J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Tingkatkan Keamanan Dropbox dengan Mudah

Cara Tingkatkan Keamanan Dropbox dengan Mudah

Kamis, 3 Okt 2013, 13:00 WIB
Pastikan data yang kamu simpan di cloud storage aman dan tidak dapat dicuri oleh orang lain.

Buat pengguna Dropbox, berhati-hatilah karena ternyata cloud storage ini sekarang bukan menjadi yang terbaik di kelasnya. Hal ini terutama berlaku apabila kamu menyimpan data pribadi dan/ atau penting pada akun Dropbox kamu. Namun jangan khawatir, karena kamu bisa melakukan beberapa hal untuk meningkatkan keamanan Dropbox.

Otentikasi 2 Langkah

Dropbox Twostep Authentication
Tahun lalu, Dropbox mengimplementasikan fitur otentikasi 2 langkah, metode login yang memerlukan lebih dari sekadar password. Seperti namanya, metode login ini membutuhkan setidaknya 2 langkah berbeda untuk verifikasi bahwa kamu dapat akses akun tersebut. Otentikasi 2 langkah Dropbox ini berarti kamu harus memasukkan password, kemudikan verifikasi dengan memasukkan kode yang dikirimkan Dropbox ke handphone kamu.

Cara Aktivasi Otentikasi 2 Langkah Dropbox :

[list][li]Login ke akun Dropbox kamu seperti biasa[/li] [li]Klik pada nama akun di kanan atas dan pilih Settings[/li] [li]Klik tab Security[/li] [li]Pada bagian Account Sign in, Enable Two-step verification[/li] [li]Ikuti petunjuk yang ada untuk mengaktifkannya[/li][/list]

Aktifkan Notifikasi Email

Dropbox Email Notifications
Notifikasi Email mungkin bisa jadi mengganggu apabila email yang dikirimkan terlalu banyak, namun dalam hal ini kamu perlu melakukan pengecualian. Dengan mengaktifkan fitur ini, Dropbox akan mengirimkan email setiap kali ada perangkat atau aplikasi baru yang terhubung dengan akun Dropbox kamu yang tentunya akan membantu apabila ada yang mencoba untuk mengakses Dropbox kamu tanpa ijin.

Aktifkan Selective Sync

Dropbox Selective Sync
Selective Sync adalah fitur Dropbox yang memungkinkan kamu untuk menentukan folder mana yang kamu inginkan untuk tetap sinkron dengan akun kamu. Fitur ini sebenarnya bukanlah fitur keamanan namun karena fungsinya untuk mengatur data, maka dapat digunakan untuk menambah privasi.

Contohnya, jika kamu sinkronkan laptop, desktop dan tablet ke Dropbox. Jika semua perangkat disinkronisasi 100%, maka jika salah satu perangkat kamu hilang atau dicuri, maka semua data yang ada dapat diakses melalui perangkat tersebut. Namun jika kamu memisahkan folder masing-masing perangkat, maka resiko kehilangan data yang ada di perangkat lain menjadi berkurang.

Gabungkan fitur Selective Sync dan Unlink Device untuk lebih mengamankan data kamu apabila terjadi pencurian.

Unlink Perangkat dan Aplikasi yang Tidak Dipakai

Dropbox Unlink Devices
Ketika sebuah perangkat atau aplikasi terhubung dengan akun kamu, Dropbox akan mendatanya. Pada tab Security di halaman Settings, kamu dapat melihat daftar semua perangkat dan aplikasi yang memiliki ijin untuk akses akun Dropbox kamu. Hal ini tentunya berguna ketika kamu ingin memutuskan akses dari perangkat atau aplikasi tertentu.

Contohnya jika terjadi pencurian laptop seperti diatas, kamu bisa dengan mudah login ke akun Dropbox dan memutuskan akses dari laptop tersebut sehingga data di cloud storage tetap aman.

Gunakan Aplikasi Enkripsi

Dropbox Data Encryption
Hal terpenting untuk menjaga keamanan akun adalah dengan menggunakan password berbeda untuk masing-masing akun dan memastikan password tersebut tidak mudah ditebak. Ini juga berlaku untuk Dropbox. Menggunakan password yang sama untuk semua akun yang kamu miliki adalah kesalahan fatal.

Kesimpulan Dropbox bukanlah layanan cloud storage paling aman yang ada saat ini, karenanya beberapa hal diatas penting untuk meningkatkan keamanan data yang kamu simpan. Kita hanya bisa berharap Dropbox akan terus mengembangkan sistem keamanannya.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Instagram JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Download Update DropBox Terbaru Versi 2.00

Download Update DropBox Terbaru Versi 2.00

Dropbox Akuisisi Mailbox untuk Lebih dari Sekedar Cloud Storage

Dropbox Akuisisi Mailbox untuk Lebih dari Sekedar Cloud Storage

Download Dropbox terbaru 2.0.21

Download Dropbox terbaru 2.0.21

10 Tips Keamanan Android

10 Tips Keamanan Android

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal