J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              5 Cara Menggunakan Gamepad di Android, Bisa Pakai Stik PS4!

              5 Cara Menggunakan Gamepad di Android, Bisa Pakai Stik PS4!

              00
              Kamis, 22 Agt 2019, 14:00 WIB
              Kamu ingin bermain game di Android menggunakan kontroler fisik? Bisa kok, berikut cara menghubungkan berbagai macam kontroler game ke HP Android kamu!

              Kamu suka bermain game di HP Android? Tapi gak cocok dengan tombol virtual?

              HP Android kini sudah banyak digunakan sebagai sebuah perangkat untuk bermain game. Tak heran kenapa banyak produsen yang mengembangkan HP gaming.

              Namun, saat bermain game di HP, kamu harus menggunakan tombol virtual. Gak semua orang suka dengan jenis tombol ini, mungkin kamu salah satunya.

              Gak usah khawatir, kamu dapat menggunakan game controller di Android. Yuk, simak cara selengkapnya berikut ini!

              Cara Menggunakan Game Controller di Android

              Game controller atau gamepad adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengontrol karakter atau objek dalam game. Perangkat ini memiliki jenis yang sangat beragam.

              Kamu dapat menemukan kontroler game dengan tombol yang simpel hingga kontroler multifungsi seperti milik Nintendo Switch. Setiap konsol game memiliki kontrolernya masing-masing.

              Teknologi yang digunakan pun berbeda dan disesuaikan dengan kebutuhan bermain pada konsolnya. Konektivitasnya pun semakin canggih dengan fitur menarik.

              Nah, ternyata kontroler game ini juga bisa digunakan untuk HP Android. Sehingga kamu jadi lebih mudah untuk bermain game RPG ataupun petualangan.

              Caranya pun cukup mudah, kamu bisa simak cara selengkapnya berikut ini tergantung dengan kontroler yang kamu gunakan:

              1. Menggunakan Controller USB

              Cara Menggunakan Game Controller Di Android 1 37e81

              Pertama adalah menggunakan kontroler game dengan kabel Micro USB. Kontroler ini adalah yang paling umum dan bisa kamu gunakan untuk berbagai macam perangkat.

              Kontroler ini pun bisa kamu beli dengan harga yang sangat terjangkau. Walau begitu, kamu akan tetap terganggu oleh kabel yang harus dicolokkan ke HP.

              Sayangnya, kebanyakan kontroler ini tidak menyediakan konverter USB atau USB OTG dalam kotak pembelian. Sehingga kamu harus membeli OTG yang sesuai dengan port konektivitas HP kamu.

              2. Menggunakan Controller Bluetooth

              Cara Menggunakan Game Controller Di Android 2 10608

              Selanjutnya adalah kontroler game dengan fitur bluetooth yang bisa dikoneksikan dengan perangkat gaming secara wireless. Kontroler jenis ini jauh lebih praktis dibandingkan dengan kontroler konvensional.

              Menghubungkan kontroler bluetooth dengan HP Android kamu sangat mudah. Sama seperti menyambungkan perangkat HP atau speaker dengan bluetooth, yaitu melakukan pairing.

              Cara untuk pairing pun sangat mudah, kamu tinggal masuk ke pengaturan bluetooth di HP lalu cari device terbaru. Kamu tinggal klik device kontroler kamu dan mulai proses pairing.

              Setelah itu, kontroler akan tersambung secara otomatis dan langusng bisa kamu gunakan.

              3. Menggunakan Controller Xbox One

              Cara Menggunakan Game Controller Di Android 3 6f741

              Selanjutnya adalah menyambungkan kontroler Xbox One ke HP. Kontroler ini selalu jadi salah satu kontroler favorit untuk digunakan dalam main game, entah di Android atau PC.

              Untuk menyambungkannya pun cukup mudah dan serupa dengan kontroler bluetooth. Namun, kamu harus mengatur kontroler Xbox One kamu terlebih dahulu.

              Pastikan bahwa kontroler kamu tidak sedang terhubung dengan konsol Xbox One, kamu tidak dapat menghubungkan HP kamu jika kontroler masih dalam keadaan terhubung dengan konsol.

              Untuk mulai menghubungkan, kamu nyalakan bluetooth di HP kamu dan pastikan berada dalam keadaan terlihat. Lalu, tahan tombol Sync yang ada pada kontroler Xbox One kamu.

              HP kamu akan mendeteksi kontroler dan tinggal kamu lakukan proses pairing. Harus kamu ketahui, hanya kontroler Xbox One terbaru yang memiliki fitur bluetooth.

              Cara Menggunakan Game Controller Di Android Xbox One 36c1e

              4. Menggunakan Controller PlayStation 4

              Cara Menggunakan Game Controller Di Android 4 B93ee

              Sama seperti kontroler lainnya yang menggunakan fitur bluetooth, gamepad PlayStation 4 ini juga bisa kamu sambungkan ke HP hanya dengan pairing perangkat.

              Playstation 4 selalu menggunakan kontroler dengan teknologi bluetooth, jadi kamu bisa menggunakan versi apapun agar bisa terhubung dengan HP.

              Cara untuk menyalakan pairing di kontroler PS4 kamu adalah dengan menahan tombol PlayStation dan Share secara bersamaan hingga lampu berwarna biru menyala di bagian atas kontroler.

              Kamu tinggal melakukan proses pairing dan bisa langsung kamu gunakan untuk bermain game.

              5. Menggunakan Controller Nintendo Switch Joy-Con

              Cara Menggunakan Game Controller Di Android 5 B4077

              Terakhir adalah menggunakan Joy-Con atau kontroler Nintendo Switch di HP kamu, yaitu menggunakan bluetooth. Kamu dapat menggunakan kedua Joy-Con ataupun salah satunya.

              Untuk mengatur Joy-Con kamu agar bisa pairing, tekan tombol Sync di sisi kontroler hingga lampu LED berkedip. Setelah itu, kamu bisa melakukan pairing di HP.

              Cara Menggunakan Game Controller Di Android Joycon 90837

              Selain itu, kamu juga bisa menyambungkan Joy-Con ke HP menggunakan adapter ditambah dengan USB OTG.

              Adapter yang bisa kamu gunakan adalah Mayflash Magic NS, aksesoris ini bisa kamu temukan di toko online dengan harga 450 ribuan rupiah.

              Sayangnya, adapter ini hanya menggunakan port Micro USB dan harus kamu konversikan ke tipe port HP kamu dengan menggunakan USB OTG.

              Akhir Kata

              Itu dia cara untuk menggunakan game controller di Android, dengan ini kamu bisa bermain lebih presisi dan gak terganggu dengan tombol virtual.

              Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

              Baca juga artikel seputar Kontroler Game atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal