J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Cara Mudah Membuat Animasi GIF di Photoshop

              Cara Mudah Membuat Animasi GIF di Photoshop

              00
              Rabu, 10 Sep 2014, 18:00 WIB
              Cara mudah membuat ikon bergerak atau animasi GIF dengan menggunakan Photoshop.

              Pada tutorial kali ini, Jaka akan menjelaskan cara membuat animasi GIF menggunakan Photoshop. Seperti kita ketahui, animasi GIF dalah kumpulan beberapa gambar mati atau still image yang dibuat seolah-olah bergerak. Animasi GIF biasanya digunakan untuk membuat web banner atau ikon bergerak pada display picture BBM. Bagaimana caranya? Mari kita mulai.

              1. Buat dokumen berukuran 460 x 60 piksel dengan background warna putih.

              [img]https://assets.jalantikus.com/assets/cache/0/0/userfiles/old/september2014/Animasi gif-1.jpg[/img]

              1. Buka logo atau objek gambar apapun, kemudian masukkan ke dalam dokumen yang telah dibuat. Untuk contoh, Jaka memasukkan logo Jalan Tikus. Klik dua kali pada layer, lalu ganti nama layer ini dengan nama "Logo".
              1. Pilih Horizontal Type Tool (T), klik di layar lalu tulis “www.jalantikus.com” atau kata lain sesuai kenginan. Ubah nama layer menjadi "Teks 1". Jika sudah, sembunyikan layer dengan mengklik ikon mata yang ada di samping layer.
              1. Lakukan hal  yang sama dengan langkah di atas. Pilih Horizontal Type Tool (T), tulis “Download Aplikasi Gratis”. Ubah nama layer menjadi "Teks 2", lalu sembunyikan layer.
              1. Sebagai layer penutup, pilih Horizontal Type Tool (T), kemudian tulis “KLIK DI SINI”. Ubah nama layer menjadi "Teks 3" dan sembunyikan layer.
              1. Selanjutnya, kita akan mulai membuat animasinya. Terlebih dahulu, tampilkan panel frame timeline dengan memilih menu Window > Timeline.
              1. Pada panel Timeline, duplikat frame 1 sebanyak dua kali dengan mengklik tombol Duplicates selected frames (lihat gambar di bawah ini).
              1. Pilih frame 1, atur waktu tayang 2.0 detik dengan cara mengklik tulisan “0 sec” di bawah frame timeline. Pada panel layer, klik ikon mata layer Teks 1 untuk memunculkan layer tersebut.
              1. Pindah ke frame 2, atur waktu tayang 2.0 detik. Pada panel layer, munculkan layer Teks 2 dan sembunyikan kembali layer Teks 1.
              1. Pindah ke frame 3, sama dengan frame sebelumnya atur waktu 2.0 detik. Sedangkan pada panel layer, munculkan layer Teks 3 lalu sembunyikan layer Teks 1 dan Teks 2.
              1. Atur looping time pada Forever.
              1. Untuk melihat hasilnya, kamu bisa klik tombol Play animation.
              1. Langkah terakhir, simpan gambar dalam format GIF. Pilih File > Save for Web (Alt+Shift+Ctrl+S), pada Optimized file format pilih GIF kemudian klik tombol Save dan tentukan lokasi penyimpanannya.

              Untuk mengetahui berhasil atau tidaknya animasi GIF yang kamu buat, tarik file GIF yang kamu buat ke halaman web browser (Jaka menggunakan [url=download/24/google-chrome]Google Chrome[/url]). Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal