J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Inilah Bukti Kalau Core i7 Tidak Selalu Lebih Baik dari Core i5

Inilah Bukti Kalau Core i7 Tidak Selalu Lebih Baik dari Core i5

Jumat, 25 Mar 2016, 16:00 WIB
Mungkin banyak dari kamu yang menyangka bahwa Intel Core i7 adalah yang terbaik. Padahal, kenyataannya tidak, Core i7 belum tentu lebih baik dari Core i5, atau bahkan Core i3

Hampir semua pengguna komputer saat ini kenal dengan tiga jenis processor yang paling laku di pasaran, yakni Core i3, Core i5, dan Core i7. Mulai dari seri Sandy Bridge, Ivy Bridge, Hasswell, Broadwell, hingga yang terbaru adalah Skylake.

Banyak dari pengguna yang setiap pada processor ini adalah karena hemat energi. Selain itu, banyak pula muncul perdebatan bahwa semakin mahal harga processor maka semakin bagus pula hasilnya. Apakah itu benar? Bisa iya, bisa juga tidak.

BACA JUGA
  • Intel Core i3 vs Core i5, Mana yang Sebaiknya Kamu Pilih?
  • Arti Dual Core, Quad Core, Octo Core dan Perbedaannya

Apa Core i7 Selalu Lebih Baik?

Jika kamu memiliki dana yang besar, tentunya dengan membeli Core i7 akan jadi pilihan yang menyenangkan, karena kamu akan mendapatkan performa yang lebih powerful. Kenapa? Karena Core i7 sendiri memiliki clock speed yang lebih cepat serta sudah dilengkapi dengan hyper threading.

Apa Itu Hyper Threading?

Hyper Threading adalah sebuah kemampuan processor dalam memproses lebih dari satu thread (dua, tiga, empat) dalam waktu yang bersamaan. Dalam hal ini, fitur Hyper Threading baru bisa ditemukan di Core i7, dan belum ada di Core i5, apalagi Core i3.

Hyper Threading

Meski begitu, fitur Hyper Threading sendiri tidak terlalu terasa ketika kita hanya menjalankan aplikasi-aplikasi umum seperti Microsoft Word, Adobe Photoshop, atau Browser seperti Chrome dan Mozilla Firefox. Hyper Threading sendiri baru akan terasa performanya jika kita gunakan untuk me-render video, membuat desain 3D, atau video animasi.

Core i7 Memang Bagus, Tapi Core i5 Adalah Pilihan Bijak

Intel Core I Series

Ketika harga sudah berbicara, tentu yang paling mahal adalah raja. Tetapi buat kamu yang hanya punya dana pas-pasan untuk merakit sebuah komputer atau membeli sebuah laptop, rasanya Core i5 sudah lebih dari cukup.

Bayangkan saja, jarak harga antara Core i5 dan Core i7 berkisar antara 1-3 juta rupiah, sebuah nominal yang fantastis memang. Padahal dana yang tersisa tersebut bisa kita alokasikan untuk membeli tambahan RAM atau bahkan sebuah VGA Card.

Clock Speed yang Bervariasi

Clock Speed di processor memiliki arti seberapa cepat processor itu bekerja atau dalam mengerjakan sebuah perintah. Hanya saja, besar atau kecilnya Clock Speed masih belum bisa jadi acuan tetap dari sebuah kecepatan processor.

Clock Speed

Oleh karena itu, daripada harus membeli Core i7 dengan Speed 2.5 Ghz, lebih baik beli Core i5 dengan Speed 3.5 Ghz. Ya memang, itu tidak bisa jadi patokan kecepatan, tetapi setidaknya hal tersebut dapat memberikan kamu garansi kecepatan processor yang mutlak, dan tentunya dapat menghemat uang kamu hingga jutaan rupiah, bukan?

Daya Power dan Suhu Panas

Sejauh ini, Processor Core i Series ini adalah salah satu jenis processor yang paling tidak cepat panas. Meski begitu, selalu ada alasan kenapa sebuah processor bisa panas, entah karena penggunaan yang di luar batas atau ada kesalahan pada sistem.

Laptop Kebakar

Umumnya, daya kerja Core i7 cenderung lebih besar dibandingkan Core i5, sehingga biasanya panas yang dihasilkan Core i7 akan lebih besar dari Core i5. Jika mobilitas yang kamu lakukan tidak terlalu membutuhkan performa yang tinggi, maka dengan memilih Core i5 adalah pilihan yang tepat karena juga akan menghemat penggunaan baterai.

Kesimpulan

Apa ya? Sebenarnya kesimpulannya sederhana, itu semua kembali lagi pada kebutuhan kamu.

Cpu Intel Skylake

Kalau kamu adalah penggila komputer dengan dana terbatas, tentu Core i5 adalah pilihan yang bijak. Jika ada dana sisa, kamu bisa memanfaatkannya untuk membeli sebuah VGA Card. Sedangkan kalau kamu tidak terlalu peduli dengan apa yang kamu kerjakan di komputer dan hanya menggunakan komputer sebagai alat browsing saja, Core i3 pun sudah cukup.

Namun jika kamu memiliki dana lebih dan ingin mendapatkan performa yang paling optimal dari sebuah komputer, maka Core i7 adalah pilihan yang tepat.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Cari Driver Cover

Laptop Hang? Ini Cara Cek Driver Online yang Kompatibel

Googlecom Googlecoid

Perbedaan Lucu Antara Google.com dan Google.co.id

Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Banner 310ac

Mau Mendapatkan Uang dari Internet? Ini 12 Cara Termudah yang Pemula Bisa Lakukan!

Cat Mario

Lebih dari 200 Gamers Menghancurkan Komputernya Setelah Main Game Ini

Job Application

6 Jenis Font untuk CV Lamaran Kerja Agar Diterima Perusahaan

APPS TERKAIT
DriverPack_Solution_logo
DriverPack Solution 17.11.28
Apps Artur Kuzyakov
Icon Idm 86581
Internet Download Manager 6.32 Build 6
Apps Tonec Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Perbandingan Dual Core vs Quad Core vs Octa Core, Mana yang Cocok untuk Smartphone Kamu?

Perbandingan Dual Core vs Quad Core vs Octa Core, Mana yang Cocok untuk Smartphone Kamu?

12 Laptop Core i3 Murah dan Terbaik 2020, Semua Fitur Terbaru Ada!

12 Laptop Core i3 Murah dan Terbaik 2020, Semua Fitur Terbaru Ada!

Bocor! Ini Dia Performa Intel Core i7 Kabylake Terbaru

Bocor! Ini Dia Performa Intel Core i7 Kabylake Terbaru

10 Laptop Core i7 Termurah dan Terbaik di 2020 | Spek Garang Harga Mulai 4 Jutaan!

10 Laptop Core i7 Termurah dan Terbaik di 2020 | Spek Garang Harga Mulai 4 Jutaan!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal