Cara Setting Router WiFi Baru dengan Mudah di PC/Laptop, Anti Ribet!

Default

Berapa jam dalam sehari yang kamu habiskan untuk mengakses internet? Entah itu untuk nugas, browsing, streaming film, atau nge-game, internet adalah elemen yang sangat penting.

Tanpa koneksi internet yang kencang dan stabil, perasaan kita pasti gak tenang karena takut ketinggalan informasi terbaru. Makanya, saat ini WiFi sudah menjadi sesuatu yang harus dimiliki.

Untuk memiliki WiFi di rumah, kamu gak cuma butuh Internet Service Provider saja. Kamu juga membutuhkan router agar semua device dapat terkoneksi internet tanpa kabel.

Dalam artikel ini, Jaka akan kasih tahu kamu dasar-dasar dari cara setting router WiFi baru. Kalau pengen tahu selengkapnya, simak terus artikel berikut ya, geng!

Cara Setting Router WiFi Baru dengan Mudah di PC / Laptop

Dalam artikel ini, Jaka akan menjelaskan secara singkat dan praktis mengenai cara setting router. Namun, perlu diingat bahwa setiap merk router memiliki cara yang agak berbeda.

Ada merk router yang memiliki step tambahan yang gak Jaka bahas di sini, ada juga merk router yang malah bisa nge-skip beberapa langkah di tutorial ini.

Meskipun begitu, cara setting router TP Link atau merk apapun basic-nya sama, kok. Sudah gak sabar, kan? Langsung saja simak di bawah ini, yuk!

1. Mengecek Koneksi Internet

1 1df54

Sebelum kamu men-setting router agar bisa menikmati WiFi di rumah, tentu kamu harus tahu dulu, dong, apakah internet di rumahmu memiliki koneksi yang baik.

Kalau kamu sudah pernah pakai router lain sebelumnya, mungkin kamu sudah bisa tahu. Namun kalau kamu belum pernah menggunakan router untuk mengecek, kamu bisa menyambungkan kabel ethernet dari modem ke PC / laptop.

Setelah menyambungkan kabel ethernet, kamu bisa mencoba browsing di PC / laptop. Kamu juga bisa mengakses situs Speedtest.net untuk mengetahui kecepatan serta ping internet.

2. Meletakkan Router

2 Af0dc

Setelah kamu yakin kalau koneksi internet di rumah atau tempat yang ingin kamu pasang WiFi, langkah selanjutnya dari cara setting router WiFi adalah mencari lokasi yang ideal.

Ketika membuka boks router, biasanya kamu juga bakal menemukan instruksi seperti alamat halaman web antarmuka router beserta username dan password. Terkadang, ada juga router yang antenanya dibungkus terpisah.

Tempat paling ideal dalam menempatkan router adalah di tengah-tengah ruangan yang luas dan di lebih tinggi dari kepala. Alasannya agar sinyal tidak terhalang tembok dan dapat ditangkap device dengan lebih baik.

Jauhkan router dari jendela, benda berbahan metal, tembok, dan beton karena bisa menghalangi sinyal. Menempatkan router di dekat microwave juga berbahaya karena bisa mengacaukan sinyal.

3. Sambungkan Router ke Listrik

3 F308a

Ketika kamu sudah menaruh router di tempat yang ideal, kini saatnya kamu menyalakannya. Sebelumnya, kamu wajib menyambungkan router dengan kabel power.

Setelah tersambung ke listrik, lampu indikator pada router bakal berkedip yang menandakan berbagai fungsi dan perubahan. Namun, ada 1 lampu yang menunjukkan bawa router menyala dan berfungsi dengan baik.

Tunggu beberapa menit setelah menyambungkan router ke listrik supaya router tersebut dapat bekerja dengan baik.

4. Menyambungkan dengan Internet

4 14cb7

Router yang sudah kamu colok gak akan langsung memancarkan sinyal WiFi. Kamu harus menyambungkan router dengan internet melalui kabel ethernet terlebih dahulu, geng.

Sambungkan ujung kabel ethernet pada port WAN atau port internet di router, dan ujung satunya pada port WAN yang ada di komputer / laptop kamu.

Biasanya, sih, port WAN / internet punya warna yang berbeda dengan port lain. Cara setting router WiFi ini wajib kamu lakukan untuk bisa internetan dengan WiFi.

5. Mengakses Antarmuka Web Router

5 3eadd

Untuk dapat memberi password dan nama pada koneksi WiFi kamu, kamu bisa mengakses halaman antarmuka router melalui aplikasi browser, geng.

Caranya mudah, setelah kamu menyambungkan kabel ethernet dari router ke PC, kamu tinggal ketikkan alamat http://192.168.1.1/. Gak perlu koneksi internet, kok.

Di sini kamu bisa memberi nama WiFi, memberi password, bahkan memblokir MAC Address orang-orang yang suka mencuri WiFi kamu. Jaka menyarankan kamu untuk menggunakan protokol keamanan WPA2 karena lebih aman.

6. Menyambungkan WiFi

6 C90bf

Jika kamu sudah menentukan protokol keamanan, memberi nama pada WiFi, dan mengamankan WiFi dari maling dengan memberi password, kini saatnya kamu melakukan langkah cara setting router yang terakhir, geng.

PC yang sudah tersambung dengan kabel ethernet ke modem memberimu akses untuk internetan di PC. Untuk bisa menggunakan WiFi dari router, kamu perlu menyambungkan kabel lagi.

Kamu harus menyambungkan kabel ethernet baru dari modem menuju router. Apabila berhasil, tombol indikator di router bakal berkedip yang menandakan bahwa router sudah tersambung ke internet dan dapat memancarkan sinyal WiFi.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai cara setting router WiFi baru. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna buat kamu ya, geng!

kalau kamu punya pertanyaan atau pendapat, jangan ragu untuk menyampaikannya di kolom komentar yang telah tersedia. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan!

Baca juga artikel seputar Tutorial atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Cara Screenshot Di Laptop 5fb06
Kumpulan Cara Screenshot di Laptop/PC Terbaru 2021 | Lengkap Semua OS
Alamat Situs Moviegan Terbaru 2019 Cara Download Nonton Film Favorit Makin Mudah 88438
Alamat Situs Moviegan Terbaru 2020 | Lengkap dengan Tutorial Download!
Tips Vsco Cam F9157
Ini Dia Tutorial Mudah Edit Foto ala Selebgram Pakai VSCO, Dijamin Banyak Like!
Cara Download Free Fire Di Laptop 5ef5a
Cara Download Free Fire di Laptop/PC, Booyah Makin Mudah!
Cara Ekstrak File Part Menjadi 1 Folder Terbaru 2021 100 Works 51f33 9c0bc
Cara Ekstrak File Part Menjadi 1 Folder Terbaru 2021, 100% Works!
Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook Android 93465
Tutorial Cara Mengaktifkan Dark Mode Facebook di Android dan PC
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal