

Selain masalah privasi, internet juga dapat menjadi sarang para penjahat, khususnya para penjahat dunia maya. Kejahatan di dunia maya sendiri yang lebih dikenal dengan istilah cyber crime ini sangat marak terjadi di Indonesia.

Beberapa kejahatan seperti penipuan dan pencurian uang dari rekening bank dapat dilakukan melalui internet hanya dengan bermodalkan sedikit informasi pribadi yang kalian bagian di internet melalui akun media sosial ataupun email. Tentunya kalian nggak mau kan tiba-tiba isi rekening bank kalian kosong karena dibobol pencuri dunia maya?

Selain itu, beberapa kasus kejahatan dunia maya seperti kasus pelecehan terhadap wanita dan semacamnya juga turut menjadi masalah tersendiri. Belum lagi kasus penculikan yang bisa saja berujung pada pembunuhan dan masih banyak lagi kejahatan yang bisa dengan mudah dilakukan oleh orang lain dengan memanfaatkan internet. Kejahatan seperti ini tidak akan mudah dilacak, kecuali jika kalian memiliki sumber daya dan kemampuan yang memadai.

3. Mengubah Kamu Menjadi Antisosial

F0ef51ec8427e90151163e17714ec955

Sumber foto: Foto: keywordhut.com

Keberadaan internet yang memungkinkan manusia berkomunikasi tanpa perlu bertatap muka memang sangatlah bermanfaat ketika seseorang ingin berinteraksi dengan teman atau kerabat yang jauh. Namun, di sisi lain hal ini juga secara tidak langsung membuat pengguna internet semakin dekat ke sifat antisosial.

Seringnya seseorang menggunakan internet terus-menerus memaksa mereka untuk sebanyak mungkin menghabiskan waktu di depan perangkat komputer atau smartphone Android sehingga tidak punya waktu lagi untuk bersosialisasi dengan orang-orang di dekatnya atau di lingkungan sekitar.

Apa kalian pernah melihat teman-teman kalian yang terus memperhatikan layar smartphone Android mereka ketika sedang kumpul bersama dalam sebuah reuni? Jika pernah, itu adalah tanda-tanda sifat antisosial yang Jaka maksud. Jaka sendiri pernah mengalami hal seperti ini ketika sedang reuni bersama dengan teman-teman beberapa bulan lalu.

Kejahatan Teknologi Internet
7 Kejahatan Teknologi Internet dan Cara Mencegahnya
mampu menangkal sisi negatif dari teknologi. Nah, berikut JalanTikus akan bagikan nih 7 kejahatan teknologi internet dan bagaimana cara mencegahnya.
LIHAT ARTIKEL

4. Risiko Terkena Malware Dari Internet

E583072b559301fc245075e61995c321

Sumber foto: Foto: systechconnect.com

Dampak buruk lain dari internet yang juga sering sekali menghantui pengguna perangkat komputer dan smartphone Android adalah risiko Malware. Malware merupakan program yang bertujuan untuk menyusup dan merusak perangkat komputer target.

Ketika kalian sedang berselancar di internet, banyak sekali situs yang bisa kalian kunjungi untuk sekedar menonton atau download film dan membaca sejumlah informasi. Namun, ternyata sebagian dari situs yang ada di internet ini juga menyisipkan malware yang akan masuk ke komputer kalian tanpa sepengetahuan kalian. Biasanya situs-situs yang paling besar kemungkinannya menyisipkan malware ke komputer kalian adalah situs-situs dewasa dan situs-situs download.

Dampaknya, malware ini tidak hanya merusak perangkat lunak yang ada di komputer kalian, tapi juga bisa merusak perangkat keras komputer kalian. Selain itu, malware juga bisa digunakan untuk melakukan pencurian data yang berujung pemerasan. Ngeri juga ya, makanya hati-hatilah mengakses situs di internet.

5. Berita HOAX

Ab6e2de5146d2afdc6e0db6e7874590d

Sumber foto: Foto: thedailystar.net

Nah, ini nih dampak buruk internet yang sedang sering terjadi, yaitu berita HOAX. Berita HOAX atau berita bohong ini sangat mudah tersebar di internet karena kebanyakan orang enggan melakukan verifikasi kebenaran informasi di internet.

Alasan lain kenapa berita HOAX itu bisa menyebar dengan sangat cepat adalah karena jaringan internet yang saling terhubung ke seluruh dunia tanpa mengenal batasan waktu dan tempat. Dalam hitungan detik saja, berita palsu yang dibuat oleh seseorang sudah bisa mencapai berbagai tempat dan menimbulkan perdebatan di berbagai forum dan media sosial.

Lihat saja berbagai berita palsu yang berkaitan dengan unsur SARA dan politik yang terus menyebar di negeri kita. Semakin dibiarkan, justru semakin memperkeruh suasana. Ada juga orang yang memanfaatkan internet untuk menyebarkan berita HOAX dengan tujuan mendapatkan popularitas dan semacamnya.

Mungkin ada di antara kalian yang pernah mendengar bahwa orang yang menguasai informasi dapat melakukan apa saja? Nah, berita HOAX ini menjadi salah satu bukti nyata dari pernyataan tersebut.

Itulah tadi dampak buruk internet yang marak terjadi di Indonesia. Pesan Jaka adalah gunakanlah internet secara bijak dengan membatasi informasi yang kalian bagikan, berhati-hati dalam mengakses situs-situs di internet, dan dan bijaklah menyikapi informasi yang kalian dapatkan. Semoga bermanfaat bagi kita semua ya.

ARTIKEL TERKAIT
Fast Internet2

8 Aplikasi Canggih Agar Internet Lebih Cepat di Android

Untitled2 1022b

Daftar Harga Paket Internet XL 3G/4G Oktober 2020, Murah Meriah!

Paket Internet Unlimited 58424

Daftar Harga Paket Internet Unlimited All Operator Terbaru 2020

Banner Wallpapercraft Offlinegoogle

Cara Browsing Tanpa Koneksi Internet Di Google Chrome

Intro

10+ Hal GRATIS di Internet yang Harus Kamu Coba!

APPS TERKAIT
Rocket Vpn Icon
Rocket VPN - Internet Freedom 1.4.1
Apps Liquidum Limited
Internetspeedtest Icon
Internet Speed Test 3G,4G,Wifi 2.0.9
Apps Optimal Software s.r.o.
Internet Booster For Android Icon
Internet Booster for Android 1.8
Apps TRUAPPS
Faster Internet 2x Icon
Faster Internet 2x 1.5.5
Apps Marvin Apps
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
5 Efek Negatif dari Penggunaan Internet Sehari-hari

5 Efek Negatif dari Penggunaan Internet Sehari-hari

Ternyata Internet Dan WWW Itu Nggak Sama! Ini Penjelasannya

Ternyata Internet Dan WWW Itu Nggak Sama! Ini Penjelasannya

Sering Gelisah Dan Tidak Tertarik Sosialisasi! Waspadai 5 Bahaya Kecanduan Internet Ini

Sering Gelisah Dan Tidak Tertarik Sosialisasi! Waspadai 5 Bahaya Kecanduan Internet Ini

5 Mitos Meningkatkan Kecepatan Internet yang Salah Besar

5 Mitos Meningkatkan Kecepatan Internet yang Salah Besar

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal