Cara Streaming YouTube Tanpa Buffering di Komputer

18 April 2017

Makin populernya YouTube memang merembet hingga ke Indonesia. Terbukti banyak YouTuber yang bermunculan dengan segudang ide kreatif. Namun, ada beberapa hal yang paling menyebalkan di YouTube dan salah satunya adalah waktu buffering. Adakah cara percepat buffering YouTube?

Kesel bangetkan, ketika sedang asyik-asyiknya nonton video favorit di YouTube malah tersendat-sendat dan terkadang proses buffering-nya cukup lama. Sebenarnya secepat apa pun koneksi Internet kamu, yang namanya proses streaming itu pasti buffering karena dari situlah perangkat membaca data yang kemudian ditayangkan.

Begini Percepat Buffering YouTube di Komputer

Buffering adalah proses mendownload data sementara di storage lokal kita yang nantinya akan otomatis dihapus ketika video atau konten selesai diputar atau ketika ditutup.

Maka dari itu, berikut Jaka sajikan 4 cara mempercepat proses buffer saat nonton video YouTube di komputer. Berikut langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Ekstensi

cara-mempercepat-proses-buffer-youtube

Pertama download dan install ekstensi SmartVideo untuk Google Chrome atau Mozilla Firefox. Ekstensi ini akan memberikanmu akses pintar saat kamu masuk ke dalam sebuah video di YouTube dan memberikan kontrol saat kamu mengalami masalah buffering. jadi, kamu tetap bisa nonton video secara lancar berdasarkan kecepatan Internet kamu. Buat pengguna Chrome, kamu bisa melihat ekstensi lainnya untuk YouTube di sini: 10+ Extension Chrome Keren Agar Nonton YouTube Semakin Seru!.

2. Gunakan Player HTML5

html5

Kedua adalah beralih menggunakan player HTML5 yang merupakan alternatif dari flash player. Tidak seperti flash player yang boros memori dan daya, HTML5 menggunakan sedikit memori dan menyediakan dukungan media lainnya seperti ponsel dan tablet. Caranya sangat mudah, kunjungi YouTube HTML5 Video Player dan pada bagian bawah, klik link Join the HTML5.

3. Gunakan Google DNS

cara-mempercepat-internet-hack-dns-ipv6

Ketiga menggunakan Google DNS, terkadang kecepatan Internet yang lambat tidak selalu kesalahan dari provider Internet-nya. Mungkin saja ada masalah pada pengaturan DNS di komputer kamu. Nah, di sini Jaka berikan solusi dengan menggunakan layanan DNS alternatif. Lebih lanjut tentang cara menggunakannya, kamu bisa baca artikel berikut: Cara Mempercepat Internet Dengan Hack DNS (10x Lebih Cepat).

4. Sesuaikan Resolusi Layar

resolusi video

Keempat adalah memilih kualitas video di YouTube. Proses buffering memang tergantung sumber videonya juga, Youtube sendiri punya pilihan yang lengkap untuk menentukan kualitas video, mulai dari 144p hingga 8k. Untuk kecepatan di Indonesia sih, kalau mau lancar pilih 480p dengan koneksi 1Mbps. Sementara untuk 720p, minimal butuh koneksi Internet 3Mbps untuk melakukan streaming dengan lancar.

Itulah cara percepat buffering YouTube agar bisa nonton video di YouTube dengan lancar. Dengan YouTube, kamu bisa pilih sendiri apa yang ingin kamu tonton, tidak seperti TV yang telah ditentukan acaranya. YouTube pun menjadi alternatif tontonan yang bermutu dibandingkan TV karena menyediakan video dengan beragam tema. Bagaimana pendapat kamu?

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar