J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Cara Menggabungkan Beberapa File PDF Jadi Satu (Bisa Pake Android Doang!)

              Cara Menggabungkan Beberapa File PDF Jadi Satu (Bisa Pake Android Doang!)

              00
              Selasa, 29 Jan 2019, 12:00 WIB
              Sering kali kita butuh menyatukan beberapa file PDF jadi satu. Tapi, gimana caranya? Simak panduan lengkap cara menggabungkan PDF, bisa pake HP atau PC.

              Kamu tentu sering menggunakan file PDF dalam mengerjakan berbagai tugas sekolah maupun pekerjaan kantor.

              Jenis file ini begitu populer digunakan oleh mahasiswa hingga pegawai kantor karena kelebihannya. Sebut saja fleksibilitas yang dimiliki, sehingga PDF bisa diakses bahkan melalui browser.

              Nah, bagaimana jika kita punya beberapa dokumen yang harus digabungkan menjadi satu file PDF? Sudah tahu caranya?

              Apa Itu PDF

              Portable Document File atau disingkat PDF adalah sebuah format berkas digital yang dibuat oleh Adobe Systems pada tahun 1993.

              File PDF memungkinkan kita memiliki dokumen elektronik tanpa peduli platform apa yang kita gunakan. File jenis ini bisa dibuka dengan aplikasi maupun melalui browser.

              PDF memiliki banyak hal yang tidak dimiliki oleh format file lain, karena pada file PDF bisa terdiri dari link, tombol, audio, hingga video. Bahkan, kamu bisa membubuhkan tandatangan elektronik pada file PDF-mu.

              PDF termasuk ke dalam jenis file vektor, yang membuat file ini tidak akan pecah ketika diperbesar. Akan tetapi, PDF juga bisa termasuk ke dalam file raster ketika kamu membuat file PDF dari hasil scan.

              File PDF akan berguna terutama untuk dokumen-dokumen yang memiliki elemen grafis yang cukup banyak dan bervariasi, misalnya artikel majalah dan brosur.

              Kelebihan Menyimpan File Dalam Bentuk PDF

              Terkadang, ketika kita membuka file di laptop orang lain yang memiliki software berbeda dari yang kita miliki, beberapa item akan berubah atau berpindah posisi.

              Sebagai contoh, ketika file presentasi kita yang menggunakan Powerpoint dibuka menggunakan aplikasi lain, maka besar kemungkinan akan ada banyak tabel ataupun chart yang berubah karena formatnya yang berbeda.

              Nah, jika kamu menggunakan PDF, hal tersebut tidak akan terjadi.

              PDF akan tetap mempertahankan file dalam bentuk aslinya, tak peduli dibuka pada platform ataupun aplikasi apapun.

              Karena keunggulannya inilah, banyak orang yang memilih format PDF. Tidak hanya itu, PDF juga masih memiliki segudang keunggulan, antara lain:

              • Kenyamanan: PDF mudah dibuat, dibaca, dan digunakan oleh semua orang. Apalagi, kini tersedia begitu banyak aplikasi editor maupun viewer file PDF.

              • Keamanan: PDF menyediakan opsi untuk mengatur keamanan filemu dengan berbagai tingkatan. Hal ini sangat penting apabila kamu memiliki file penting yang harus dijaga kerahasiaannya.

              • Ringkas: Secara teori, file PDF bisa berisi informasi dalam jumlah yang tak terbatas. Kamu tak perlu khawatir ukuran file-mu akan kelewat besar, karena file PDF bisa dikompres agar kamu bisa mengirim atau menerima file lebih cepat.

              • Multi-Dimensi: Seperti yang sudah disebutkan di atas, file PDF bisa berisikan berbagai macam hal yang terintegrasi, mulai dari teks, audio, hingga animasi. Semua elemen tersebut bisa digabungkan ke dalam satu file PDF yang sama.

              Kekurangan File PDF

              Tentu selain kelebihan, PDF juga memiliki beberapa kekurangan yang kamu harus tahu. Tujuan awal dibuatnya file PDF adalah mempermudah kita untuk membaca dokumen di mana pun.

              Karena tujuan awalnya adalah seperti itu, bisa dibilang mengedit file PDF sulit dilakukan. Kamu akan merasa kesusahan apabila ingin meng-copy tabel dari PDF.

              Selain itu, sebenarnya file PDF memiliki beberapa tipe yang berbeda. Nah, untuk tipe-tipe file PDF ini akan Jaka bahas di poin selanjutnya nih geng!

              Tipe-Tipe File PDF

              Mungkin kamu belum tahu bahwa sebenarnya file PDF memiliki beberapa tipe sesuai dengan bagaimana file tersebut dibuat.

              Tapi kamu enggak perlu bingung geng, karena Jaka akan jelaskan beberapa tipe file PDF.

              1. Digitally Created PDFs

              Yang pertama adalah Digitally Created PDFs atau sering juga disebut sebagai True PDFs. File ini tercipta dengan menggunakan software tertentu seperti Microsoft Word.

              File PDF yang satu ini terdiri dari teks dan gambar. Aplikasi file PDF-mu akan mengenali dua bagian (teks dan gambar) pada file ini.

              2. Scanned PDFs

              Selanjutnya adalah file PDF yang dibuat setelah kita melakukan scanning pada dokumen tertentu. Misal, Kartu Keluarga, NPWP, maupun Akte Kelahiran. File yang seperti ini disebut sebagai Scanned PDFs.

              Bedanya dengan tipe sebelumnya adalah, sering kali teks yang terdapat pada file tidak bisa dideteksi. Ini karena aplikasi kita membaca file PDF jenis ini sebagai file gambar.

              Akibatnya, kita tidak akan bisa mengubah atau menyeleksi teks yang ada di file PDF ini. Dibutuhkan langkah-langkah dan aplikasi khusus agar kamu bisa membuat teks yang ada di Scanned PDF-mu terdeteksi sebagai teks.

              3. Searchable PDFs

              Lantas, bagaimana cara agar teks pada Scanned PDFs dapat dideteksi sebagai teks? Caranya dengan menggunakan aplikasi OCR alias Optical Character Recognition.

              Aplikasi ini akan melakukan proses pengenalan teks, karakter, dan struktur dokumen. Setelah menemukan teks pada dokumen, aplikasi ini akan menambahkan lapisan baru pada file PDF kita.

              Dengan adanya lapisan yang berisikan teks ini, kita bisa melakukan berbagai hal seperti menyalin ataupun mencari teks yang kita butuhkan.

              Cara Membuka dan Mengedit File PDF

              Agar bisa menggunakan file PDF, kamu membutuhkan aplikasi tertentu geng. Untuk smartphone, kamu bisa menggunakan aplikasi PDFelement ataupun Xodo.

              Jika di PC, kamu memerlukan aplikasi seperti Adobe Acrobat Reader atau Foxit Reader. Tapi kebanyakan browser seperti Google Chrome ataupun Opera juga bisa membuka file PDF kok.

              Hanya saja, kita tidak bisa melakukan editing apabila menggunakan browser, sehingga pilihan yang terbaik adalah menggunakan aplikasi khusus yang sudah Jaka sebutkan di atas.

              Dengan aplikasi, kamu bisa melakukan berbagai hal terhadap file PDF-mu. Salah satunya adalah menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file PDF.

              Cara Menggabungkan PDF dari Beberapa File yang Terpisah Menjadi Satu File

              Banyak cara yang tersedia untuk menggabungkan file-file PDF, mulai dengan menggunakan aplikasi hingga mengunjungi situs tertentu. Bahkan kamu bisa melakukannya melalui ponselmu, loh!

              Tenang, Jaka akan menjelaskan satu persatu dengan jelas, sehingga kamu bisa memilih metode mana yang bisa kamu gunakan.

              Buat kamu yang enggak tahu cara mengecilkan ukuran file PDF, kamu bisa langsung aja baca artikel di bawah ini ya!

              Cara Memperkecil Ukuran Pdf 5a672
              Cara Memperkecil Ukuran File PDF | Online & Offline
              Kalau file PDF-mu terlalu besar, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan ukuran file PDF, baik secara online maupun tanpa internet. Cek di sini.
              LIHAT ARTIKEL

              1. Cara Menggabungkan File PDF Offline di PC

              Yang pertama, Jaka akan memberi tahu cara menyatukan file PDF di komputer menggunakan aplikasi offline. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk itu.

              Menggabungkan File PDF dengan Adobe Reader

              Sebagai pengembang format PDF, tentu Adobe juga menyediakan aplikasi untuk mengolah file tersebut. Adobe Reader adalah nama aplikasinya.

              Caranya cukup mudah. Kamu tinggal download aplikasinya di bawah ini. Setelah itu, kamu cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

              Download: LINK

              1. Setelah selesai terinstal, klik tab Tools yang terletak di sebelah pojok kiri aplikasi
              Cara Menggabungkan File Pdf Dengan Adobe Reader 1 Acc58
              Sumber foto: digitaltrends.com
              1. Klik tombol Combine Files
              Cara Menggabungkan File Pdf Dengan Adobe Reader 2 F86fa
              Sumber foto: digitaltrends.com
              1. Klik tombol Add Files yang berwarna biru untuk menambahkan file-file PDF yang akan ingin kamu jadikan satu
              Cara Menggabungkan File Pdf Dengan Adobe Reader 3 23047
              Sumber foto: digitaltrends.com
              1. Setelah selesai memilih file, pilih tombol Combine
              Cara Menggabungkan File Pdf Dengan Adobe Reader 4 75f18
              Sumber foto: digitaltrends.com
              1. File PDF-mu telah selesai digabungkan. Sekarang kamu harus menyimpan file tersebut di folder yang kamu inginkan dengan menekan tab File > Save As
              Cara Menggabungkan File Pdf Dengan Adobe Reader 5 2ac9e
              Sumber foto: digitaltrends.com

              Sayangnya, aplikasi ini bukanlah freeware sehingga kamu harus membeli lisensi aplikasi ini. Kamu hanya diberi waktu trial selama 30 hari.

              Cara Menggabungkan PDF dengan Foxit Reader

              Aplikasi selanjutnya adalah dengan menggunakan Foxit Reader, atau yang sekarang bernama Foxit Phantom PDF. Aplikasi ini lumayan populer dan banyak digunakan di seluruh dunia.

              Kamu bisa download aplikasinya melalui link yang udah Jaka taruh di bawah ini. Cara menggabungkan filenya juga enggak kalah mudah kok.

              Download: LINK

              1. Pilih File > Create > From Multiple Files
              Cara Menggabungkan File Pdf Dengan Foxit Reader 1 Ba67d
              Sumber foto: pugetsound.edu
              1. Tunggu window baru muncul. Pada bagian bawah window tersebut, centang Merge multiple files into a single PDF file
              Cara Menggabungkan File Pdf Dengan Foxit Reader 2 Decb9
              Sumber foto: pugetsound.edu
              1. Untuk menambahkan file, klik Add Files... hingga semua file yang ingin digabungkan telah diunggah ke Foxit Reader
              Cara Menggabungkan File Pdf Dengan Foxit Reader 3 661a2
              Sumber foto: pugetsound.edu
              1. Setelah semua file berhasil di-upload, kamu bisa mengurutkan atau menghapus filemu
              Cara Menggabungkan File Pdf Dengan Foxit Reader 4 6e95b
              Sumber foto: pugetsound.edu
              1. Ketika selesai mengatur, klik Convert. Nanti akan muncul window baru untuk menentukan di manakah kamu akan menyimpan file tersebut
              Cara Menggabungkan File Pdf Dengan Foxit Reader 5 Ca6cb
              Sumber foto: pugetsound.edu

              Sama seperti Adobe Reader, Foxit PhantomPDF juga aplikasi berbayar, sehingga kamu hanya bisa menikmatinya ketika masa trial.

              2. Cara Menggabungkan File PDF Gratis Tanpa Software

              Jika kamu memiliki koneksi internet yang mumpuni, kamu bisa memanfaatkan berbagai situs yang dapat menggabungkan beberapa file untuk dijadikan satu PDF.

              Menggabungkan File PDF Melalui pdfmerge.com

              Kamu cukup melakukan dua langkah untuk menyatukan beberapa file menjadi satu file PDF. Kamu bisa buka websitenya melalui link berikut.

              1. Upload file PDF-mu dengan menekan tombol Choose File. Klik More Files jika file yang ingin kamu gabungkan lebih dari empat
              Cara Menggabungkan File Pdf Online 1 B9e55
              Sumber foto: pdfmerge.com
              1. Setelah selesai memilih file, tekan tombol Merge Files
              Cara Menggabungkan File Pdf Online 2 Dfa4d
              Sumber foto: pdfmerge.com

              Menggabungkan File PDF Melalui combinepdf.com

              Website lain yang bisa kamu manfaatkan untuk menggabungkan dokumenmu yang berformat PDF adalah combinepdf.com. Website ini sudah mendukung bahasa Indonesia, loh! Caranya juga mudah.

              1. Pertama, unggah semua file yang ingin kamu gabungkan. Kamu bisa mengunggah hingga 20 file sekaligus.
              Cara Menggabungkan File Pdf Online 3 B2ad3
              Sumber foto: combinepdf.com
              1. Setelah selesai upload, kamu bisa menekan tombol Gabungkan. Tunggu hingga selesai, filemu akan terunduh secara otomatis
              Cara Menggabungkan File Pdf Online 4 57437
              Sumber foto: combinepdf.com

              3. Cara Menggabungkan File PDF di Android

              Kamu enggak punya laptop tapi butuh menggabungkan beberapa PDF menjadi satu file? Tenang, kamu masih bisa melakukannya di ponsel Android kamu kok.

              Atau kamu mau mengganti format file PDFmu ke Word? Jaka punya caranya, langsung aja cek artikel di bawah ini!

              Cara Mengubah Pdf Ke Word Banner E7cfd
              Cara Mudah Mengubah File PDF Ke Word, Cuma 3 Detik!
              Mau convert file PDF ke Word dengan mudah? Nih, kamu tinggal ikuti cara mengubah PDF ke Word di HP Android dan PC, baik online dan offline (update 2019).
              LIHAT ARTIKEL

              Cara Menggabungkan PDF dengan PDFelement

              Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah PDFelement. Kamu bisa download aplikasi tersebut pada link di bawah ini.

              Download: LINK

              Setelah selesai, buka aplikasi dan ikuti langkah-langkah berikut ini:

              1. Upload file PDF yang ingin kamu gabungkan. Klik ikon yang terletak di pojok kanan atas untuk masuk ke edit mode.
              Cara Menggabungkan File Pdf Di Android 7 B05d3
              Sumber foto: pdf.wondershare.com
              1. Pilih dua atau lebih file yang ingin kamu gabungkan. Klik ikon combine yang ada di bagian atas
              Cara Menggabungkan File Pdf Di Android 8 7feed
              Sumber foto: pdf.wondershare.com

              Cara Menggabungkan PDF dengan Xodo

              Aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk menyatukan PDF adalah Xodo. Kamu bisa unduh aplikasi ini di bawah:

              Download: LINK

              Xodo merupakan salah satu aplikasi pembaca PDF yang memiliki nilai tinggi di Play Store (4.7). Lalu, bagaimana cara menggabungkan file dengan aplikasi ini? Yuk, langsung disimak saja.

              1. Klik tombol + yang mengapung di sudut kanan bawah
              Cara Menggabungkan File Pdf Di Android 1 Af43a
              Sumber foto: feedback.xodo.com
              1. Klik PDF from Documents
              Cara Menggabungkan File Pdf Di Android 2 F7671
              Sumber foto: feedback.xodo.com
              1. Pilih beberapa file yang ingin kamu satukan, lalu klik Merge
              Cara Menggabungkan File Pdf Di Android 3 90c74
              Sumber foto: feedback.xodo.com
              1. Klik tombol merge yang terletak di sudut pojok bawah
              Cara Menggabungkan File Pdf Di Android 4 127ca
              Sumber foto: feedback.xodo.com
              1. Beri nama file, lalu klik Merge
              Cara Menggabungkan File Pdf Di Android 5 C7bc0
              Sumber foto: feedback.xodo.com
              1. Pilih lokasi folder untuk menyimpan file PDF-mu, selesai!
              Cara Menggabungkan File Pdf Di Android 6 2ebdd
              Sumber foto: feedback.xodo.com

              Akhir Kata

              Itulah berbagai cara menggabungkan file PDF di berbagai perangkat, baik laptop, handphone, hingga tablet. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu ya!

              Baca juga artikel seputar PDF atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal