J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Cara Melacak Lokasi Orang Lewat WhatsApp di HP, 100% Akurat!

              Cara Melacak Lokasi Orang Lewat WhatsApp di HP, 100% Akurat!

              00
              Senin, 4 Feb 2019, 21:00 WIB
              Kamu ternyata bisa mengetahui lokasi seseorang hanya lewat WhatsApp, loh! Di sini akan Jaka kasih tau cara melacak lokasi dengan WA di HP kamu.

              Si pacar belum juga pulang padahal tadi di WhatsApp bilangnya lagi OTW? Atau Si Adik pergi main tapi gak bilang mau ke mana?

              Tahu gak sih bahwa kamu bisa melacak lokasi seseorang hanya lewat WhatsApp?

              WhatsApp memang salah satu aplikasi chatting utama bagi para pengguna smartphone. Hampir sebagian besar masyarakat dunia menggunakan WhastApp.

              Tapi sebenarnya, ada 'celah' bagi kamu untuk mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp di HP kamu.

              Caranya mungkin sedikit rumit, tapi kalau kamu perhatikan tips Jaka baik-baik, kamu bisa kok mengetahui lokasi lewat WhatsApp.

              BACA JUGA
              • Terbongkar! 3 Hal yang Membuat Semua Orang Sulit Mendapat 10 Juta Subscribers
              • 10 Aplikasi Stiker Whatsapp Terbaik 2019 | Android
              • 100 Status WhatsApp Keren, Unik, Lucu dan Terbaru 2019

              Fungsi Melacak Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp

              Kalau kamu pikir melacak seseorang lewat WhatsApp adalah hal yang negatif dan merugikan, sebenarnya enggak juga kok.

              Banyak sebenarnya manfaat yang bisa kamu dapat ketika kamu melacak lokasi seseorang melalui WhatsApp, selama tujuan kamu adalh hal positif dan tidak merugikan orang lain.

              Ketika kamu memang bertujuan untuk melacak lokasi seseorang di WhatsApp, sebenarnya hal ini membantu kamu untuk mengurangi rasa cemas dan khawatir ketika orang yang kamu sayang tiba-tiba menghilang.

              Belum lagi kalau kamu ternyata punya adik kecil yang suka keluyuran terus bawa HP atau gadget mahal yang ga sesuai umurnya, pasti bikin was-was!

              Atau ternyata kamu memang sedang mencurigai pacar kamu yang sering ilang-ilangan atau tidak membalas chat kamu padahal status WA-nya Online, bisa saja sih melacaknya.

              Nah, kamu kamu merasa bahwa dengan mengetahui keberadaan mereka bisa membuat kamu lebih nyaman dan aman, silakan ikuti cara ini.

              Apa Perbedaan Melacak Lokasi Seseorang (Monitoring) dan Menyadap di WhatsApp?

              Kalau kamu bertanya apakah melacak lokasi seseorang itu legal atau tidak, menurut Jaka sebenarnya hal ini harus kamu lihat dari tujuan kamu mengetahui seseorang.

              Sebenarnya ada perbedaan yang cukup tipis antara menyadap dan memonitoring. Lantas melacak lokasi seseorang itu termasuk menyadap atau monitoring?

              Berikut penjelasan lengkap dari Jaka! Jangan smapai kamu salah paham ya!

              Menyadap

              Menurut KBBI, menyadap berarti: mendengarkan (merekam) informasi (rahasia, pembicaraan) orang lain dengan sengaja tanpa sepengetahuan orangnya.

              Memata-matai berarti diam-diam mengumpulkan informasi pribadi dan personal dan secara sembunyi-sembunyi mengumpulkan data pribadi dan privat seseorangm tanpa sepengetahuan dan sepertujuan orang tersebut.

              Memata-matai berarti melanggar aturan dan mengintervensi kehidupan pribadi seseorang secara sengaja, dengan tujuan negatif.

              Jadi memata-matai atau menyadap WhatsApp sebenarya dapat menimbulkan masalah dengan hukum dan merusak reputasi kamu sebagai orang yang tidak menghormati kehidupan pribadi seseorang.

              Monitoring

              Lalu bagaimana dengan monitoring? Apa perbedaannya?

              Menurut KBBI, monitoring berarti mengawasi, mengamati, atau mengecek dengan cermat, terutama untuk tujuan khusus; memantau.

              Kalau Jaka terjemahkan secara kontekstual, harusnya monitoring ini tidak memiliki intensi atau tujuan merugikan orang lain.

              Dalam konteks mengetahui lokasi lewat WhatsApp, harusnya termasuk dalam kategori monitoring, bukan menyadap.

              Sebenarnya balik lagi tergantung tujuan kamu apa. Semisal kamu ingin mengetahui lokasi Ayah/Ibu/Adik atau pacar kamu yang tiba-tibaa menghilang gak ada kabar, maka hal itu bukan menyadap.

              Tetapi, kalau dari awal kamu memang berniat secara jahat melacak posisi orang lain yang tidak ada hubungannya dengan kamu, maka hal itu termasuk meyadap dan merupakan hal kriminal.

              Terbongkar! 3 Hal Yang Membuat Semua Orang Sulit Mendapat 10 Juta Subscribers
              Kamu punya cita-cita untuk menjadi YouTuber hebat dan terkenal? Tanpa kamu sadari, ada 3 hal yang bisa menganggu jalan karir kamu sebagai YouTuber.
              LIHAT ARTIKEL

              Cara Melacak Lokasi Lewat WhatsApp di HP

              Satu lagi fitur dari WhatsApp yang berguna untuk melacak lokasi orang. Bagaimana cara mengetahui lokasi orang? Tentunya dengan cara mengetahui lokasi lewat WhatsApp dengan fitur khususnya.

              Untuk alasan tertentu, jika kamu ingin mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp, itu sangat bisa dilakukan.

              Penasaran caranya gimana?

              Misalnya pacar kamu bilang lagi di rumah, tapi kamu ragu soalnya menurut informasi dari teman dekatnya dia pergi ke luar kota. Kamu bisa coba tips keren yang akan Jaka sajikan untuk memastikannya.

              Berikut adalah cara mengetahui lokasi seseorang lewat WhatsApp. Selain itu, kamu juga bisa membuat 'last seen' palsu di WhatsApp loh.

              Cara Menelusuri Alamat IP Menggunakan Command Prompt

              WhatsApp ternyata bukan sekedar aplikasi berkirim pesan. Tahukah kamu, menggunakan fitur command prompt di komputer benar-benar dapat menelusuri alamat IP dan melacak lokasi dari orang yang kamu ajak chatting di WhatsApp.

              Adapun cara melacak lokasi orang ini bisa kamu coba dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

              • Pertama, kamu buka WhatsApp web, setelah itu mulai ajak chatting target untuk mendapatkan alamat IP.
              WhatsApp Web
              Apps Productivity WhatsApp Inc.
              DOWNLOAD
              cara-mengetahui-lokasi-lewat-whatsapp-1
              • Pastikan semua aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang telah dihentikan, caranya tekan kombinasi Ctrl+Alt+Delete untuk membuka fungsi task manager. Kecuali browser yang sedang kamu gunakan untuk melakukan chatting.
              task manager
              • Sekarang tekan Win + R dari keyboard komputer kamu untuk mulai tahap awal cara melacak lokasi dari orang yang kamu ajak chat.
              cara-mengetahui-lokasi-lewat-whatsapp-3

              Kamu telah menerapkan sebagian langkah awal untuk bisa mengetahui lokasi target alias pacar kamu. Sekarang lanjutkan langkah demi langkah berikut sampai kamu berhasil melacak lokasi pacar atau orang yang sebenarnya. Berikut langkah-langkah selanjutnya:

              • Ketik cmd dan tekan enter.
              HP Hilang 100% Terlacak dan Ketemu Pakai Cara Ini!
              HP kamu hilang karena dicuri atau hal lain? Berikut ulasan lengkap cara melacak HP yang hilang untuk Android & iPhone dengan berbagai metode, mudah banget!
              LIHAT ARTIKEL
              • Pada command prompt yang muncul ketik netstat-an dan tekan enter.
              cara-melacak-lokasi-lewat-whatsapp-2

              Mudah banget kan cara melacak lokasi orang via WhatsApp ini? Selama kamu mengikuti semua langkah yang tadi Jaka sebutkan, kamu bisa tahu lokasi orang tersebut dengan mudah. Jadi dia gak akan bisa bohong lagi.

              Alternatif Cara Mengetahui Lokasi Lewat WhatsApp

              cara-melacak-hp-hilang
              Sumber foto: CNET

              Di saat-saat tertentu, kadang tidak memungkinkan buat kamu untuk mengaskes WhatsApp Web alias tidak memungkinkan menerapkan cara di atas untuk mengetahui lokasi pacar atau orang lain via WhatsApp.

              Untuk itu, Jaka juga menyediakan beberapa cara alternatif yang bisa kamu terapkan juga untuk mencari lokasi orang lain. Berikut cara-caranya:

              1. Cara mudah melacak HP dengan Android. Ya, dengan cara yang satu ini kamu bisa melacak HP dengan mudah hanya bermodal sebuah smartphone atau perangkat Android.

              Kamu bisa menggunakan tiga pilihan aplikasi yaitu HLR Lookup, Lacak Ponsel dan Lacak Nomor HP.

              Pake Android Juga Bisa!
              Zaman sekarang, kamu bisa memantau lokasi orang hanya lewat nomer HP. Gak percaya? Ikutin aja cara melacak no HP berikut ini.
              LIHAT ARTIKEL

              2. Cara melacak HP lewat SMS. Ya, hanya bermodalkan fitur SMS yang pastinya ada di berbagai jenis smartphone, kamu bisa melacak HP pacar maupun orang lain dengan mudah.

              Kamu hanya butuh bantuan sebuah aplikasi tambahan yaitu SMS Tracker Plus.

              3. Cara melacak nomor HP khusus Telkomsel. Khusus kamu pengguna Telkomsel, kamu bisa melacak nomor Telkomsel lain dengan mudah baik menggunakan nomor khusus dari provider, atau dengan bantuan aplikasi My Telkomsel.

              Cara Aman dan Legal Melacak Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp

              Kalau kita merujuk pada pembahasan mengenai perbedaan monitoring dan menyadap, maka sebenarnya WhatsApp menyediakan kok fitur untuk melacak lokasi.

              Cara-Share-Lokasi-di-WA-1-a1933

              Kamu hanya perlu meminta secara baik-baik kepada seseorang yang lokasinya ingin kamu lacak di WhatsApp, kemudian minta mereka untuk mengaktifkan fitur Live Location.

              Kalau kamu sudah mengaktifkan fitur Live Location, maka secara real time kamu akan bisa mengetahui posisi orang tersebut secara real time.

              Untuk penjelasan lebih lengkapnya, kamu bisa baca di artikel Cara Share Lokasi Secara Real Time di WhatsApp

              Aplikasi Untuk Mengetahui Lokasi Seseorang

              Pilihan untuk melacak lokasi lewat WhatsApp memang terbatas dan untuk melakukannya, caranya sedikit rumit.

              Tetapi, sebenarnya ada beberapa alternatif aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui lokasi seseorang.

              Walalupun sebenarnya aplikasi-aplikasi ini tujuannya untuk melacak lokasi HP yang hilang.

              Coba cek satu-satu aplikasinya guys! Kali aja ada yang cocok buat kamu!

              1.Google Find My Device

              Aplikasi pelacak HP pertama yang Jaka rekomendasikan untuk kamu adalah Google Find My Device. Aplikasi ini resmi dibuat oleh Google untuk melacak HP Android yang hilang.

              Aplikasi ini dapat melacak lokasi seseorang dengan cara kamu harus mengetahui e-mail dan password 'korban' yang ingin kamu ketahui posisinya.

              Biasanya dalam satu keluarga berbagi e-mail adalah hal yang wajar. Misal, Mama kamu sudah 3 jam belum pulang dari pasar.

              Kamu tinggal download aplikasi ini, log in dengan akun gmail Mama kamu, kemudian kamu langsung bisa mengetahui posisi Mama kamu.

              2.Google Maps

              Jika umumnya kamu menggunakan aplikasi Google Maps sebagai penunjuk arah, ternyata Google Maps juga bisa digunakan untuk melacak keberadaan seseorang juga!

              Kamu hanya perlu memilih kontak atau nomor HP yang hendak kamu kirimi lokasi. Jika nomor HP yang kamu pilih belum memiliki akun Google, akan muncul pop-up 'Bagikan melalui link?'.

              Kamu hanya perlu tap Oke untuk berbagi melalui link, kemudian kamu bisa saling mengetahui posisi orang lain.

              Lebih lengkapnya, agar kamu tahu bagaiama mengetahui posisi seseorang lewat Google Maps, silakan baca artikel Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat Google Maps**

              3.Phone Tracker By Number

              Nah, kalau Phone Tracker By Number ini adalah aplikasi untuk melacak HP hilang dengan nomor HP yang Harus Aktif.

              Kamu harus meregistrasi dahulu nomor kamu dan nomor HP orang lain, sebelum kamu melacak posisi mereka.

              Melalui nomor HP yang terkoneksi, kamu dapat melacak keberadaan HP tersebut kapanpun. Sepertinya aplikasi ini cocok untuk kamu yang sedang LDR atau keluarga yang berlokasi berjauhan.

              Lumayan kan gak perlu khawatir lagi satu sama lain walau berjauhan karena bisa update terus menerus.

              4.Comodo Anti Theft

              Comodo Anti Theft sejatinya adalah aplikasi pelacak HP yang memiliki fitur lengkap.

              Namun syaratnya, perangkat kamu juga harus terkoneksi dengan akun Google. Kira-kira caranya melacak lokasi seseorang mirip dengan aplikasi yang pertama.

              Untuk melacak orang yang kamu inginkan, kamu dapat melakukannya di web dan aplikasi ini 100% gratis!

              5.IMEI Tracker

              Kalau IMEI Tracker ini adalah aplikasi pelacak HP dengan IMEI yang akan dikirimkan untuk kamu, sehingga kamu gak usah khawatir jika HP kamu hilang. Nomor IMEI akan secara otomatis dikirimkan kepada kamu bersamaan dengan seluruh nomor kontak melalui SMS.

              Tentu kamu dapat melacak HP dengan GPS, sehingga kamu dapat mencari HP kamu yang hilang melalui Maps. Kamu juga harus mengkoneksikan HP dengan perangkat lainnya agar dapat dilacak.

              Untuk Aplikasi Cek Lokasi Lainnya, silakan baca di artikel 10 Aplikasi untuk Mengetahui Lokasi seseorang.

              Akhir Kata

              Itulah cara mudah melacak lokasi lewat aplikasi WhatsApp. Cara ini juga berlaku untuk mengetahui lokasi seseorang lewat chatting Facebook. Tertarik mencobanya? Tapi jangan disalahgunakan ya!

              Silakan share dan komen artikel ini untuk terus mendapatkan informasi, tips & trik dan berita seputar teknologi dari Jalantikus.com

              Baca juga artikel seputar WhatsApp atau artikel menarik lainnya dari Naufal.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal