J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Begini Nih Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak

              Begini Nih Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak

              00
              Jumat, 8 Des 2017, 07:00 WIB
              Berikut ini JalanTikus bagikan 7 tips agar power bank kamu tetap awet dan tidak membahayakanmu.

              Menggunakan power bank merupakan salah satu cara bila smartphone kamu mati namun tidak dapat menemukan sumber listrik atau yang orang-orang sebut colokan. Makanya, di zaman sekarang ini, power bank menjadi salah satu benda yang sangat penting untuk dibawa kemana-mana.

              Namun, masih banyak orang yang tidak begitu tahu bagaimana cara merawat power bank yang baik agar tidak cepat rusak. Ada berbagai macam kerusakan yang bisa terjadi di power bank, mulai dari kapasitasnya yang berkurang, baterainya yang menggembung, sampai bisa meledak juga lho.

              BACA JUGA
              • 2 Bahaya Power Bank Bagi Pengguna Smartphone
              • Jangan Beli Power Bank Lagi, Ini 5 Alasannya!
              • Cara Membuat Power Bank dari Smartphone yang Rusak

              Cara Merawat Power Bank Agar Tidak Cepat Rusak

              Nah, berikut ini JalanTikus bagikan 7 tips agar power bank kamu tetap awet dan tidak membahayakanmu.

              1. Jangan Charge Terlalu Sering

              Charge Power Bank

              Terlalu sering mengisi daya power bank bukanlah hal yang benar untuk kesehatan power bank kamu. Karena, kebanyakan power bank mempunyai baterai berjenis Li-Ion atau lithium-Ion yang mempunyai daya tahan hingga 500 kali charge. Ada juga power bank yang menggunakan baterai berjenis Li-Pho atau Lithium Polimer yang mempunya ketahanan sampai 1.000 kali charge.

              Setelah melebihi batas maksimalnya, biasanya kapasitas baterai yang ada di power bank akan menurun. Ini bisa dirasakan melalui seberapa banyak power bank kamu dapat mengisi baterai kamu. Jika kamu merasa power bank kamu tidak lagi bisa mengisi smartphone kamu sampai penuh, berarti kapasitas baterai di power bank kamu sudah mengalami penurunan.

              2. Isi Sampai Penuh

              Isi Sampai Penuh

              Biasakan mengisi kapasitas power bank kamu sampai penuh. Tujuannya agar daya power bank tidak cepat habis dan tidak terlalu sering di-charge kembali. Untuk melihat apakan daya power bank kamu sudah penuh atau belum, cek indikasi baterai yang ada di power bank berupa lampu ataupun layar.

              Selain itu, mengisi sampai penuh juga akan memberikan manfaat untuk kamu. Jadi, kamu tidak perlu khawatir lagi jika smartphone kamu kehabisan daya.

              3. Charge Sebelum Daya Kurang dari 20%

              Charge Sebelum

              Biasakan lakukan pengisian ketika daya power bank kamu tersisa 20%-15% agar tidak merugikan power bank kamu. Usahakan isi daya kamu ketika indikator kapasitas baterai di power bank kamu menunjukan setengah atau seperempat. Jadi, jika indikator baterai power bank kamu ada 4 buah lampu LED, usahakan kamu charge ketika masih 2 atau satu lampu indikator yang menyala.

              4. Jangan Charge Secara Berlebihan

              Jangan Berlebihan

              Mungkin jika kamu mempunyai power bank dengan merek-merek papan atas, seperti Xiaomi dan Anker, kamu tidak perlu khawatir dengan permasalahan ini. Karena merek-merek itu sudah mempunyai fitur Over Charging Protection yang akan langsung memutuskan daya ketika power bank sudah penuh.

              Tapi, untuk power bank murahan, kemungkinan tidak dilengkapi dengan fitur ini. Jadi, jika kamu ingin power bank kamu tetap awet, sebaiknya kamu perhatikan ketika power bank kamu sedang diisi agar tidak di-charge secara berlebihan.

              5. Hindari Suhu Panas dan Dingin

              Power Bank Panas

              Ketika sedang di-charge, hindari tempat yang tertutup seperti tas ataupun lemari. Karena, ketika power bank sedang di-charge biasanya akan mengeluarkan hawa panas. Jika kamu simpan di tempat tertutup, kemungkinan power bank tidak mempunyai sirkulasi udara. Inilah hal yang membuat power bank kamu bocor dan menggelembung.

              6. Jauhkan dari TV, Kulkas, dan Benda Elektronik Lain

              Jauhkan Dari

              Televisi, kulkas dan alat elektronik lainnya sering memancarkan gelombang magnetik yang pastinya tidak baik untuk power bank. Jika kamu meletan power bank di dekat benda-benda elektronik yang memancarkan gelombang magnetik, kemungkinan membuat power bank langsung mengalami kerusakan.

              7. Jangan Terjatuh

              Jangan Jatuhkan

              Hindari power bank dari benturan keras seperti terjatuh. Karena, hal ini memungkinkan komponen di dalam power bank seperti baterai dan permukaan output power bank tidak berfungsi dengan baik.

              Nah, itulah beberapa poin yang mungkin akan membantu agar power bank kamu tidak cepat rusak. Ada baiknya kita mencegah kan dari pada sudah terlanjur basah.

              APPS TERKAIT
              Dbs Icon
              DU Battery Saver
              Apps DU APPS Studio
              Battery Doctor Battery Saver Android Icon
              Battery Doctor (Battery Saver) 5.17
              Apps Cheetah Mobile Inc
              Go Battery Saver Icon
              GO Battery Saver & Power Widget 4.31.1
              Apps GO Launcher EX
              Power Battery Battery Life Saver Health Test Icon
              Power Battery - Battery Life Saver & Health Test 1.9.8.1
              Apps LIONMOBI

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal