J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Verifikasi dan Validasi (Verval) Ponsel Siswa & Guru

Cara Verifikasi dan Validasi (Verval) Ponsel Siswa & Guru

Rabu, 7 Okt 2020, 13:30 WIB
Cara verval ponsel bisa dilakukan dengan mudah melalui situs Verval Nomor Ponsel dari Kemdikbud. Simak langkah-langkah cara verval ponsel berikut ini!

Cara verval ponsel harus kamu ketahui agar bisa mendapatkan subsidi kuota dari pemerintah, geng! Selain kamu bisa menggunakan kuota belajar, kapan lagi dapat kuota gartisan buat belajar online, geng?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) juga telah menyediakan bantuan kuota internet bagi para pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen dengan anggaran sebesar Rp 7,2 triliun.

Subsidi tersebut akan diberikan selama empat bulan, mulai September hingga Desember 2020. Meskipun demikian, peserta didik yang berhak menerima kuota internet adalah yang bukan penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Indonesia Pintar (PIP).

Agar bantuan kuota internet bisa tersalurkan dengan baik, operator sekolah harus mengikuti cara verval ponsel terlebih dahulu. Berikut penjelasan selengkapnya untuk kamu.

Cara Verval Ponsel Siswa dan Guru dengan Mudah

Verifikasi dan validasi (verval) ponsel dimaksudkan untuk memastikan kebenaran nomor ponsel peserta didik dan pengajar sebagai data dasar dalam menyalurkan bantuan kuota internet.

Kebenaran nomor ponsel perlu dipastikan oleh kepala sekolah atau pimpinan perguruan tinggi guna memastikan bahwa bantuan dimanfaatkan secara optimal dan tepat sasaran.

Selain itu, tahap verval ponsel juga melibatkan perusahaan telekomunikasi untuk memastikan bahwa nomor yang didaftarkan benar dan aktif.

Nah, berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan sebagai cara verval ponsel supaya kamu bisa mendapatkan kuota internet yang menjadi hakmu.

Cara Registrasi Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan

Agar bisa melakukan verval nomor HP siswa, operator sekolah harus melakukan pengisian melalui situs resmi Verifikasi & Validasi Nomor Ponsel dari Kemdikbud.

Namun sebelumnya, operator sekolah harus sudah terdaftar pada situs Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan terlebih dahulu agar bisa mengikuti cara verval ponsel.

Berikut adalah cara registrasi pada situs tersebut yang bisa dilakukan dalam langkah-langkah mudah.

Langkah 1 - Buka Situs Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan

  • Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengakses alamat https://sdm.data.kemdikbud.go.id/ pada browser pilihan yang kamu gunakan.

  • Selanjutnya, klik tab Registrasi Anggota, lalu pilih submenu Operator Sekolah.

Cara Verval Ponsel 5c181

Langkah 2 - Registrasi Operator Sekolah

  • Masukkan identitas lengkap operator sekolah pada laman Registrasi Operator Sekolah. Sebelumnya, pastikan sudah menyiapkan email pribadi yang aktif, nomor HP yang bisa dihubungi, serta surat tugas Operator Sekolah yang telah ditandatangani oleh kepala sekolah dalam format PDF.
Cara Verval Ponsel Siswa 0db35
Sumber foto: guru dikdasmen
  • Jika data sudah terisi lengkap, maka klik tombol Registrasi di bagian bawah.

Cara Verval Ponsel Peserta Didik

Setelah melakukan proses registrasi, maka sudah bisa dilakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel untuk mendapatkan bantuan kuota internet dari Kemdikbud.

Cara melakukannya juga terbilang mudah. Hanya dengan memanfaatkan fitur Perbaiki di situs Jaringan Pengelola Data Pendidikan dan Kebudayaan, proses verifikasi dan validasi bisa langsung dilakukan.

Berikut penjelasan mengenai langkah-langkah dalam cara verval ponsel peserta didik yang bisa kamu ikuti.

Langkah 1 - Login Situs Verval Nomor Ponsel

  • Buka situs Verifikasi & Validasi Nomor Ponsel dari Kemdikbud di alamat https://vervalponsel.data.kemdikbud.go.id/, lalu klik Login di pojok kanan atas layar, dan kamu akan dibawa ke laman Kemdikbud Login.
Cara Verval Ponsel 53d25
  • Masukkan username dan password yang telah dibuat pada proses registrasi.
Cara Verval Ponsel Guru 91b89

Langkah 2 - Verval Ponsel Peserta Didik

  • Ketika sudah berhasil login, klik pada menu Pengajuan, kemudian pilih Peserta Didik. Kamu juga bisa memilih opsi Pendidik dan gunakan cara verval ponsel peserta didik ini untuk melakukan verifikasi dan validasi pada nomor ponsel pendidik.

  • Pada tab Peserta Didik, klik pada fitur Perbaiki dengan ikon pensil di bagian kolom Verifikasi untuk melakukan verval nomor ponsel.

Cara Verval Ponsel Siswa Ae9fa
Sumber foto: kerjapns
  • Fitur Perbaiki juga bisa digunakan untuk memperbaiki nomor ponsel yang salah diisikan pada aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik), mengisi nomor ponsel yang masih kosong, dan mengisi kepemilikan nomor ponsel.
Cara Verval Ponsel Dapodik C8469
Sumber foto: kerjapns
  • Jika sudah, klik tombol Simpan, lalu lakukan langkah yang sama untuk peserta didik lainnya.

Cara Perbaikan Nomor Ponsel Peserta Didik dan Pengajar

Ketika proses verval nomor ponsel, mungkin saja ditemukan kendala seperti nomor ponsel peserta didik maupun pengajar sudah tidak aktif atau tidak ditemukan di database milik provider.

Biasanya, nomor tersebut akan muncul di tab Residu Provider, yaitu data balikan dari provider nomor ponsel. Oleh karena itu, jika ditemukan kesalahan pada Residu Provider, Operator Sekolah harus segera melakukan perbaikan.

Memperbaiki nomor ponsel juga bisa dilakukan dengan fitur Perbaiki yang telah Jaka jelaskan di atas sebagai cara verval ponsel. Supaya lebih jelas, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1 - Perbaikan Nomor Ponsel

  • Pada menu Pengajuan, klik tab Residu Provider di samping tab Peserta Didik jika kamu melakukan verval ponsel siswa, atau di samping tab Pendidik jika kamu melakukan verval ponsel guru.

  • Selanjutnya, nama siswa atau guru yang nomor ponselnya bermasalah akan ditandai dengan warna merah muda. Klik ikon pensil yang merupakan fitur Perbaikan untuk mengubah nomor ponsel tersebut.

Cara Verval Ponsel F2f5f
Sumber foto: kerjapns
  • Jika perbaikan nomor ponsel berhasil dan sudah dilakukan verval pada nomor ponsel tersebut, maka data yang berwarna merah muda tadi akan berubah menjadi berwarna putih.
Cara Verval Ponsel Siswa 3452f
Sumber foto: kerjapns

Akhir Kata

Itu dia langkah-langkah yang bisa kamu lakukan sebagai cara verval ponsel siswa maupun guru supaya berhasil mendapatkan kuota internet. Dengan demikian, diharapkan proses pembelajaran jarak jauh tetap bisa berjalan secara optimal.

Selain itu, ada juga cara mengubah kuota edukasi menjadi kuota utama, sehingga kamu bisa menggunakannya untuk keperluan lain selain belajar. Tapi, tetap utamakan aktivitas belajar, ya, geng.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Android Untuk Mahasiswa 94434

10 Aplikasi Android Terbaik Untuk Mahasiswa yang Aktif Belajar!

10 Aplikasi Belajar Online Gratis Terbaik 2020 Makin Pintar Di Rumah F7c8e

10 Aplikasi Belajar Online Gratis & Terbaik 2020, Makin Pintar di Rumah!

Cara Mendapatkan Kuota Gratis Indosat F32d2

3 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Indosat Ooredoo, Pasti Dapat!

Cara Mendapatkan Kuota Gratis Telkomsel 2020 Ee0e1

3 Cara Mendapatkan Kuota Gratis Telkomsel 2020, Internetan Non Stop!

Aplikasi Presentasi Selain Aplikasi Powerpoint 1e568

10 Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint Gratis, Online & Offline

Membaca File Office Di Android Banner

Cara Membuka File PDF, PowerPoint, Excel dan Word di HP Android

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
4 Cara Cek Nomor Telkomsel (simPATI, Kartu As, Loop) Terupdate 2020

4 Cara Cek Nomor Telkomsel (simPATI, Kartu As, Loop) Terupdate 2020

Cara Daftar IMEI untuk HP yang Tidak Terdaftar di Kemenperin 2020

Cara Daftar IMEI untuk HP yang Tidak Terdaftar di Kemenperin 2020

Cara Melacak Nomor Telepon Untuk Mengetahui Identitas, Dijamin Akurat!

Cara Melacak Nomor Telepon Untuk Mengetahui Identitas, Dijamin Akurat!

3 Cara Mendapatkan Nomor WA Artis atau Orang Lain di Internet

3 Cara Mendapatkan Nomor WA Artis atau Orang Lain di Internet

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal