J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              5 Cara Ampuh Mengatasi Komputer dari Ransomware

              5 Cara Ampuh Mengatasi Komputer dari Ransomware

              00
              Rabu, 28 Des 2016, 20:00 WIB
              Bayangkan kalau suatu hari kamu menyalakan komputer, muncul pesan bahwa komputer tidak bisa diakses kecuali kamu membayar sejumlah uang tebusan. Itu adalah ransomware. Berikut 5 cara mengatasinya!

              Bayangkan kalau suatu hari kamu menyalakan komputer, lalu muncul pesan yang mengatakan komputer kamu tidak bisa diakses, kecuali kamu membayar sejumlah uang tebusan. Itu adalah contoh kasus mengerikan dari serangan ransomware. Lalu bagaimana caranya mengatasi virus ransomware itu?

              Ya, virus ransomware adalah mimpi buruk bagi pengguna komputer di seluruh dunia. Sejauh ini, ransomware adalah jenis virus yang masih sulit untuk dijinakkan dan tidak bisa dihindari.

              Namun, kamu dapat mengambil beberapa tindakan untuk melindungi diri sendiri. Dikutip dari Tech Viral, opsi pencegahan merupakan metode terbaik untuk mengatasi serangan ransomware. Simak ya!

              BACA JUGA
              • 10 Software Hacker untuk Melakukan Serangan DDoS
              • 9 Serangan Hacker Terbesar Selama Tahun 2016
              • Hapus Israel Dari Internet, Ini 5 Serangan Hacker Paling Mencengangkan!

              Cara Mengatasi Virus Ransomware

              1. Back Up Data

              Backup

              Banyak korban yang membayar uang tebusan untuk dapat 'membuka' komputer mereka lagi. Keputusan mereka ini membuat ransomware menjadi salah satu modus serangan cyber yang paling menguntungkan.

              Itu sebabnya back up data adalah salah satu pertahanan terbaik untuk menangkis serangan ransomware. Dalam kasus ini, back up data berarti segalanya.

              2. Back Up Online dan Offline

              Cloud Storage

              Back up data tidak akan membantu jika kamu tidak melakukannya dengan benar. Karena terkadang serangan ransomware juga bisa mengincar sistem penyimpanan back up.

              Untuk itu, kamu bisa melakukan back up dua arah yakni offline dan online. Misalnya, kamu dapat back ke server lokal. Pastikan mereka offline dan tidak terhubung ke sistem desktop, sehingga mereka tidak rentan terhadap serangan.

              Selain itu, kamu juga bisa menyimpan ke hard disk ekstrenal. Sementara, untuk penyimpanan online kamu bisa mengandalkan layanan cloud storage seperti Google Drive atau OneDrive.

              3. Jangan Buka Email Sembarangan

              Jangan Buka Email Sembaran

              Sumber foto: Foto: LifeWire.com

              Mencegah serangan ransomware juga dibutuhkan kewaspadaan, salah satunya adalah jangan membuka email sembarangan. Ya, hacker telah menemukan bahwa email adalah cara yang bagus untuk menginfeksi target.

              Hacker akan membuat alamat email palsu dan mengirim email yang terlihat seperti perusahaan atau pemerintah, sesuatu yang kamu sukai, atau mengirim sebagai seseorang yang kamu kenal. Dengan begitu kamu akan merasa seolah-olah itu perlu untuk dibuka.

              4. Jangan Download Software Sembarangan

              Virus Aplikasi Bajakan

              Software yang kamu unduh di internet juga merupakan sumber penyebaran virus Ransomware, terutama untuk software gratis atau bajakan.

              Mungkin saja program tersebut datang dengan beberapa fitur tambahan yang diinginkan, salah satunya virus ransomware.

              Bagaimana pun, sulit untuk menyangkal keberadaan software bajakan. Tapi, dengan adanya software bajakan, tidak sedikit yang menderita kerugian. Dengan demikian sebenarnya lebih baik mengeluarkan uang untuk membeli software original. Semua kembali lagi kepada kamu.

              5. Update OS dan Software Terbaru

              Windows 10 Microsoft

              Sumber foto: Foto: DigitalTrends.com

              Selain untuk menikmati berbagai fitur baru, update OS juga membawa perbaikan keamanan penting secara rutin. Pun demikian versi software.

              Karena seiring waktu, pada suatu sistem pasti bakal ditemukan celah keamanan. Hakcer bisa saja mengeksploitasi keretananan tersebut untuk melancarkan serangan seperti dengan menyusupkan ransomware.

              Jadi, pastikan kamu sudah menggunakan sistem operasi dan software versi terbaru.

              Kesimpulan

              Ransomware memang merupakan virus yang dianggap sangat mengancam dalam satu tahun terakhir. Alasannya, malware ini dapat mematikan dan melumpuhkan perangkat, kemudian akan menampilkan peringatan yang menyebutkan komputer korban tak bisa diakses. Karenanya, kamu harus membayar sejumlah uang agar bisa mengakses perangkatnya kembali.

              Memang tak cukup menggunakan antivirus (untuk memblokir ransomware). Tidak ada yang 100 persen efektif. Tapi, kamu juga tetap harus menginstal antivirus, baik yang gratis maupun berbayar untuk pencegahan. Bagaimana pendapat kamu?

              APPS TERKAIT
              Camfrog_icon
              Camfrog Video Chat 6.11.576
              Apps Camshare
              Hotspot_shield_logo
              Hotspot Shield 6.8.0
              Apps AnchorFree, Inc
              Adblock Icon
              AdBlock 3.18.0
              Apps everhelper.me
              Secure Browsing Icon
              Secure Browsing 1.0.2
              Apps securebrowsingplus

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal