J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Menggunakan Body Temperature Diary, Biar Gak Kena Hoax Grup WA!

Cara Menggunakan Body Temperature Diary, Biar Gak Kena Hoax Grup WA!

Rabu, 8 Apr 2020, 15:30 WIB
Dapat pesan hoax tentang aplikasi Body Temperature Diary yang bisa ukur suhu tubuh? Simak dulu cara menggunakan Body Temperature sebenarnya, cek di sini!

Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19), tentu banyak orang khawatir dengan kondisi tubuhnya, apakah pernah atau sudah terpapar virus ini atau belum.

Nah, salah satu gejala virus Corona ini adalah tubuh akan mengalami demam tinggi dengan suhu 38 derajat Celcius ke atas, geng.

Dengan harga termometer yang kian melambung, banyak orang mencari alternatif mudah. Salah satunya adalah dengan download aplikasi pengukur suhu.

Baru-baru ini juga tengah ramai diperbincangkan sejenisnya yang bernama aplikasi Body Temperature Diary. Benarkah aplikasi ini bisa mengukur suhu tubuh atau hanya hoax?

Benarkan Aplikasi Body Temperature Diary Bisa Cek Suhu Tubuh?

Aplikasi Body Temperature Diary tengah ramai diperbicangkan karena disebarkan melalui sebuah pesan berantai (broadcast) yang berisikan kalau aplikasi ini bisa untuk mengukur suhu badan.

Broadcast Body Temperature Diary 7985d
Sumber foto: firstpost.com (Pesan berantai atau broadcast Body Temperature Diary banyak diperbincangkan di grup WA,apa kamu pernah mendapatkannya?)

Broadcast yang tersebar melalui WhatsApp, dan mungkin pernah kamu lihat di grup WA keluargamu ini berisi ajakan untuk mengunduh aplikasi ini lewat Google Play Store.

Pada broadcast itu juga dijelaskan bagaimana cara menggunakan Body Temperature di mana bisa mengukur suhu dengan menggunakan sensor sidik jari alias fingerprint, lho.

Dilansir dari Liputan6.com, kurang lebih isi pesan berantai mengenai aplikasi Body Temperature Diary seperti ini, geng.

Bagi rekan, keluarga alat infrared thermometer untuk mengukur suhu badan kita sekarang harganya melonjak tinggi selama ada wabah Corona untuk itu saya beri solusinya kita pakai saja alat yang kita punya yaitu hp android anda , anda tinggal buka play store dan ketik Body temperatur diary dan install aplikasi tersebut di hp anda, setelah terinstall di hp anda tinggal buka aplikasi tsb, setelah terbuka klik tulisan strat lalu nanti ada tulisan , ( Diary, Diagram,Analize,SIM ) disini anda tinggal pilih SIM lalu ada gambar sidik jari tinggal jari jempol anda tempelkan digambar itu nanti langsung ada hasilnya suhu badan kita hasilnya di CEL, itulah hasil suhu badan kita....sekian dan terima kasih , kiranya postingan saya ini bisa membantu anda untuk mendeteksi suhu badan kita yang berhubungan dengan wabah Corona ini.

Lalu apakah benar aplikasi Body Temperature Diary ini bisa mengukur suhu tubuh dengan menggunakan sensor fingerprint pada smartphone? Sudah jelas TIDAK BISA!

Bahkan saat kamu mengecek laman Google Play dari aplikasi ini tertuliskan sebuah disclaimer pada bagian deskripsinya.

Aplikasi Body Temperature Diary 33ab1
Sumber foto: play.google.com (Pengembang aplikasi Body Temperature Diary mengklaim dirinya tidak pernah menawarkan fitur pengukuran suhu tubuh lewat smartphone.)

Di mana Body Temperature Diary dibuat untuk memberikan catatan harian suhu tubuh pengguna dengan data terstruktur (dalam bentuk grafik dan diagram) yang dapat dilakukan secara mandiri.

Yang mana artinya, kamu harus melakukan input manual setelah melakukan pengukuran suhu tubuh dengan termometer untuk dicatatkan ke dalam aplikasi Body Temperature Diary.

Body Temperature Diary juga memberikan informasi mengenai suhu tubuh normal yang berkisar antara 36.5-37.5 derajat Celcius.

Sementara jika suhu di bawah 35 derajat akan dikategorikan sebagai hipotermia dan jika suhu di atas 37.5 derajat Celcius maka akan dikategorikan sebagai demam.

Lalu bagaimanakan sebenarnya cara menggunakan Body Temperature Diary untuk memonitor suhu tubuhmu? Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Begini Cara Menggunakan Aplikasi Body Temperature Diary yang Sebenarnya

Hingga saat ini, smartphone belum mampu dibekali dengan fitur pengukur suhu tubuh karena perhitungannya yang kurang akurat.

Hp Samsung Termometer 1af9b
Sumber foto: phonearena.com (Samsung Galaxy Note 3 pernah memiliki fitur termometer namun hasilnya dinilai kurang akurat. Gimana kalau fitur ini dikembangkan lagi?)

Dilansir dari PhoneArena, Samsung melalui Galaxy S4 dan Galaxy Note 3 pernah menerapkan ini, yang berakhir menjadi fitur gagal karena penggunaannya yang kurang praktis dan suhunya kurang akurat.

Makanya sebenar-benarnya pengukuran suhu tubuh adalah dengan menggunakan termometer, baik termometer air raksa atau termometer digital yang harganya cukup terjangkau.

Kamu pun bisa juga ikuti cara menggunakan aplikasi Body Temperature Diary untuk memonitor suhu tubuhmu secara rutin seperti ini, geng.

Langkah 1 - Download Aplikasi Body Temperature Diary

  • Pertama kamu bisa download Body Temperature Diary untuk smartphone Android yang bisa kamu dapatkan pada tautan di bawah ini.

Download Body Temperature Diary via Google Play Store

Langkah 2 - Ukur Suhu Tubumu

  • Sebelum pergi ke aplikasi Body Temperature, kamu bisa melakukan pengukuran suhu tubuh sendiri menggunakan termometer yang kamu miliki. Jangan lupa ingat-ingat berapa suhu tubuhmu ya!
  • Kemudian buka aplikasi Body Temperature Diary yang sudah terpasang. Nah, pada tab Diary kamu bisa menambahkan catatan terbaru dengan ketuk ikon "+" > Body Temperature Entry.
Cara Menggunakan Aplikasi Body Temperature Diary 01 819fd

Langkah 3 - Masukkan Pengukuran Suhu Tubuh

  • Lalu kamu tinggal masukkan hasil pengukuran suhu tubuhmu tadi dengan menggeser slider pada bagian Celcius yang umum digunakan di Indonesia. Ada juga catatan mengenai detak nadi pada bagian Pulse.
  • Kamu juga bisa menambahkan tag, misal waktu pengukuran, kondisi tubuh saat itu, dan lainnya pada kolom yang tersedia. Jika sudah kamu tinggal ketuk Insert.
Cara Menggunakan Aplikasi Body Temperature Diary 02 79532

Langkah 4 - Analisa Suhu Tubuh

  • Aplikasi Body Tempeteratur Diary ini juga memiliki dua fitur untuk melakukan analisa mandiri mengenai kondisi kesehatanmu.
  • Kamu bisa melihat tab Diagram untuk melihat perkembangan suhu harian, bulanan, hingga tahunan. Ada juga tab Analyze yang bisa menganalisa suhu tubuh, baik dalam keadaan sehat atau kurang sehat.
Cara Menggunakan Aplikasi Body Temperature Diary 03 428b7

Langkah 5 - Atur Pengukuran Suhu Rutin (Opsional)

  • Apabila kamu tertarik untuk menggunakan aplikasi Body Temperature Diary secara rutin, kamu bisa melakukan penjadwalan harian dengan memanfaatkan aplikasi kalender di smartphone kamu.
  • Caranya kamu ketuk ikon "+" > Calendar Entry. Kemudian masukkan tanggal dan waktu pengukuran yang kamu inginkan.
  • Kamu juga bisa mengatur penjadwalan harian dengan aktifkan opsi Schedule event every day?, lalu ketuk Insert untuk memasang pengingat di aplikasi kalendermu, geng.
Cara Menggunakan Aplikasi Body Temperature Diary 04 7f503

Video: Wajib Tahu! Begini Cara Mudah Deteksi Virus Corona Lewat HP Kamu

Akhir Kata

Nah, begitulah kurang lebih penjelasannya biar kamu tidak termakan hoax dan paham bagaimana cara menggunakan aplikasi Body Temperature Diary secara tepat.

Jaka ingatkan lagi, agar selalu saring informasi terlebih dulu sebelum sharing ke orang di sekitarmu agar informasi hoax tidak mudah menyebar, geng.

Tetap jaga kesehatanmu dan sampai jumpa lagi di artikel JalanTikus berikutnya. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Corona atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Cek Penyebaran Virus Corona Dan Kondisi Terkini Indonesia 1761a

Cara Deteksi Corona Indonesia di HP Lewat Situs & Peta Sebaran (Update Kondisi Terkini)

2c60223169fd66d3962f9f3c354081824d2914c5 2880x1620 Custom 97978

Bill Gates Pernah Ramalkan Virus Corona 5 Tahun Lalu? Ini Faktanya!

Aplikasi Pengukur Suhu Tubuh Udara Banner 9607a

10 Aplikasi Pengukur Suhu (Termometer), untuk Suhu Tubuh & Ruangan!

Aplikasi Nonton Bareng F5d67

Aplikasi Nonton Bareng di HP + Cara Menggunakannya, Tetap Dekat Sama Pacar!

Page 86e1b

7 Aplikasi Ini Gratiskan Layanan Premiumnya Selama Wabah Corona

Banner Jadi 1dc06

7 Anime Tentang Penyebaran Virus Mematikan, Mirip Coronavirus!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Aplikasi Pengukur Suhu (Termometer), untuk Suhu Tubuh & Ruangan!

10 Aplikasi Pengukur Suhu (Termometer), untuk Suhu Tubuh & Ruangan!

5 Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Terbaru 2020, Tanpa Root!

5 Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Terbaru 2020, Tanpa Root!

7 Aplikasi Super Canggih yang Jarang Diketahui, Bermanfaat dan Gratis!

7 Aplikasi Super Canggih yang Jarang Diketahui, Bermanfaat dan Gratis!

4 Cara Menggandakan Aplikasi di HP Android Paling Mudah dan Praktis

4 Cara Menggandakan Aplikasi di HP Android Paling Mudah dan Praktis

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal