Cara Mengetahui WA Disadap, Kenali Ciri-ciri dan Langkah Mengatasinya!

Default

Cara mengetahui WA disadap sepertinya jadi ilmu wajib untuk para pengguna media sosial yang satu ini. Tentu saja, agar privasi WhatsApp kita tetap terjaga dan tidak bocor ke tangan oknum jahil.

Kebanyakan orang menyadap media sosial pasangan, kerabat, atau anggota keluarganya untuk membuktikan asumsi mereka. Misalnya, seorang istri yang curiga suaminya selingkuh atau orang tua yang curiga anaknya berbuat hal melanggar hukum.

Namun, banyak juga yang melakukan penyadapan hanya untuk iseng dan jahil. Hal ini jelas mengganggu dan merugikan privasi pemilik WhatsApp.

Nah, kamu bisa mengikuti beberapa cara mengetahui WA disadap untuk mengecek apakah WhatsAppmu dibuntuti oleh orang lain atau tidak. Jaka juga akan memberikan tips agar WhatsAppmu tidak mudah disadap. Simak selengkapnya di bawah!

Ciri-ciri WA yang Disadap

Ciri Ciri WA Disadap
Sumber foto: Ciri-ciri WA yang Disadap

Cara mengetahui WA disadap jarak jauh pertama bisa kamu lakukan dengan mengenali ciri-ciri WhatsApp yang kena sadap. Kalau beberapa hal di bawah ini terjadi di perangkatmu, kamu patut curiga dan harus segera menghentikannya. Intip ciri-ciri lengkapnya di bawah.

1. Mendapatkan Pesan OTP

Kalau kamu mendapatkan pesan berisi One Time Password dari WhatsApp padahal kamu nggak mencoba log out atau log in, kamu perlu waspada. Bisa saja, ada orang yang mencoba masuk ke akunmu.

Jangan serahkan OTP tersebut kepada siapapun. Kalau bisa, pesan OTP-nya tidak usah dibuka. Jika ada yang menelponmu untuk meminta kode OTP, jangan pernah berikan, ya!

2. Tiba-tiba Log Out dari WhatsApp

Nah, kalau akun WhatsApp kamu tiba-tiba log out sendiri, bisa jadi ada orang yang berhasil membobol akunmu. Dia sudah masuk dan bisa mengakses seluruh percakapan serta kontak penting di sana.

Tetap tenang dan jangan panik, ya! Kamu bisa memberi tahu dulu teman-teman dan kerabatmu lewat media sosial lain kalau WhatsAppmu kena retas. Jadi, mereka juga bisa berhati-hati.

3. Baterai HP Cepat Habis

Cara mengetahui WA disadap di Android berikutnya ialah dengan melihat kapasitas baterai HP. Kalau kamu merasa baterai HP cepat habis padahal tidak menginstal banyak aplikasi atau melakukan aktivitas berat, mungkin saja ini karena WhatsAppmu tengah disadap.

Penyebabnya, aplikasi WhatsApp selalu aktif dan terbuka meskipun kamu sedang tidak menggunakannya. Jelas saja, soalnya yang membuat WhatsAppmu aktif adalah si penyadap.

4. Pesan Tiba-tiba Sudah Terbaca

Pernah tidak, kamu merasa belum membaca pesan dari teman tapi kolom pesannya sudah terbuka? Mungkin ini ulah penyadap yang membuka pesan tanpa sepengetahuanmu.

Kalau satu atau dua kali, mungkin kamu yang lupa sudah membukanya. Tapi kalau sudah berkali-kali dan sangat sering, besar kemungkinan WhatsAppmu sedang disadap.

5. Pesan Terkirim Tanpa Sepengetahuanmu

Sama seperti kasus pesan yang tiba-tiba sudah terbaca, kamu mungkin saja pernah lupa sudah mengirim pesan WhatsApp ke teman. Tapi kalau kamu merasa terlalu banyak pesan yang terkirim tanpa sepengetahuanmu, sudah pasti ini perbuatan si penyadap.

6. Tidak Dapat Melakukan Panggilan

Jika kamu tidak bisa melakukan panggilan WhatsApp, mungkin saja hal itu disebabkan penyadap yang sedang melakukan panggilan menggunakan akunmu. Namun, hal ini jarang terjadi karena akun WhatsApp tidak akan bisa log in di 2 perangkat.

Cara Mengatasi WhatsApp yang Disadap

Cara Mengatasi WA Disadap
Sumber foto: Cara Mengatasi WhatsApp yang Disadap

Nah, kalau di akun WhatsAppmu terdapat satu atau bahkan lima ciri-ciri WhatsApp disadap di atas, kamu perlu segera menghentikan hal ini! Ada tiga cara yang bisa Jaka rekomendasikan untuk kamu, silakan cek di bawah ini.

1. Hapus Perangkat Terhubung di WhatsApp

  • Buka WhatsApp
  • Ketuk tiga titik di kanan atas WhatsApp
  • Ketuk Linked Device
  • Hapus semua perangkat yang terhubung

2. Instal Ulang WhatsApp

  • Hapus WhatsApp yang ada di perangkat saat ini
  • Instal ulang WhatsApp. Klik di sini untuk mengunduh aplikasinya
  • Masukkan nomor HP yang terdaftar
  • Input kode OTP yang dikirim ke nomor HP
  • Jika gagal, tunggu 12 jam sebelum meminta kode OTP baru
  • Jika sudah berhasil log in, langsung ketatkan proteksi WhatsApp

3. Hubungi Pihak WhatsApp

Kamu juga bisa melaporkan kronologi penyadapan yang kamu alami ke contact center WhatsApp di email support@WhatsApp.com. Tuliskan kapan kamu pertama kali mencurigai adanya aktivitas penyadapan, berapa kali, dan seterusnya dengan jelas.

Nantinya, pihak WhatsApp akan melakukan investigasi terkait kasus penyadapan yang kamu alami. Semakin cepat lapor, semakin cepat ditangani!

Tips Mencegah Agar WhatsApp Tidak Disadap

Tips Agar WA Tidak Bisa Disadap
Sumber foto: Tips Mencegah Agar WhatsApp Tidak Disadap

Setelah membaca ciri-ciri WA disadap dan cara mengatasinya di atas, kamu bisa melakukan tips pencegahan di bawah ini biar akun WhatsAppmu nggak mudah disadap dan diretas. Lakukan semuanya untuk memperketat pengamanan akunmu, ya!

1. Aktifkan Two-step Verification

Dengan verifikasi dua langkah, akun WhatsApp kamu bisa lebih terlindungi. Nantinya, ketika log in, kamu tidak hanya diminta untuk memasukkan kode OTP, tapi enam digit PIN tambahan yang sudah kamu atur. Begini cara mengaktifkan metode ini:

  1. Buka WhatsApp
  2. Ketuk tiga titik di kanan atas WhatsApp
  3. Ketuk Account
  4. Ketuk Two-step Verification
  5. Ketuk Enable
  6. Masukkan enam digit PIN yang kamu inginkan
  7. Konfirmasi enam digit PIN tersebut
  8. Masukkan email untuk pemulihan PIN jika lupa
  9. Konfirmasi email
  10. Selesai!

2. Kunci WhatsApp dengan Fingerprint Lock

Jika fitur ini diaktifkan, tiap kali kamu membuka WhatsApp, kamu harus memindai sidik jarimu. Akunmu pun akan lebih terproteksi. Begini cara mengaturnya:

  1. Buka WhatsApp
  2. Ketuk tiga titik di kanan atas WhatsApp
  3. Ketuk Account
  4. Ketuk Privacy
  5. Ketuk Fingerprint lock
  6. Geser Unlock with Fingerprint dari OFF jadi ON
  7. Tempelkan sidik jari untuk konfirmasi
  8. Selesai!

3. Kurangi Penggunaan WiFi Publik

WiFi publik, apalagi yang gratisan, berpotensi menggali celah keamanan data media sosialmu, termasuk WhatsApp. Soalnya, jaringan seperti ini sangat terbuka sehingga siapapun bisa mengaksesnya, tak terkecuali para peretas atau penyadap.

Kalau bisa, kurangi penggunaan WiFi publik dan gunakan data ponsel saja. Jika memang sangat butuh, usahakan jangan terlalu sering membuka WhatsApp.

4. Jangan Unduh WhatsApp dari Platform Pihak Ketiga

Seperti yang kamu tahu, WhatsApp resmi hanya tersedia di Google Play Store. Di luar itu, sudah pasti tidak terjamin keamanannya.

Jaka tidak menyarankan kamu mengunduh aplikasi WhatsApp dari platform pihak ketiga meskipun versinya original. Kamu juga sebaiknya tidak mengunduh WhatsApp MOD APK, GBWhatsApp, atau aplikasi sejenis jika ingin datamu tetap aman.

Akhir Kata

Demikian beberapa cara mengetahui WA disadap lengkap dengan ciri-cirinya, cara mengatasinya, dan tips agar tidak jadi korban penyadapan. Lakukan pengamanan sekarang juga!

Yang penting, jangan panik kalau kamu tahu WhatsAppmu disadap. Jangan pernah berikan data penting ke orang lain. Jika ada yang mengancam, segera lapor ke polisi. Selamat mencoba!

Baca juga artikel Tips, Tech Hack, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal