J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa dan Guru di HP & Laptop

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa dan Guru di HP & Laptop

Sabtu, 19 Sep 2020, 21:00 WIB
Cara menggunakan Google Classroom yang benar ternyata mudah loh. Yuk cari tahu tutorial menggunaan Google Classroom untuk guru dan siswa lengkap.

Cara menggunakan Google Classroom sebetulnya sangat mudah dan sederhana. Tetapi karena sifatnya yang baru banyak orang yang masih kesulitan dalam memanfaatkan aplikasi Google ini.

Pemanfaatan Google Classroom sebetulnya bisa dimaksimalkan dengan sangat mudah, dan hal ini tentunya juga akan mempermudah pekerjaan guru maupun siswa yang terlibat di dalamnya.

Guru dan siswa bisa saling berinteraksi dengan lebih terarah, membagikan juga membahas materi, mengisi soal, dan banyak hal produktif lain yang bisa dilakukan menggunakan platform pembelajaran ini.

Buat kamu guru ataupun siswa yang masih kesulitan untuk memanfaatkan fitur di aplikasi ini, berikut tutorial cara menggunakan Google Classroom di HP atau laptop untuk guru dan siswa.

Cara Menggunakan Google Classroom di HP dan Laptop

Untuk mempermudah akses para penggunanya, Google mendesain program yang satu ini untuk bisa dijalankan lewat handphone maupun laptop.

Adanya pilihan seperti ini memberikan kemudahan tersendiri bagi para guru dalam mendesain juga memantau kelasnya, dan para murid pun lebih fleksibel dalam mengakses setiap materi dan tugas yang diberikan.

Cara menggunakan Google Classroom untuk mahasiswa, siswa, dan guru memiliki tahapan yang sedikit berbeda, juga ada sedikit perbedaan pada antar muka Google Classroom di HP juga laptop.

Tapi, tenang saja. Semua hal perihal Google Classroom akan kita bahas tuntas di artikel Jaka yang satu ini.

Cara Menggunakan Google Classrrom untuk Guru

Di dalam kondisi seperti saat ini, kemampuan guru untuk menyelenggarakan proses pembelajaran online sangat diandalkan, dan kepiawaian dalam menggunakan Google Classroom menjadi salah satu indikatornya.

Cara menggunakan Google Classroom untuk guru memang sedikit lebih kompleks ketimbang siswa, karena guru harus mendesain dan mengisi kegiatan di aplikasi ini, sementara siswa hanya mengakses saja.

Hal ini tidak erarti bahwa Google Classroom sulit untuk dikuasai. Dengan sedikit pemahaman, tugas yang terlihat membingungkan ini bisa dilakukan dalam beberapa menit saja.

Penasaran gimana cara menggunakan aplikasi Google Classroom di HP atau laptop bagi guru? Berikut ini pembahasan selengkapnya.

Tutorial Menggunakan Google Classroom di HP untuk Guru

Kegiatan guru di dalam Google Classroom terbagi ke dalam 3 kategori utama yaitu membuat kelas, membuat tugas juga soal, dan memeriksa tugas atau soal yang telah dikerjakan siswa.

Untuk para pengguna handphone Android, semua hal ini bisa dilakukan melalui handphone saja dan cara menggunakan Goole Classroom untuk guru di HP pun terbilang sangat mudah.

Berikut ini pembahasan mengenai langkah-langkah dalam melakukan 3 pekerjaan utama guru di Google Classroom.

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Membuat Kelas

Cara membuat kelas di Google Classroom terbilang sangat mudah untuk dilakukan melaui handphone Android, dan berikut ini langkah-langkah selengkapnya.

  • Langkah 1 - Download dan instal aplikasi Google Classroom, dan untuk kamu yang belum memilikinya bisa langsung download dari link di bawah ini.
Google Classroom D6e2d
Google Classroom 6.1.065.00.44
Apps Productivity Google LLC
DOWNLOAD
  • Langkah 2 - Masuk ke aplikasi Google Class Room, tekan tanda plus di bagian kanan bawah, lalu pilih create class.
01 1c1a5
  • Langkah 3 - Isi keterangan kelas sesuai denga yang dibutuhkan, lalu tekan tombol create.
02 7a733

Dengan begini kelas sudah selesai dibuat, dan kamu bisa langsung mengundang murid-murid ke kelas yang baru dibuat ini.

Cara Mengundang Murid untuk Bergabung ke kelas
  • Langkah 1 - Klik kelas yang telah dibuat, lalu masuk ke menu people yang ada di pojok kanan bawah.

  • Langkah 2 - Klik Invite untuk membuka jendela pilihan baru, masukkan email murid-murid yang ingin diundang di sini.

03 D35f8
  • Langkah 3 - Selain melalui alamat email, kamu juga bisa membagikan link kelas yang telah dibuat langsung dari sini ke grup WA atau ke media sosial.

  • Langkah 4 - Kamu juga bisa mengundang murid melalui kode kelas, dan untuk membukanya klik ikon setting di bagian atas, kode kelas akan terbuka seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

04 F08c2
Cara Menggunakan Google Classroom untuk Membuat Tugas dan Soal

Selain membuat kelas, kamu juga bisa membuat tugas langsung di aplikasi yang satu ini. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  • Langkah 1 - Masuk ke aplikasi Google Classroom, lalu pilih menu Classwork dan tekan tanda plus untuk memulai membuat tugas.
05 20f74
  • Langkah 2 - Pilih Assignment untuk membuat tugas baru. Isi keterangan dan instruksi sesuai dengan yang dibutuhkan, dan jika perlu sertakan file tambahan dengan menekan tanda attach. Klik ikon pesawat jika sudah selesai.

Kamu juga bisa membuat soal langsung dari aplikasi ini, dan berikut ini langkah-langkah selengkapnya.

  • Langkah 1 - Buka aplikasi Google Classroom, masuk ke menu classwork, lalu tekan tanda plus di bagian bawah.
06 C2247
  • Langkah 2 - Pilih Question untuk mulai membuat soal. Isi keterangan sesuai yang dibutuhkan lalu klik ikon pesawat setelah selesai.
Cara Menggunakan Google Class Room Untuk Guru dalam Memeriksa Tugas yang Telah Dikumpulkan
  • Langkah 1 - Masuk ke Google Classroom dan pilih menu classwork. Klik tugas yang ingin diperiksa untuk melihat respon siswa.
07 B21dd
  • Langkah 2 - Setelah jendela baru terbuak, klik student answer untuk melihat respon siswa.

  • Langkah 3 - Klik nama siswa yang ingin diperiksa, dan di sini kamu bisa langsung menilai jawaban yang dia berikan.

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Guru di Laptop

Selain melalui aplikasi di Android, kamu juga bisa mengakses Google Classroom via laptop melalui browser.

Cara menggunakan Google Classroom di laptop untuk guru sebenarnya tidak berbeda jauh dengan di HP, hanya saja tampilannya sedikit berbeda.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu ikuti dalam melakukan berbagai pekerjaan pokok di dalam Google Classroom.

Cara Menggunakan Google Classroom di Laptop untuk Membuat Kelas

Sama halnya dengan aplikasi, kamu juga bisa membuat kelas di Google Classroom Langsung dari laptop dan berikut ini langkah-langkah selengkapnya.

  • Langkah 1 - Buka program Google Classroom di halaman browser kamu melalui https://classroom.google.com/, untuk membuat kelas baru klik ikon tanda plus di kanan atas.
01 7d7be
  • Langkah 2 - Jika ada pertanyaan keamanan, centang saja lalu klik continue.
02 1ed5a
  • Langkah 3 - Isi data diri kelas sesuai dengan yang dibutuhkan, lalu klik create.
03 79468
  • Langkah 4 - Kelas akan langsung dibuat, dan kamu akan langsung diarahkan ke halaman awal kelas.
Cara Mengundang Murid ke Kelas yang Telah Dibuat di Google Classroom

Setelah kelas dibuat, kamu bisa langsung mengundang murid-murid untuk masuk ke kelas tersebut dan berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah 1 - Masuk ke menu people, klik Invite, lalu undang murid satu per satu dengan memasukkan alamat email mereka.
04 94768
  • Langkah 2 - Kamu juga bisa membagikan kode kelas kepada murid-murid kamu agar mereka bisa masuk sendiri tanpa diundang. Untuk melihat kode kelas klik menu stream, class code dapat langsung terlihat.
Cara Menggunakan Google Classroom di Laptop untuk Membuat Tugas

Selain membuay kelas, kamu tentunya bisa juga membuat tugas dan soal-soal langsung melalui browser dan betikut ini langkah-langkah selengkapnya.

  • Langkah 1 - Pilih menu Classwork, lalu klik tombol create, dan pilih assignment.
05 78b45
  • Langkah 2 - Isi instruksi sesuai dengan keperluan, dan kamu pun bisa menyisipkan file tambahan melali ikon attach. Klik Assign setelah semua selesai.
06 65db6

Untuk membuat soal, langkah-langhnya sebetulnya hampir sama, dan kamu bisa menyimak selengkapnya di bawah ini.

  • Langkah 1 - Pilih menu Classwork, lalu klik ikon create, dan ketika muncul pilihan pilih Quiz assignment.
07 87d98
  • Langkah 2 - Isi soal dan keterangan sesuai dengan yang diperlukan, lalu klik tombol assign setelah selesai.
08 A33e6
Cara Menggunakan Google Classroom di Laptop untuk Memeriksa Tugas yang Telah Dikumpulkan

Selain membuat, kamu juga bisa memeriksa tugas yang telah dikumpulkan melalui browser seperti Google Chrome, dan berikut ini langkah-langah yang bisa kamu ikuti untuk melakukannya.

  • Langkah 1 - Masuk ke menu Classwork lalu pilih tugas mana yang ingin kamu periksa, dan klik tugas tersebut.
09 8771b
  • Langkah 2 - Ketika di klik kamu akan melihat seberapa banyak siswa yang telah mengumpulkan tugas, lewat angka Turned ini. Untuk mengetahui lebih detail, klik angka ini.
10 Ff3e2
  • Langkah 3 - Pilih menu students answer untuk membuka jendela bar, dan di sini kamu bisa memeriksa tugas yang murid-murid kumpulkan.
11 25b6a

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa di HP juga Laptop

Selain untuk guru, Google Classroom juga tentunya bisa diakses oleh para siswa juga tetapi dalam ruang lingkup yang berbeda.

Maka dari itu cara menggunakan aplikasi Google Class Room untuk mahasiswa dan siswa pun akan berbeda dengan cara sebelumnya yang sudah dibahas khusus untuk guru.

Siswa juga bisa mengakses layanan Google Classroom lewat handphone maupun langsung dari laptop siswa, sesuai dengan keinginan.

Tutorial Menggunakan Google Classroom di HP untuk Siswa

Buat kamu yang tidak memiliki laptop, jangan berkecil hati karena Google Classroom bisa diakses sepenuhnya langsung dari handphone.

Cara menggunakan Google Classroom di HP untuk para siswa pun bisa dilakukan dengan cukup mudah, dan lebih simple ketimbang dengan yang dilakukan oleh guru.

Berikut ini beberapa pekerjaan pokok yang bisa kamu lakukan sebagai siswa ketika mengakses Google Classroom.

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa Bergabung ke dalam Kelas

Untuk masuk ke dalam sebuah kelas virtual yang dibuat oleh guru kamu sebelumnya, ada beberapa langkah yang harus kamu ikuti. Berikut langkah-langkah selengkapnya.

  • Langkah 1 - Download dan install aplikasi Google Classroom di HP kamu, dan untuk yang belum punya bisa langsung download dari link di bawah ini.
Google Classroom D6e2d
Google Classroom 6.1.065.00.44
Apps Productivity Google LLC
DOWNLOAD
  • Langkah 2 - Klik ikon plus yang ada di susut kanan bawah, lalu pilih join, dan masukkan kode kelas yang ingin kamu masuki.
10 20298

Jika kamu mendapatkan undangan via email ataupun via link dari guru kamu, kamu bisa langsung mengklik link tersebut dan secara otomatis akan langsung tergabung sebagai bagian kelas.

Tutorial Menggunakan Google Classroom untuk Mengerjakan Tugas

Ketika sudah tergabung ke dalam kelas, kamu akan bisa langsung mengerjakan berbagai tugas yang diberikan oleh guru kamu. Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara melakukannya.

  • Langkah 1 - Buka aplikasi Google Classroom, lalu masuk ke menu classwork, dan pilih tugas mana yang ingin dikerjakan.
07 C96d1
  • Langkah 2 - Setelah kolom tugas terbuka, baca instruksi yang diberikan oleh guru, isi sesuai dengan yang diperlukan.

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa di Laptop

Selain melalui aplikasi, kamu juga bisa mengakses berbagai macam fitur yang ada di dalam program Google Classroom langsung dari laptop.

Tanpa harus download program tambahan apapun, kamu bisa langsung mengakses tugas dan ikut bergabung dengan kelas yang dibuat guru kamu lewat browser.

Berikut ini cara menggunakan Google Classroom untuk siswa di laptop siswa dalam melakukan berbagai kegiatan.

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Siswa via Laptop Untuk Bergabung di Kelas

Selain di HP, kamu juga bisa langsung bergabung ke dalam kelas yang dibuat oleh guru kamu melalui browser seperti Google Chrome. Berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah 1 - Buka halaman Google Classroom di laptop kamu dengan mengakses https://classroom.google.com/ .

  • Langkah 2 - Untuk bergabung ke dalam kelas klik ikon plus yang terletak di kanan atas, lalu pilih Join class.

01 1f9bb
  • Langkah 3 - Masukkan class code sesuai dengan kode kelas yang dibuat oleh guru kamu, lalu tekan tombol join.
02 Cf652
Cara Menggunakan Aplikasi Google Classroom di Laptop untuk Mengerjakan Tugas

Untuk mengerjakan tugas, hal yang harus kamu lakukan sebetulnya sangat sederhana. Berikut ini langkah-langah selengkapnya.

  • Langkah 1 - Masuk ke halaman kelas lalu, pilih menu Classwork, lalu pilih tugas yang ingin diselesaikan.
03 2fe55
  • Langkah 2 - Setelah jendela baru terbuka, isi sesuai dengan yang diperlukan dan submit jawaban setelah dirasa yakin benar.
04 4e7fb

Akhir Kata

Itu dia cara menggunakan Google Classroom untuk guru dan siswa baik di HP ataupun laptop.

Rangkaian tips dari Jaka ini bisa kamu gunakan ketika mengerjakan berbagai macam kegiatan pembelajaran online di masa pandemi seperti sekarang ini.

Semoga informasi yang Jaka bagikan ini berguna untuk kalian semua, dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
10 Anti Virus Terbaik Untuk Pc Dan Laptop Dijamin Gratis Dan Bikin Bersih 9d2f6

10 Anti Virus Terbaik untuk PC dan Laptop, Dijamin Gratis dan Bikin Bersih!

Antivirus Android Terbaik Banner

10 Aplikasi Antivirus Android Terbaik Buat Smartphone Kamu

Cara Uninstall Bloatware Sekaligus Banner

Cara Uninstall Banyak Aplikasi Bawaan 'Bloatware' Android Sekaligus

Aplikasi Penghasil Uang D41e6

15 Aplikasi Penghasil Uang Tercepat 2020, Dijamin 100% Works

Aplikasi Belajar Bahasa Inggris 068bb

10 Aplikasi Belajar Bahasa Inggris Terbaik 2020 | Android & iOS!

10 Aplikasi Belajar Online Gratis Terbaik 2020 Makin Pintar Di Rumah F7c8e

10 Aplikasi Belajar Online Gratis & Terbaik 2020, Makin Pintar di Rumah!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Aplikasi Google untuk Kerja dan Belajar dari Rumah (WFH), Anti Ribet!

7 Aplikasi Google untuk Kerja dan Belajar dari Rumah (WFH), Anti Ribet!

Cara Mudah Mengubah Bahasa di Aplikasi Google Classroom di HP & PC

Cara Mudah Mengubah Bahasa di Aplikasi Google Classroom di HP & PC

Cara Menggunakan Google Meet di HP dan PC, Waktu Meeting Unlimited!

Cara Menggunakan Google Meet di HP dan PC, Waktu Meeting Unlimited!

Hati-Hati! 7 Aplikasi Buatan Google ini Ternyata Berbahaya untuk HP Android Kamu

Hati-Hati! 7 Aplikasi Buatan Google ini Ternyata Berbahaya untuk HP Android Kamu

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal