J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Mudah Mengubah Resolusi Layar Smartphone Android

Cara Mudah Mengubah Resolusi Layar Smartphone Android

Jumat, 1 Jan 2016, 09:00 WIB
Bosan dengan resolusi layar kamu yang cuma HD 720p? Ingin merasakan pengalaman menggunakan Android dengan resolusi Full HD 1080p? Gampang. Begini cara mudah mengubah resolusi layar Android kamu.

Saat membeli smartphone baru, spesifikasi utama seperti baterai yang besar, CPU yang handal dan kamera beresolusi tinggi pasti jadi pilihan. Di luar itu, bagi para penggila game atau konten multimedia di smartphone, maka resolusi layar pun menjadi penentu. Tentu kurang puas jika membeli smartphone berlayar 5,5 inci tapi resolusinya sebatas HD. Nah, kali ini Jaka akan berikan cara mudah untuk mengubah resolusi layar Android kamu.

BACA JUGA
  • Cara Mengubah Tampilan Android Jadi Nokia Jadul
  • Cara Mengubah Boot Animation di Android
  • Cara Mengubah Android Jadi Penggaris Serbaguna

Emang resolusi layar Android bisa diubah? Secara hardware memang tidak bisa, tapi dengan menggunakan software khusus kamu bisa merasakan pengalaman menggunakan smartphone Android kamu dalam resolusi Full HD 1080p walau resolusi aslinya hanya HD 720p.

Cara Mengubah Resolusi Layar Android

Seperti halnya pada perangkat PC yang memungkinkan kita untuk mengubah resolusi layar untuk mendapatkan pengalaman lain dalam menggunakannya, di Android pun kamu bisa melakukannya. Dengan bantuan aplikasi Screen Shift, kamu bisa mengubah resolusi layar smartphone Android kamu dengan leluasa. Bukan hanya resolusi, kamu bahkan bisa mengatur Overscan hingga kerapatan pikselnya. Mau coba? Silakan download Screen Shift dulu.

Screen Shift Icon
Screen Shift 2.1
Apps Productivity Aravind Sagar
DOWNLOAD

Cara Menggunakan Screen Shift

Screen Shift bisa digunakan di smartphone dengan sistem operasi Android Gingerbread 2.3 ke atas. Untuk bisa menggunakan Screen Shift di Android Jellybean 4.3 ke atas, Android kamu harus dalam keadaan root. Berikut artikel cara cek Android kamu sudah root atau belum, serta kumpulan cara root Android kamu:

Setelah memastikan Android kamu memiliki akses root dan aplikasi Screen Shift terinstal di Android kamu, maka persiapan untuk mengubah resolusi layar Android kamu pun sudah selesai. Selanjutnya tinggal mulai mengubah resolusi layar di Android kamu.

  1. Buka aplikasi Screen Shift. Saat muncul permintaan akses root, berikan akses. Selanjutnya kamu akan dihadapkan pada tampilan tutorial dan peringatan. Jika dirasa tidak bermasalah, kamu bisa lanjutkan.

    Cara Mengubah Resolusi Layar Android
  2. Selanjutnya kamu akan dihadapkan pada pilihan untuk mengubah resolusi layar Android kamu. Kamu bisa menginputnya secara manual untuk membuat profil baru, atau menggunakan profil yang sudah tersedia.

    Cara Mengubah Resolusi Layar Android 2
  3. Untuk mengaktifkan efeknya, jangan lupa untuk menyalakan toggle Screen Shift-nya. Selesai. Dan kamu sudah bisa merasakan pengalaman resolusi layar baru di semua tampilan Android kamu. Jika dirasa bosan, cukup matikan toggle Screen Shift-nya, maka resolusi layar Android kamu pun akan kembali ke default.

    Cara Mengubah Resolusi Layar Android 3

Tidak lupa, Screen Shift bisa digunakan untuk memberikan pengalaman resolusi layar berbeda di masing-masing aplikasi yang berbeda. Misalnya di Path menggunakan resolusi HD 720p, saat main game menggunakan resolusi Full HD 1080p, sedangkan homescreen menggunakan resolusi default. Keren kan? Jadi kamu bisa merasakan pengalaman baru di setiap kali menggunakan aplikasi.

Untuk bisa membuatnya berjalan khusus di masing-masing aplikasi, kamu harus mengaktifkannya di opsi Per-app Profiles. Dan kamu harus memberikan Usage Access dari aplikasi ini.

Cara Mengubah Resolusi Layar Android 4

Selanjutnya kamu bisa mengubah resolusi layar dari setiap aplikasi yang terinstal di smartphone kamu. Oh iya, di sini kamu hanya bisa memilih dari profil yang tersedia, tidak bisa input manual.

Cara Mengubah Resolusi Layar Android 5

Untuk bisa merasakan efek yang stabil, disarankan agar tampilan homescreen tetap default jika ingin mengaktifkan opsi Per-app Profile. Karena jika sudah mengatur tampilan homescreen ke suatu profile, maka semua aplikasi pun akan mengikuti resolusi homescreen.

Cara Mengubah Resolusi Layar Android 6

Catatan: Selama mengaktifkan Screen Shift, kamu tidak bisa mengambil screenshot. Makanya Jaka tidak bisa memberikan screenshot saat resolusi layarnya sudah diubah.

Selamat mencoba!

ARTIKEL TERKAIT
Coc Selalu Online

Cara Mudah Membuat Clash of Clans Selalu Online Tanpa Root

Android Ram 512 Mb Tetap Smooth Banner

Tips Agar Android dengan RAM di Bawah 1 GB Tidak Nge-lag

Cara Screenshot Di Android Tanpa Menekan Tombol 17070

Cara Screenshot di Android Tanpa Perlu Menekan Tombol Apapun!

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Screen Shift Icon
Screen Shift 2.1
Apps Aravind Sagar
Screenshot Easy Icon
Screenshot Easy 1.4.24
Apps Ice Cold Apps
Comossibussoftwaredeadpixeltest20 Icon
Dead Pixel Test 2.0
Apps Ossibus Software
Path Icon
Path for Android
Apps Path, Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal