7 Cara Mengetahui HP Disadap 2023, Lindungi Keamanan Perangkat & Data Pribadi!

Default

Cara mengetahui HP disadap adalah antisipasi yang penting untuk menghindari risiko keamanan dan privasi kamu. Kamu sebenarnya tidak perlu memiliki keahlian khusus atau bantuan profesional untuk bisa mendeteksi ancaman ini.

Penyadapan adalah praktik mengawasi atau memantau aktivitas seseorang tanpa sepengetahuan atau persetujuannya. Ponsel atau HP sendiri merupakan salah satu perangkat yang sering menjadi target penyadapan.

Tak mau jadi korban dari praktik yang bisa mengganggu privasi dan keamanan perangkat milikmu tersebut? Tenang, simak cara mengetahui HP disadap terbaru 2023 berikut ini.

Cara Mengetahui HP Disadap

Cara Mengetahui HP Disadap
Sumber foto: IST - Cara Mengetahui HP Disadap

Penyadapan dapat berdampak negatif pada privasi dan keamanan data pribadi, terutama jika informasi tersebut jatuh ke tangan yang salah. Jadi, sangat penting untuk menghindari penyadapan dengan mengetahui tanda-tandanya.

1. Tidak Bisa Login

Cara untuk memeriksa apakah handphone (HP) sedang disadap adalah dengan memantau aktivitas di aplikasi WhatsApp. Jika ada kecurigaan bahwa nomor HP kita telah digunakan oleh pihak lain untuk login di aplikasi WhatsApp pada HP lain, maka kita bisa melakukan langkah-langkah pencegahan.

Saat menggunakan HP kembali setelah meninggalkannya, kita bisa membuka aplikasi WhatsApp untuk memeriksa apakah ada aktivitas yang mencurigakan. Jika tiba-tiba terjadi logout dari akun WhatsApp, maka kemungkinan besar nomor HP kita sedang digunakan.

2. Pesan Terbaca Padahal Belum Dibuka

Salah satu tanda yang dapat diperhatikan adalah dengan mengecek pesan masuk, termasuk SMS, WhatsApp, Line, dan aplikasi chatting lainnya. Jika kamu menemukan pesan yang sudah terbaca padahal kamu belum membukanya, maka hal itu bisa menunjukkan bahwa HP-mu telah disadap.

Biasanya, ketika pesan masuk belum dibuka, notifikasi akan terus muncul di layar ponsel. Hal ini bisa terjadi jika seseorang telah memasang aplikasi penyadap di ponselmu, sehingga mereka dapat mengakses pesan masuk tanpa sepengetahuan.

3. Pesan Teks Aneh

Jangan anggap sepele pesan teks aneh yang berisi nomor, simbol, atau karakter acak yang mungkin pernah kamu terima. Hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa kamu sedang dipantau oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab.

Pesan teks aneh tersebut diduga berasal dari software penyadapan yang memiliki fitur remote control. Jika merasa khawatir terhadap penyadapan yang sedang terjadi pada HP-mu, sebaiknya kamu mengamankan perangkat dengan melakukan factory reset.

4. HP Sulit Dimatikan

Jangan anggap remeh jika kamu pernah mengalami masalah saat menggunakan HP yang sulit dimatikan. Pasalnya, hal tersebut bisa jadi pertanda bahwa HP-mu sedang disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Biasanya, seseorang yang sedang menyadap HP milikmu akan mengirimkan informasi secara diam-diam, sehingga HP menjadi sulit dimatikan. Sangat penting bagi kamu untuk selalu waspada dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

5. Cek WhatsApp Web

Kamu dapat segera mengetahui penyadapan dengan menggunakan fitur WhatsApp Web. Kamu dapat memeriksa WhatsApp Web melalui HP dan memastikan bahwa kamu hanya login pada perangkat yang dikenali dan di lokasi yang familier.

Jika kamu menemukan bahwa akun WhatsApp Webmu terhubung ke perangkat tidak kamu kenali, maka ini bisa menjadi tanda bahwa ada seseorang yang menyadap HP dan menggunakan aplikasi WhatsApp milikmu.

6. Cek dengan Nomor *#21

Kamu bisa mengetahui apakah ponsel sedang disadap atau tidak dengan memeriksa nomor rahasia *#21#. Kamu dapat melakukan panggilan ke nomor tersebut untuk memeriksa praktik penyadapan.

Jika kita tidak pernah mengaktifkan layanan pengalihan panggilan namun layanan ini tetap aktif, maka bisa dipastikan bahwa ponsel kita sedang disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

7. Cek dengan Nomor *#61

Kamu dapat mencoba panggilan ke nomor *#61# untuk mengecek status penyadapan pada HP kamu. Setelah kamu melakukan panggilan ke nomor tersebut, informasi mengenai status penyadapan akan muncul.

Jika HP kamu tidak sedang disadap, maka akan muncul tulisan "Not Forwarding". Namun, jika HP kamu sedang disadap, maka akan muncul tulisan "Forwarding" beserta nomor yang melakukan penyadapan.

Bagaimana Cara Mengatasi HP Disadap?

Cara Mengatasi HP Disadap
Sumber foto: IST - Cara Mengetahui HP Disadap

Mengetahui apakah HP telah disadap dapat menjadi sulit karena kebanyakan perangkat lunak penyadap sangat tersembunyi. Jika merasa perangkatmu sudah terkena penyadapan, ada beberapa cara sebagai solusinya.

  • Periksa aplikasi yang terpasang pada HP: Periksa semua aplikasi yang terpasang pada HP dan hapus aplikasi yang mencurigakan atau tidak dikenal. Aplikasi-aplikasi tersebut mungkin adalah perangkat penyadap.

  • Install aplikasi keamanan: Install aplikasi keamanan terpercaya pada HP untuk melakukan pemindaian terhadap perangkat lunak yang mencurigakan atau virus yang mungkin terpasang.

  • Factory reset HP: Jika sudah mencurigai adanya perangkat penyadap pada HP, maka cara terbaik adalah dengan melakukan factory reset pada HP. Namun, pastikan telah mem-backup semua data penting sebelum melakukannya.

  • Laporkan kepada pihak berwenang: Jika yakin bahwa HP telah disadap, laporkan kepada pihak berwenang agar mereka dapat membantu mengambil tindakan yang tepat.

Cara Mencegah HP dari Penyadapan

Sebelum benar-benar terjadi, kamu juga sebenarnya dapat melakukan pencegahan dengan beberapa cara sederhana. Apa saja? Simak cara mencegah HP dari penyadapan berikut ini.

  • Gunakan kata sandi atau pola kunci: Gunakan kata sandi atau pola kunci untuk mengunci HP. Jangan gunakan kombinasi yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama lengkap.

  • Hindari jaringan WiFi publik yang tidak aman: Jangan mengakses jaringan WiFi publik yang tidak aman seperti di kafe atau restoran. Gunakan jaringan data seluler untuk mengakses internet jika membutuhkannya.

  • Pasang aplikasi keamanan terpercaya: Pasang aplikasi keamanan terpercaya seperti antivirus atau anti-malware pada HP untuk melindungi ponsel dari serangan virus atau malware.

  • Perbarui sistem operasi secara teratur: Perbarui sistem operasi pada HP secara teratur untuk memastikan ponsel selalu dilindungi dengan patch keamanan terbaru.

  • Matikan Bluetooth dan NFC ketika tidak digunakan: Matikan fitur Bluetooth dan NFC pada HP ketika tidak sedang digunakan untuk mencegah penyadap terhubung ke perangkat melalui koneksi nirkabel.

  • Hindari jailbreak atau rooting HP: Jangan melakukan jailbreak atau rooting pada HP, karena ini bisa membuka pintu bagi perangkat lunak jahat untuk masuk ke HP.

Akhir Kata

Cara mengetahui HP disadap menjadi informasi berharga yang sangat penting untuk melindungi data privasi dan keamanan perangkat. Kamu dapat memastikan bahwa perangkat HP aman dari serangan perangkat penyadap dengan cara-cara di atas.

Penyadapan HP adalah suatu tindakan yang merugikan dan melanggar privasi seseorang. Kamu harus selalu berhati-hati dan mengambil tindakan pencegahan agar HP tidak mudah disadap.

Baca artikel dan berita menarik dari JalanTikus lainnya di Google News

Baca juga artikel Cara Daftar Paket Nelpon Telkomsel, Cara Root HP, atau artikel menarik lainnya dari Ilyas.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Mempercepat Jaringan 1dbf0
10 Aplikasi Mempercepat WiFi dan Jaringan Internet, Stabil & Ngebut!
Vpn Pc Terbaik 5b648
7 Aplikasi VPN PC Terbaik 2024, Bebas Internetan Tanpa Blokir!
Cara Internet Gratis B6a81
Kumpulan Cara Internetan Gratis Sepuasnya Terbaru, Solusi Gak Punya Kuota!
12 Aplikasi Internet Gratis Android Terbaik 2020 Penolong Di Tanggal Tua 1b6a7
10+ Aplikasi Internet Gratis untuk Semua Operator Terbaru 2023, Anti Fakir Kuota!
Banner Jalantikus 2024 06 26t164520 612 7cf0d
6 Aplikasi Pembobol WiFi Terampuh 2024 Tanpa Root Gratis untuk Android + PC
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal