J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              6 Cara Atasi Touchscreen yang Tak Bisa Disentuh di Android

              6 Cara Atasi Touchscreen yang Tak Bisa Disentuh di Android

              00
              Selasa, 21 Feb 2017, 15:00 WIB
              HP kamu bermasalah dengan layar sentuhnya yang tak bisa disentuh? Baca aja tips mengatasi touchscreen error hingga berfungsi normal kembali.

              Smartphone Android memang merupakan sebuah perangkat yang paling banyak kita lihat saat ini. Pasalnya, sebagian besar dari pengguna smartphone pasti menggunakan ponsel dengan sistem operasi Android.

              Hal ini mungkin disebabkan oleh mudahnya mengoperasikan smartphone Android, dan tersedianya beragam ponsel Android murah.

              Nah, kebanyakan atau bahkan hampir semua smartphone Android sudah menggunakan layar sentuh atau touchscreen.

              Meski hampir sebagian besar sudah tidak kikuk lagi menggunakan smartphone touchscreen, namun bukan berarti masalah selesai sampai di situ.

              Smartphone Android juga tidak lepas dari beragam masalah. Salah satunya adalah masalah touchscreen yang tak bisa disntuh.

              Maka dari itu, melalui artikel ini, JalanTikus akan memberikan cara untuk mengatasi masalah touchscreen error di HP Android.

              Cara Mengatasi Masalah Touchscreen di Smartphone Android

              1. Periksa Penggunaan RAM di Android

              Cara Mengatasi Touchscreen Error Android 1

              Ketika ada masalah pada touchscreen Android, kamu jangan panik. Belum tentu itu bermasalah pada hardware-nya. Cara mengatasi masalah touchscreen Android yang pertama, kamu wajib memeriksa penggunaan RAM di Android kamu.

              Jika layar sentuh kamu tidak responsif, mungkin antarmuka yang kamu gunakan itu lag. Pasalnya, Android merupakan salah satu platform yang cukup memakan ruang pada RAM.

              Nah, kamu lihat dulu kondisi smartphone kamu itu seperti apa, apakah RAM pada smartphone kamu itu besar atau tidak. Jika tidak terlalu besar, maka periksa aplikasi yang kamu miliki.

              Kalau kamu lihat aplikasi-aplikasi kamu sudah memenuhi ruang pada RAM, maka segera hapus aplikasi yang tidak digunakan. Sebab, karena hal inilah touchscreen Android kamu bisa terlihat bermasalah, padahal hanya antarmukanya yang lag.

              2. Segera Aktifkan GPU 2D Rendering

              Cara Mengatasi Touchscreen Error Android 2

              Cara mengatasi masalah layar sentuh error pada smartphone kamu yang kedua adalah kamu bisa mengaktifkan Force GPU Rendering. Mengapa?

              Karena salah satu alasan layar sentuh kamu bermasalah adalah smartphone kamu mungkin memiliki masalah pada sektor transisisinya yang buruk. Maka dari itu, kamu wajib mencoba cara mengatasi touchscreen satu ini.

              Dengan mengaktifkan fitur ini, elemen antarmuka akan jauh lebih ringan daripada sebelumnya.

              Lalu, bagaimana cara mengaktifkannya? Tenang, caranya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu menuju Settings > Developer Options > Force GPU Rendering.

              Jika menu Developer Options belum ada di smartphone Android kamu, kamu hanya perlu ke Settings > About Phone > dan ketuk Build Number hingga tujuh kali untuk mengatifkan Developer Options.

              3. Kalibrasi Layar Smartphone Android

              Cara Mengatasi Touchscreen Error Android 3

              Cara mengatasi touchscreen Android yang selanjutnya adalah kamu perlu kalibrasi layar smartphone Android kamu. Seiring dengan pemakaian smartphone Android yang semakin lama kamu gunakan, maka tampilan layar cenderung dapat menjadi lebih hangat atau bahkan terlihat lebih dingin.

              Maka dari itu, kamu wajib untuk mengoreksi warna perangkat Android kamu. Bagaimana solusinya?

              Solusi yang tepat untuk mengetahui cara mengatasi masalah touchscreen adalah kamu wajib kalibrasi layar smartphone Android kamu. Bagaimana cara kalibrasi layar smartphone Android kamu? Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Touchscreen Calibration.

              Cara mengatasi layar sentuh yang rusak ini mampu kamu andalkan untuk memeriksa touchscreen kamu sebelum kamu membawanya ke service center. Selain itu, dengan menggunakan cara ini kamu bisa mengoreksi warna perangkat Android kamu juga.

              4. Download MultiTouch Tester

              Cara Mengatasi Touchscreen Error Android 4

              Jika kamu merasa bahwa layar sentuh kamu error atau bermasalah, jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan kalau smartphone kamu itu rusak.

              Mungkin smartphone kamu cuma memiliki masalah dengan multi-touch, sehingga smartphone Android kamu itu terlihat rusak, padahal hanya lag belaka. Maka dari itu, ikuti cara memperbaiki HP layar sentuh yang tidak bisa disentuh berikut ini.

              Kamu bisa download MultiTouch Tester secara gratis di link yang ada di bawah, agar kamu bisa mengetahui apakah smartphone kamu itu rusak atau tidak.

              Setelah selesai mendownload, kamu tempelkan semua jari kamu, apakah terhitung semua atau tidak. Biasanya, smarpthone memberikan multi-touch sebanyak lima jari atau sepuluh jari, itu tergantung dari smartphone yang kamu gunakan.

              Setelah mencobanya, baru deh kamu bisa mengatakan apakah smartphone kamu itu rusak atau tidak.

              Download aplikasinya di sini:

              Multitouch Tester Icon
              MultiTouch Tester 1.2
              Apps Utilities 511plus
              DOWNLOAD

              5. Cobalah Masuk ke Safe Mode

              Cara Mengatasi Touchscreen Error Android 5

              Kalau kamu merasa layar smartphone kamu error karena kebanyakan aplikasi yang kamu install dari berbagai sumber, maka cobalah masuk ke Safe Mode.

              Pasalnya, cara mengatasi masalah touchscreen Android satu ini cukup ampuh untuk dilakukan. Karena dengan mengaktifkan Safe Mode, platform hanya akan menjalankan aplikasi bawaan saja, sehingga sistem operasi smartphone Android akan jauh lebih ringan.

              Apakah kamu sudah tahu bagaimana caranya masuk ke Safe Mode?

              Jika ada yang belum tahu cara untuk masuk ke Safe Mode, kamu hanya perlu menekan tombol power, kemudian pilih dan tahan lebih lama opsi Power Off, maka akan muncul Reboot to safe mode. Pilih OK.

              6. Jangan Sembarangan Pakai Charger

              Cara Mengatasi Touchscreen Error Android 6

              Saat kamu menghadapi masalah pada layar sentuh di Android ketika mengisi ulang smarpthone kamu, itu bukan masalah pada sistem atau bahkan hardware. Itu pasti masalah dari charger yang kamu gunakan untuk mengisi ulang smartphone Android.

              Nah, masalah seperti ini sering banget terjadi sama kamu, pasalnya kamu pasti suka sembarangan pakai charger untuk mengisi ulang baterai, apalagi kalau sudah terdesak.

              Maka dari itu, jangan pernah sembarangan pakai charger. Biasanya, smartphone Android paling tidak bisa ketika menggunakan charger dari smartphone BlackBerry. Jadi, mulai sekarang kamu sudah tahu kan cara memperbaiki touchscreen tidak berfungsi ketika layar smartphone Android error?

              Begitulah beberapa cara mengatasi masalah touchscreen di smartphone Android. Apakah kamu mengerti sampai di sini?

              Jika ada cara mengatasi masalah touchscreen yang lainnya, kamu bisa baca artikel Jaka yang ada di bawah ini ya:

              Selamat mencoba!

              APPS TERKAIT
              Hotspot_shield_logo
              Hotspot Shield 6.8.0
              Apps AnchorFree, Inc
              Connectify Lite Icon
              Connectify LITE 2015 - 1.0.35473
              Apps Connectify
              Wifi Finder
              WiFi Finder 3.335p
              Apps JiWire Inc.
              Wifi Analyzer Android
              Wifi Analyzer
              Apps Farproc

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal