Cara Terbaru Mengembalikan Notifikasi Android yang Hilang

21 March 2017

Notifikasi di Android merupakan salah satu fitur yang menghadirkan sejuta manfaat bagi kita pengguna Android. Setiap harinya, pengguna smartphone Android menerima belasan atau bahkan puluhan notifikasi dari aplikasi media sosial ataupun notifikasi permintaan update dari berbagai aplikasi yang berasal dari Play Store juga dari aplikasi yang tidak ada di Play Store, jika ada di antara kalian yang memakai APK Updater.

Karena seringnya melakukan tap dan swipe pada notifikasi di Android kalian, terkadang kalian secara tidak sengaja justru malah menghapus notifikasi yang kalian belum baca. Kalau sudah seperti ini, Jaka yakin banget pasti ada yang bingung dan panik sambil berpikir bagaimana caranya untuk mengembalikan notifikasi yang tidak sengaja kalian hilangkan dari Android kalian.

Cara Terbaru Kembalikan Notifikasi Android yang Hilang

Nah, untungnya mulai sekarang kalian tidak perlu panik ketika notifikasi di Android kalian hilang secara tidak sengaja, karena kali ini Jaka akan membahas cara untuk mengembalikan notifikasi yang tidak sengaja kalian hilangkan di Android, dengan dua cara berbeda. Penasaran seperti apa kedua cara yang Jaka maksud? Langsung aja simak yuk!

1. Memanfaatkan Notifications Log

Oke, untuk cara yang pertama, kalian bisa menggunakan fitur yang memang tersedia di smartphone Android kalian, yaitu Notifications Log, untuk mengembalikan notifikasi Android kalian yang tidak sengaja hilang atau terhapus.

  • Langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk mengembalikan notifikasi Android kalian yang hilang adalah dengan menekan lama ikon Home pada smartphone Android kalian masing-masing sampai sistem mengarahkan kalian ke bagian Widget.

  • Jika cara di atas tidak berhasil, kalian bisa mengakses bagian Widget secara manual melalui halaman daftar aplikasi, kemudian pilih tab Widget.

masukkan deskripsi gambar disini

  • Jika sudah berada pada bagian Widget seperti gambar di atas, lakukan tap beberapa saat pada ikon Settings Shorcut/Settings, kemudian tarik ke halaman Home sehingga kalian akan otomatis diarahkan ke daftar pengaturan.

  • Pada daftar pengaturan ini, pilih Notifications dan kembali ke halaman Home kalian. Pada halaman Home, kalian akan melihat ikon bertuliskan Notifications.

Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer (Gratis) 100% WORK!
Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer (Gratis) 100% WORK!
Cara Menjadikan Android Sebagai Monitor Komputer (Gratis) 100% WORK!
Baca

masukkan deskripsi gambar disini

  • Nah, untuk melihat notifikasi Android yang tidak sengaja kalian hilangkan, cukup akses ikon bertuliskan Notifications tersebut dan voila! Semua notifikasi Android kalian yang baru saja kalian hilangkan ternyata ada di sini!

masukkan deskripsi gambar disini

  • Sebagai catatan, tidak semua smartphone Android memiliki fitur ini dan hanya smartphone Android dengan sistem operasi Android versi 4.3 ke atas saja yang memiliki fitur Notifications Log ini.

Okelah, itu tadi adalah cara pertama, sekarang kita lanjut ke cara yang kedua. Cara terbaru ini tentunya juga sama ampuhnya untuk mengembalikan notifikasi Android kalian yang hilang.

2. Gunakan Aplikasi Timeline Notifications History

Cara kedua untuk mengembalikan notifikasi Android kalian adalah dengan menggunakan aplikasi Timeline Notifications History. Sebelum mulai, tentunya kalian harus download dulu aplikasi Timeline Notifications History di Play Store dan jangan lupa, langsung instal.

masukkan deskripsi gambar disini

  • Jika sudah selesai instal, langsung saja buka aplikasinya dan kalian akan diminta oleh aplikasi ini untuk memberikan akses notifikasi Android kalian melalui aplikasi ini. Cukup pilih OK dan ceklis pilihan Timeline Notifications History, kemudian kalian bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

masukkan deskripsi gambar disini

  • Langkah berikutnya, akses bagian Settings di sudut kiri atas layar, kemudian pada bagian Recording Options, ceklis kedua pilihan yang ada.

  • Sebagai catatan, pilihan pertama akan membuat kalian tidak bisa melihat notifikasi Android yang kosong dan tentunya melihat notifikasi Android kosong itu hanya buang-buang waktu saja.

  • Pilihan kedua akan mencegah aplikasi ini merekam notifikasi Android yang sama persis dalam jangka waktu 10 detik sehingga kalian tidak terganggu dengan notifikasi Android yang isinya sama.

masukkan deskripsi gambar disini

  • Jika sudah selesai dengan pengaturan, kembali ke halaman utama dan pilih bagian All Notifications. Nah, pada bagian ini, kalian bisa melihat seluruh notifikasi Android kalian yang tidak sengaja kalian hilangkan, apa pun jenis notifikasi tersebut, bahkan notifikasi screenshot seperti punya Jaka juga ada.

masukkan deskripsi gambar disini

  • Kalian juga bisa mengetahui jam dan tanggal notifikasi kalian yang hilang beserta dengan isinya secara lengkap dan jelas. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur pencarian notifikasi dan kalian juga dapat menghapus notifikasi yang sudah tidak diperlukan.

Nah, itu dia cara terbaru untuk mengembalikan notifikasi yang hilang di smartphone Android. Gimana? Sangat bermanfaat kan? Selamat mencoba ya! Kalian bebas mau pilih cara yang mana saja, yang jelas apa pun cara yang kalian pilih, dijamin notifikasi kalian yang hilang, misalnya notifikasi dari Line, BBM, dan aplikasi email, bisa dilihat kembali.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar