J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Menggunakan Fitur Restricted Profile di Android

Cara Menggunakan Fitur Restricted Profile di Android

Selasa, 3 Sep 2013, 13:39 WIB
Cara Menggunakan Fitur Restricted Profile di Android untuk melindungi data penting ketika tablet dimainkan oleh si kecil.

Kemampuan untuk menambahkan profile pengguna pada tablet Android 4.2 ditambahkan Android versi 4.3 dengan fungsi baru yaitu restricted profiles . Secara umum, fitur ini memungkinkan kamu untuk mengatur akses aplikasi yang bisa digunakan oleh masing-masing pengguna. Fitur ini terutama berguna untuk orangtua yang mengijinkan anaknya bermain dengan perangkat tablet milik mereka.

Restricted Profile Add
Saat ini, fitur user profile tersedia untuk perangkat tablet. Untuk membuat profil user baru, buka Settings > Users > Add user or profile. Sebuah pop-up akan muncul, meminta kamu menentukan User , sebagai pengguna standard dengan pengaturan aplikasi dan data tersendiri, atau Restricted Profile yang aksesnya dibatasi oleh pemilik akun tersebut.

Tap pada pilihan Restricted Profile . Jika kamu tidak memiliki sistem keamanan seperti lockscreen, maka kamu akan diminta untuk membuatnya. Nah, kamu akan mendapatkan profil baru yang secara otomatis terbuka untuk dilakukan pengaturan sesuai keinginan kamu.

Restricted Profile Apps
Dari sini, kamu dapat melihat daftar aplikasi yang tersedia (waktu loading tergantung berapa banyak aplikasi yang ada di perangkat kamu). Terdapat tombol toggle on/ off untuk setiap aplikasi yang dapat dengan mudah kamu tap untuk diubah pengaturannya.
Restricted Profile Switch
Setelah melakukan pengaturan, kamu bisa berganti ke restricted profile dengan menekan tombol power untuk sleep, kemudian nyalakan kembali. Kamu juga bisa melakukannya melalui menu quick setting dan tap pada gambar profile untuk berganti profile pengguna.
Restricted Profile Lockscreen
Pada bagian settings, sepertinya belum ada pengaturan untuk membatasi restricted profile mengakses menu setting tablet. Menu settings tablet pada restricted profile memang lebih dibatasi, seperti tidak bisa menambah user account atau mengakses developer setting. Dalam restricted profile, kamu masih bisa menghapus data atau aplikasi dari menu atau dari home screen menggunakan drag and drop. Di sisi lain, restricted profile memungkinkan kamu untuk membatasi penggunanya dalam mengaktifkan NFC dan Bluetooth, untuk mencegah data transfer yang tidak kamu inginkan.

Meski merupakan fitur untuk membatasi penggunanya, namun sepertinya Restricted Profile masih kurang cocok untuk dijadikan andalan orangtua ketika membatasi anaknya bermain menggunakan tablet. Meski begitu, fitur ini lebih merupakan tindakan pencegahan agar data penting seperti contact atau data foto penting dari account utama tidak terganggu ketika digunakan oleh pengguna lain, terutama anak-anak.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software dan games terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Tips Keamanan Android

10 Tips Keamanan Android

Google Update Fitur "Designed for Tablet" di Play Store

Google Update Fitur "Designed for Tablet" di Play Store

Blackberry Messenger (BBM) Tidak Bisa Diinstall di Tablet Android dan iPad

Blackberry Messenger (BBM) Tidak Bisa Diinstall di Tablet Android dan iPad

5 Tips Facebook di Android

5 Tips Facebook di Android

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal