Cara Menghemat RAM ketika Browsing

Membuka banyak tab dalam jangka waktu yang lama merupakan sebuah hal yang bisa memberatkan performa komputer kamu karena setiap tab membutuhkan kapasitas RAM tertentu. Jadi secara teori, semakin banyak tab yang kamu buka akan membuat penggunaan kapasitas RAM kamu terus meningkat. Tetapi Google Chrome memiliki cara menghemat RAM ketika browsing dengan menggunakan salah satu ekstension miliknya.

Google Chrome memang memiliki banyak sekali ekstension, dan salah satu ekstensionnya bisa digunakan untuk menghemat RAM ketika browsing yang bernama The Great Suspender. Fungsi dari The Great Suspender adalah untuk mengurangi penggunaan memori yang biasa terjadi ketika membuka banyak tab secara bersamaan. Berikut cara menghemat RAM ketika browsing menggunakan The Great Suspender:

1. Install terlebih dahulu The Great Suspender disini

Cara Menghemat RAM Ketika Browsing 1
2. Setelah proses install selesai, kamu bisa melihat ada tombol berwarna orange di kanan atas. Kamu klik tombol ini maka akan keluar 4 pilihan seperti dibawah ini
Cara Menghemat RAM Ketika Browsing 2
3. Jika kamu memilih Suspend this tab maka hanya tab yang sedang kamu buka yang akan di matikan, tetapi jika kamu memilih Suspend all tabs maka semua tab akan dimatikan seperti contoh dibawah ini
Cara Menghemat RAM Ketika Browsing 3
4. Untuk mengembalikannya kamu bisa menggunakan Reload all tabs

Yang perlu diketahui adalah kamu bisa mengatur seberapa lama kamu akan mematikan tab tersebut melalui Settings. Fungsi dari mematikan tab ini adalah mengurangi penggunaan kapasitas RAM sehingga kapasitas RAM bisa lebih hemat dibandingkan ketika kamu tetap membuka banyak tab. Selamat mencoba. Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal