J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Mengetahui Lokasi Server Website

Cara Mengetahui Lokasi Server Website

Selasa, 13 Agt 2013, 13:55 WIB
Cara Mengetahui Lokasi Server Website dengan mudah menggunakan addon dan extension browser, sebagai salah satu cara untuk terhindar dari cyber crime seperti phishing.

Dengan mengetahui lokasi server sebuah website, kamu bisa memahami kecepatan koneksi website yang kamu kunjungi dan juga bisa menambah keamanan untuk menghindari website phishing. Misalnya saja kamu mengunjungi website bank lokal yang harusnya menampilkan bendera negara Indonesia, ternyata menampilkan bendera negara lain. Kamu bisa terhindar menjadi korban cyber crime yang makin marak belakangan ini.

Sekarang ini, tersedia banyak Addon atau Extension browser disediakan untuk memudahkan pengguna ketika menjelajah internet. Salah satu dari banyak extension yang cukup berguna adalah Flagfox untuk Firefox dan Flag untuk Chrome. Kedua extension ini berguna untuk menampilkan bendera negara lokasi server sebuah website.

FlagFox

Flagfox_icon

FlagFox adalah addon yang sederhana. Selain menampilkan gambar bendera, gambar tersebut bisa kamu klik untuk menampilkan data teknis server yang sedang kamu akses. Data tersebut meliputi lokasi (koordinat GPS), IP Address, ISP atau web hosting dan kode pos. Selain itu, Flagfox juga menampilkan peta yang menunjukkan lokasi server dengan menggunakan GeoIP framework.

Kamu juga bisa double-click pada gambar bendera untuk membuka detil rating Web of Trust website tersebut, lengkap dengan pengaturan lainnya.

Flagfox_geotool
Flagfox_options

Flag For Chrome

Flag_for_chrome_popup

Flag for Chrome memiliki cara kerja yang cukup berbeda. Selain menampilkan gambar bendera, kamu juga bisa mendapatkan data mengenai server website tersebut hanya dengan hover atau mengarahkan kursor mouse ke gambar bendera tersebut. Klik gambar bendera dan kamu akan memperoleh data IP address website, lokasi server, data PageRank Google, Alexa, link ke McAfee Site Advisor dan Google Trends, dan informasi dari Web of Trust.

Tidak banyak yang bisa kamu ubah dalam pengaturan Flag for Chrome. Kamu bisa memilih kategori informasi apa yang muncul pada pop-up.

Flag for Chrome memiliki 1 kekurangan, dimana extension ini terkadang tidak muncul pada website tertentu. Entah kenapa, pada beberapa website tampilan gambar bendera tidak muncul sehingga extension ini menjadi tidak berguna. Hal ini bisa jadi merupakan bug dan tentu saja diharapkan bisa dapat diperbaiki agar dapat bekerja secara maksimal.

Kesimpulan

Lalu, manakah extension yang lebih baik untuk mengetahui lokasi server website? FlagFox cukup unggul kali ini karena banyaknya fitur yang ditawarkan dan informasi lebih detil yang diberikan, ditambah lagi FlagFox tidak memiliki masalah pada beberapa website tertentu yang bermasalah ketika menggunakan Flag for Chrome.

Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu memiliki alternatif cara mengetahui lokasi server website lainnya? Silakan share disini.

Facebook Page, Follow Twitter atau add Instagram JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Tips Mencari Website yang Pernah Diakses Melalui History Chrome

Tips Mencari Website yang Pernah Diakses Melalui History Chrome

Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir

Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir

Cara Buka Banyak Tab Chrome dengan Mudah Menggunakan Veritabs

Cara Buka Banyak Tab Chrome dengan Mudah Menggunakan Veritabs

Bing Lebih Rentan Malware daripada Google

Bing Lebih Rentan Malware daripada Google

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal