J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

9 Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi Terbaru 2021

Jumat, 19 Mar 2021, 09:00 WIB
Saatnya kamu tahu cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi terbaru 2021, geng! Nantinya, performa HP bisa lebih kenceng. Sini, Jaka ajari!

Performa HP yang menjadi lemot akibat memori yang penuh memang bikin kesal, geng. Solusinya, kamu butuh cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi biar tidak perlu repot install ulang.

Ngomongin ruang penyimpanan HP yang penuh, biasanya HP bakal lemot banget ketika melakukan booting, geng. Kamu harus menunggu agak lama agar HP bisa memproses aplikasi.

Semisal mau menghapus aplikasi pun, kamu pasti bingung karena aplikasi tersebut sudah menjadi kebutuhan keseharianmu untuk update konten atau informasi.

Tidak usah bingung, geng. Kali ini Jaka bakal kasih kamu tips agar bisa mengosongkan ruang penyimpanan internal HP tanpa menghapus aplikasi kesayanganmu, nih.

Yuk, simak secara lengkap penjelasan dari Jaka agar kamu bisa mengosongkan memori internal HP dan tetap mengakses aplikasi!

Penyebab Ruang Penyimpanan Penuh

Penyebab Ruang Penyimpanan Penuh B353f

Sebelum kamu mengosongkan ruang simpan HP, kamu harus tahu dulu apa yang menyebabkan memori internal HP penuh, geng.

Pasalnya, kalau sudah tahu penyebabnya, kamu bakalan lebih bijak untuk menata kembali file-file yang ada di memori internal HP.

Beberapa kebiasaan berikut ini bisa kamu kelola untuk tetap menjaga ruang penyimpanan HP penuh tanpa disadari.

  1. Sering merekam gambar.
  2. Memotret objek dengan resolusi gambar HD.
  3. Sering mengirim atau menerima pesan suara.
  4. Intensitas pengirim atau penerimaan pesan video cukup tinggi.
  5. Editing video dan gambar menggunakan aplikasi HP.
  6. Penggunaan aplikasi ukuran besar seperti aplikasi game online.
  7. Tidak ada inisiatif manajemen penyimpanan berkala.

Ketujuh kebiasaan di atas biasanya sering banget terjadi, khususnya buat pengguna HP Android edisi terbaru dengan resolusi kamera canggih dan penggunaan aplikasi video editing.

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi A5cd6

Cara mengosongkan ruang penyimpanan internal tanpa menghapus aplikasi di HP yang bakal Jaka jelaskan bisa kamu terapkan pada HP Android berbagai merek. Misalnya, HP Samsung, Oppo, Evercross, Realme, atau Xiaomi.

Bahkan, kamu bisa juga menerapkan cara pengosongan memori internal pada HP iOS seperti iPhone atau iPad. Kamu tinggal memilih beberapa cara berikut ini untuk mengosongkan memori internal HP tanpa melakukan penghapusan aplikasi.

1. Menghapus Cache di HP

Untuk cara menghapus cache di HP, kamu bisa menggunakan dua cara, yakni menghapus satu per satu cache pada aplikasi dan menghapus cache secara keseluruhan, geng.

Ngomong tentang menghapus cache pada HP, Jaka sudah punya artikel lengkap yang bisa kamu pelajari yang khusus membahas bagaimana cara menghapus cache aplikasi HP dengan mudah.

2. Menghapus Data di Aplikasi Messenger

Beberapa hal yang agak merepoatkan adalah ketika data atau informasi penting tersimpan di aplikasi messenger seperti WhastApp, Telegram, Signal, atau BiP Messenger App yang punya banyak grup chat.

Mau gimana lagi, kamu harus menyediakan waktu luang untuk memilah file-file di dalam aplikasi messenger itu, geng.

Biar kamu tidak kerepotan untuk karena banyaknya update gambar atau video di grup, non-aktifkan fitur download gambar pada aplikasi messenger, ya.

3. Menghapus File Sampah

Cara Mengosongkan Memori Internal HP Tanpa Menghapus Aplikasi 1f7ff

Cara alternatif lainnya agar ruang penyimpanan HP kosong adalah menghapus file-file sampah, nih. Kamu bisa menggunakan aplikasi pembersih file sampah.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi khusus untuk meningkatkan kecepatan HP. Ini bisa membantumu menyaring beberapa aplikasi atau file-file nganggur yang bisa kamu hapus, geng.

4. Melakukan Restart HP

Satu lagi cara mudah yang bisa menghapus cache adalah dengan melakukan restart HP secara berkala. Sistem didalam HP bakal membuang cache secara otomatis ketika HP mati saat proses restart.

Namun, kamu juga harus tetap mengimbangi dengan rutin menghapus cache di setiap aplikasi secara berkala, ya.

5. Menyimpan File di Layanan Cloud

Sekarang sudah banyak layanan penyimpanan via cloud yang bisa kamu pakai. Kamu bisa menggunakan Google Drive atau Dropbox untuk memindahkan dan menyimpan file-file penting dari HP Android atau iOS, geng.

Kamu tinggal mengkonfigurasi aplikasi messenger atau aplikasi edit video agar bisa menyimpan file ke ruang penyimpanan cloud saja.

Oh, iya, setelah kamu melakukan edit foto atau video, sebaiknya file-file mentah bisa kamu hapus atau memindahkannya ke ruang penyimpanan cloud, ya.

6. Hapus File Video Download Aplikasi YouTube

Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Internal Tanpa Menghapus Aplikasi 59c18

Nah, salah satu cara untuk menghemat kuota internet adalah menyimpan file video via aplikasi YouTube. Cara ini bisa kamu pakai karena memang YouTube sudah menyediakan fitur download, geng.

Video itu bisa kamu tonton baik dalam kondisi online ataupun offline. Hanya saja, kamu juga perlu menghapus video ini kalau memang sering menyebabkan ruang penyimpanan internal smartphone cepat penuh.

7. Mendengarkan Musik secara Online

Kini, kamu tidak perlu repot menyimpan file musik di memori HP karena musik favoritmu tetap bisa tanpa menyimpannya menggunakan ruang penyimpanan di HP.

Aplikasi Google Play atau Spotify bisa kamu akses secara online sehingga bisa mencegah memori penyimpanan di HP penuh, geng.

8. Memindahkan File ke MicroSD Card

Biasanya, ada HP yang punya memori internal mencapai 32 GB atau bahkan lebih, geng. Kamu bisa memanfaatkannya untuk menyimpan file-file kecil.

Nah, untuk menyimpan file-file besar, kamu tinggal memindahkannya ke microSD card. Dengan begitu, kamu tidak perlu menghapus aplikasi di HP ketika memindahkan file.

9. Memindahkan File ke Laptop

Untuk cara yang terakhir, perangkat laptop atau komputer bisa kamu gunakan untuk memindahkan file-file dari ruang penyimpan HP, geng.

Selain bisa memindahkan file, dengan menghubungkan HP dengan laptop via kabel USB, secara tidak langsung kamu mengidentifikasi memori internal HP yang punya banyak cache atau file sampah di thumnail.

Hapus file-file sampah itu agar kamu bisa mengosongkan ruang penyimpanan. Sekarang, memori internal HP-mu sudah mulai rapi karena berhasil mengosongkannya tanpa menghapus beberapa aplikasi penting.

Akhir Kata

Itulah sembilan cara mudah agar kamu bisa mengosongkan memori internal HP tanpa menghapus aplikasi. Dengan menerapakan kebiasaan mengelola file secara berkala, kinerja HP kamu bakalan tetap prima, geng.

Yuk, kasih tahu teman-teman kamu juga biar mereka bisa mengelola file-file dan mengosongkan ruang simpan di memori internal HP dengan share artikel ini ke mereka!

Selamat mencoba!

Baca juga artikel tentang Tech Hack dari Nabila Ghaida Zia

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Penghemat Memori Internal Banner
[UPDATE] 5 Aplikasi Terbaik Penghemat Memori Internal Android Kamu
Browser Hemat Memori
3 Aplikasi Browser Terbaik Untuk HP Android yang Dijamin Hemat Memori Hingga 20 Kali Lipat Lebih Ringan
Mengunci File B16eb
3 Cara Mengenkripsi File di Memori Eksternal, Dijamin Aman!
F7e6b7b1e47cbf8aa565bed1421306ea
5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Menambah Memori Eksternal Smartphone
Cara Memperbesar Internal Memori Android Banner
4 Cara Bikin Internal Memori Android Lebih Lega
Banner Jadi 0a64e
5 Alasan Kenapa Memori Internal 64 GB Gak Cukup di 2020, Bikin HP Lemot?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal