J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              6 Cara Supaya Gak Ketipu Berita Hoax di Grup WhatsApp Keluarga

              6 Cara Supaya Gak Ketipu Berita Hoax di Grup WhatsApp Keluarga

              00
              Jumat, 15 Mar 2019, 19:00 WIB
              Penyebaran hoaks terjadi di mana-mana, termasuk grup WhatsApp keluarga. Jaka punya beberapa tips agar kamu terhindar dari berita hoaks tersebut.

              Hoaks. Kata yang satu ini tengah marak tersebar di antara kita, apalagi pada tahun politik seperti 2019 ini. Berbagai fitnah dengan mudahnya sampai pada kita.

              Salah satu media yang dianggap sebagai lahan subur penyebaran hoaks adalah grup WhatsApp. Kemudahan yang dimiliki aplikasi ini untuk menyebar informasi menjadi alasannya.

              Oleh karena itu, Jaka mau berbagi tips nih buat kalian, gimana cara menghindari berita hoax di grup WhatsApp, terutama grup keluarga.

              Kampanye WhatsApp Melawan Hoaks

              Pihak WhatsApp atau WA sedang gencar-gencarnya mengadakan kampanye untuk melawan hoaks. Hal ini bisa dimaklumi karena mereka seringkali menjadi kambing hitam penyebaran hoaks.

              Kampanye melawan hoaks pertama WhatsApp di Indonesia adalah Bagikan Kebahagiaan, Bukan Rumor.

              Inti dari kampanye ini adalah ajakan untuk menghindari penyebaran rumor-rumor yang tak jelas asalnya.

              Apalagi menjelang pemilihan umum tahun ini, makin banyak gosip-gosip yang dengan mudahnya tersebar, termasuk di grup WhatsApp keluarga.

              Yang menyedihkan, sering terjadi kasus di mana keluarga menjadi bertengkar karena perbedaan pandangan politik. Padahal, perbedaan adalah hal yang lumrah di negara demokrasi seperti Indonesia.

              Kampanye ini juga menekankan kita untuk memperhatikan pesan-pesan yang memliki tulisan forwarded yang mengindikasikan bahwa informasi tersebut berpotensi menjadi hoaks.

              Cara Menghindari Hoaks di Grup WhatsApp Keluarga

              Perlu kita akui bahwa kebanyakan orang yang menyebarkan berita hoaks adalah kalangan bapak-bapak dan ibu-ibu. Hal ini bisa terjadi mungkin karena kurangnya cek dan ricek sebuah informasi.

              Selain itu, kebanyakan dari mereka termasuk gagap teknologi sehingga tidak tahu bagaimana cara mengecek sebuah berita yang mereka terima.

              Sebagai generasi yang lebih paham dengan teknologi, tentu menjadi tanggung jawab kita untuk membantu mereka dalam memilah mana berita yang benar dan mana yang salah.

              Caranya? Jaka kasih tahu beberapa tipsnya di bawah ini, geng!

              1. Melakukan Pengecekan Berita

              Cara Menghindari Hoaks 1 4ca13

              Ini adalah langkah awal yang bisa kamu lakukan. Coba cari di Google terkait informasi berita yang kamu anggap terindikasi sebagai hoaks.

              Jika informasi yang kamu dapatkan dari hasil pencarian ternyata berbeda, maka bisa dipastikan itu hoaks. Beritahu kepada anggota grup bahwa informasi tersebut salah serta lampirkan sumber berita yang terpercaya.

              2. Cek Narasumber

              Hal lain yang patut kamu perhatikan adalah narasumber dari berita tersebut. Jika sumbernya hanya katanya, waspadai bahwa berita tersebut adalah sebuah hoaks.

              Termasuk apabila berita hanya bersumber dari media sosial. Banyak sekali informasi di media sosial yang ternyata tidak jelas asal-usulnya

              3. Perhatikan Kata Forwarded

              Cara Menghindari Hoaks 2 9b4bc

              Ketika membaca pesan WhatsApp bertuliskan Forwarded yang ditulis miring. Hal ini menunjukkan bahwa pesan tersebut dikirim ulang dari sumber lain.

              Tanyakan kepada pengirim dari manakah pesan tersebut di-forward untuk melacak siapa yang menyebarkan informasi tersebut.

              Fitur ini memang dibuat oleh pihak WhatsApp untuk mengurangi penyebaran hoaks melalui WhatsApp.

              4. Awasi Judul yang Memancing Emosi

              Berita hoaks seringkali muncul dengan judul yang cukup provokatif sehingga memancing emosi yang membacanya. Karena emosi, pesan tersebut disebarkan begitu saja tanpa dicek terlebih dahulu.

              Jadi, jika kamu menemukan judul berita yang seperti itu, kamu perlu waspada dan mencari berita yang senada untuk memastikan kebenarannya.

              5. Memperhatikan Foto dan Video

              Cara Menghindari Hoaks 3 Cc1d4

              Dengan kecanggihan teknologi yang kita miliki saat ini, edit foto ataupun video bisa dilakukan dengan begitu mudah.

              Oleh karena itu, jangan mudah percaya jika melihat foto ataupun video yang mencurigakan. Sudah banyak tokoh politik yang menjadi korban hoaks model begini.

              6. Jadilah Pembaca Kritis

              Begitu mendapatkan sebuah informasi, jadilah pribadi yang kritis dengan menanyakan apakah berita ini benar atau hoaks?

              Dengan membiasakan diri melakukan itu, kamu akan selalu waspada dan tidak langsung percaya terhadap informasi yang masuk ke grup WhatsApp keluarga.

              Akhir Kata

              Ingat geng, karena di grup keluarga yang pastinya ada orang tuamu dan orang-orang yang lebih tua, kamu harus menyampaikan teguran secara halus dan sopan.

              Jangan sampai kamu mengingatkan orang tua dengan nada yang kurang ajar dan tidak sopan ya, geng!

              Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal