J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Mengetahui Orang Lain Mencuri WiFi Kamu, Biar Gak Kecolongan Terus!

Cara Mengetahui Orang Lain Mencuri WiFi Kamu, Biar Gak Kecolongan Terus!

Selasa, 20 Jun 2017, 12:00 WIB
Kita mungkin sering penasaran apakah ada yang menggunakan WiFi kita secara diam-diam. Karena terkadang kecepatan **WiFi** menjadi sering lambat

Kita mungkin sering penasaran apakah ada yang menggunakan WiFi kita secara diam-diam. Karena terkadang kecepatan WiFi menjadi sering lambat. Ini juga bisa karena internet provider Indonesia yang memang lemot. Tapi terlepas dari itu, kemungkinan ada yang menggunakan WiFi tanpa seizin kita juga bisa terjadi.

Kemungkinan terburuk bisa saja ada seseorang yang sengaja memperlambat jaringan kita atau ingin mengintip apa yang sedang kita lakukan secara online atau mencuri file di komputer. Maka dari itu kita perlu memeriksanya sendiri apakah ada perangkat asing yang terhubung ke WiFi kita selama ini. Bagaimana caranya? Yuk, simak tips berikut ini.

BACA JUGA
  • 5 Cara Hack WiFi yang Terbukti Ampuh Hingga Saat Ini
  • 10 Cara Mendapatkan WiFi Gratis di Manapun & Kapanpun, Gampang!
  • Cara Menghentikan Pencuri WiFi dan Menangkapnya

Cara Mengetahui Orang Lain Mencuri WiFi Kamu

1. Cek Halaman Admin Router

748c9cbfaf736eb8bddd81a17f4d304a
Salah satu cara terbaik untuk melihat perangkat apa yang terhubung ke jaringan kita adalah melalui halaman admin router. Kita bisa memulai dengan memeriksa terlebih dahulu daftar client-DHCP nya.

Di situ seharusnya akan tampil perangkat apa saja yang terhubung ke jaringan WiFi. Bagaimana cara masuk halaman admin router? Kita bisa melihat informasi akun administrator melalui buku petunjuk manual yang disediakan di dalam kotak dus router. Gunakan akun tersebut untuk mengakses halaman admin router.

2. Gunakan Aplikasi untuk Memindai Jaringan

C8505dbd1195db1abd969a0908e10cf0
Jika kalian gak mau repot dengan masuk ke halaman administrasi router, maka kalian bisa mengunduh aplikasi khusus untuk memindai jaringan. Ada beberapa pilihan aplikasi untuk melihat perangkat apa saja yang terhubung ke WiFi. Biasanya pabrikan router memiliki aplikasi mereka sendiri. Seperti Netgear s Genie, Linkys Connect, atau Apple s AirPort, dll.

3. Buat Daftar Siapa Saja yang Menggunakan WiFi

Ad36ca640b0271079fe463059c386d4e
Setelah kita selesai mengidentifikasi semua perangkat yang terhubung, maka langkah selanjutnya adalah membuat daftar perangkat apa saja yang mengakses jaringan kita. Selanjutnya ialah menganalisis apakah ada sesuatu mencurigakan yang terjadi pada jaringan.

Seharusnya router memiliki akses untuk melihat daftar perangkat apa saja yang terhubung disertai dengan informasi seperti nama perangkat, MAC Address dan alamat IP nya. Catat semua perangkat yang terhubung dan identifikasi apakah ada yang mencurigakan atau tidak.

Jika bingung mengidentifikasi nama dan jenis perangkat kita bisa mematikan terlebih dahulu semua perangkat yang terhubung, kemudian kita akan tahu perangkat mana yang statusnya masih hidup. Jika masih ada perangkat asing yang nyantol maka kita perlu melakukan pengecekan apakah perangkat tersebut sedang mencoba memperlambat jaringan kita atau melakukan aktivitas lain yang membahayakan.

4. Sulit Mengidentifikasi Perangkat Apa Saja yang Terhubung?

Deb595abd5c9b9fb29f7690180db4a9d
Sulit untuk tidak mengatakan jika ada beberapa pihak yang mampu menyamarkan diri dan mengakses jaringan WiFi tanpa sepengahuan kita. Namun, jika kalian tidak yakin dengan hal tersebut maka kalian bisa mencoba dengan mengubah kata sandi jaringan WiFi.

Dengan cara itu, perangkat asing akan otomatis terputus dari jaringan WiFI kita. Maka dari itu, kita harus rutin melakukan pengecekan jaringan WiFi dan mengubah kata sandi sesegera mungkin bila ada yang mencurigakan.

5. Tidak Ada Perangkat Asing tapi Koneksi WiFi tetap Lambat!

68d7bd5d76f587266ddb65ad20ec923f
Setelah yakin tidak ada perangkat asing yang terhubung ke WiFi kita namun koneksi masih tetap lambat, berarti ada masalah lain yang terjadi. Kita harus menguji kecepatan internet menggunakan kabel dan WiFi. Jika kecepatan menggunakan kabel lebih kencang berarti ada masalah yang terjadi pada router.

Namun, sebelum memutuskan mengganti router, perlu kita sadari jika koneksi yang lambat bukan semata-mata karena router rusak. Misalnya kita perlu mengevaluasi kembali apakah tata letak router sudah ideal.

Kita juga dapat memastikan apakah kita sudah menggunakan fungsi dual-band pada router. Beberapa pilihan lain yakni kita bisa menambahkan antena untuk menambah kualitas sinyal yang lebih baik. Jika koneksi masih saja lambat mungkin kita harus menghubungi penyedia internet untuk melihat apakah ada masalah yang terjadi pada jaringan.

Apakah informasi di atas bermanfaat? Yuk, share tanggapan kalian melalui komentar di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Melihat Password Wifi Di Hp A30a5

5 Cara Melihat Password WiFi yang Lupa di Android, Bisa Tanpa Root!

Banner Silicone Xiaomi

Sekeren DSLR! 10 Foto dari Xiaomi Photography Indonesia Ini Bikin Takjub

5 Pengaturan Pintar Ini Bikin Smartphone Android Kamu Jadi Super Canggih

6 Pengaturan Pintar Ini Bikin HP Android Kamu Jadi Super Canggih

Untitled 1 E31f9

Cara Mengganti Tema WhatsApp Paling Mudah | Bisa Tanpa Aplikasi Loh!

APPS TERKAIT
Whatsapp Icon
WhatsApp Messenger 2.20.64
Apps WhatsApp Inc.
Og Whatsapp
OGWhatsApp 8.9
Apps OsamaGhareeb
Facebook Messenger Icon
Facebook Messenger For Android
Apps Facebook, Inc.
Facebook Lite Icon Icon
Facebook Lite 197.1.0.17.125
Apps Facebook, Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Melacak Pencuri WiFi dengan Smartphone Android Tanpa Root

Cara Melacak Pencuri WiFi dengan Smartphone Android Tanpa Root

15 Aplikasi Hack Wifi Terbaik untuk Android

15 Aplikasi Hack Wifi Terbaik untuk Android

Cara Menggunakan WiFi Di Tempat Umum dan 7 Hal Harus Kamu Ketahui

Cara Menggunakan WiFi Di Tempat Umum dan 7 Hal Harus Kamu Ketahui

Cara Membobol WiFi di HP Android dengan Cepat & Tanpa Root

Cara Membobol WiFi di HP Android dengan Cepat & Tanpa Root

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal