J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis Sejak Upgrade Ke Android Nougat

7 Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis Sejak Upgrade Ke Android Nougat

Jumat, 20 Jan 2017, 16:00 WIB
Daya baterai smartphone kamu cepat habis secara misterius setelah upgrade ke Android Nougat? Simak yuk 7 cara mengatasi baterai cepat habis di Android Nougat..

Upgrade ke versi OS terbaru memang kadang menimbulkan masalah. Seperti halnya dengan upgrade ke Android Nougat yang belum lama rilis. Berbagai bug dan error memang tak jarang menjadi keluhan para pengguna smartphone yang baru saja melakukan upgrade pada OS Android-nya.

Dan dari sekian banyak keluhan, problem yang paling sering muncul adalah perihal battery-draining alias masalah daya baterai yang cepat habis secara misterius.

Pusing memang jika gadget cepat habis baterai. Tapi, kamu tidak perlu khawatir apalagi panik. Jaka akan memberitahukan cara mengatasi baterai cepat habis di Android Nougat. Langsung aja yuk lihat caranya!

BACA JUGA
  • Inilah 18 Fitur yang Paling Diunggulkan di Android N
  • CATAT! Inilah 50+ Smartphone yang Dapat Update Android 7.0 Nougat
  • 4 Hal ini WAJIB Kamu Pertimbangkan Sebelum Upgrade ke Android Nougat

7 Cara Atasi Baterai Cepat Habis di Android Nougat

1. Cari Aplikasi yang Menyedot Baterai

F80c6a122311dfb0d5cb012b6320d766

Sumber foto: Foto: Phone Arena

Battery-draining pada Android Nougat paling sering terjadi karena adanya aplikasi yang belum siap untuk support OS Android versi anyar ini. Akibatnya, aplikasi tersebut akan bekerja tak terkendali dan menghabiskan banyak daya. Untuk menyelesaikan masalah ini, pertama kamu harus mencari tahu dulu aplikasi manakah yang menjadi biang keladinya.

Pergi ke menu Setting > Battery. Lalu akan muncul daftar aplikasi diurutkan dari aplikasi yang paling banyak menghabiskan baterai. Idealnya, Android System atau Android OS adalah terletak di barisan teratas. Jika ada aplikasi sederhana yang terletak di barisan atas, maka itulah yang perlu kamu bereskan. Solusinya, kamu bisa lakukan update, reinstall, atau force stop pada aplikasi tersebut.

2. Atur Menu Sesuai Keperluan

3d3045d0ce217588e7be19e61b5030b4

Sumber foto: Foto: Static World

Tingkat kecerahan layar (screen brightness) juga ternyata bisa cukup memboroskan baterai. Maka cobalah menyetel kecerahan layar hanya di sekitar 30-50% saja. Selain itu, kamu juga bisa mematikan koneksi bluetooth bila kamu tidak memerlukannya. Meski sedang tidak digunakan, bluetooth yang aktif cukup mengganggu stabilitas Android system dan menyita banyak penggunaan baterai.

Semakin banyak service yang kamu matikan, semakin hemat baterai yang digunakan. Maka jika tidak sedang diperlukan, sebaiknya disable saja hal-hal seperti WiFi, GPS, NFC, data, dan semacamnya. Cara seperti ini bisa sangat bermanfaat loh untuk mengatasi baterai cepat habis Android Nougat.

3. Reboot

Ea7edeeb6294eb0257045dac2e79a035

Sumber foto: Foto: Wonder How To

Meski sangat sederhana, ternyata restart alias reboot juga terkadang ampuh untuk mengatasi baterai cepat habis Android Nougat. Jadi, tak ada salahnya dicoba juga loh! Melakukan reboot setiap 2-3 hari sekali juga terbukti ampuh menyembuhkan berbagai bug-bug kecil yang mengganggu perangkatmu.

4. Cek Account Sync

E32fff08ab14a71e3c457e6e28c1a3ad

Sumber foto: Foto: Android Central

Sinkronisasi akun yang tidak sempurna kerap kali menyebabkannya harus berulang kali melakukan download atau upload. Misalnya seperti Images yang gagal sync dengan Cloud, pasti akan berulang kali melakukan upload foto-foto secara terus menerus sepanjang waktu. Akibatnya, baterai pun terus dikuras untuk keperluan tersebut.

Cobalah ke menu Setting > Account. Cek sinkronisasi semua akun yang kamu miliki. Adakah akun yang diberi tanda (!) atau tanda tertentu lainnya yang perlu perhatian khusus? Jika iya, lakukan re-sync manual pada setiap akun yang bermasalah.

5. Bersihkan Cache Partition

24df7d1faad4603b7499ed6fa44193af

Sumber foto: Foto: Youtube

Jika cara-cara simpel di atas masih belum mengatasi baterai cepat habis Android Nougat, maka saatnya kamu mencoba cara yang sedikit lebih rumit, yaitu membersihkan Cache Partition. Caranya tidak terlalu sulit kok.

  • Tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan selama beberapa saat.
  • Akan muncul tanda panah besar di bagian atas layar.
  • Tekan tombol Volume Down berkali-kali hingga muncul Recovery pada gambar panah pada layar.
  • Tekan tombol Power.
  • Akan muncul maskot Android berbaring telentang. Terbuka di bagian dada dengan tanda (!) di dalam sebuah segitiga merah.
  • Sembari menekan tombol Power, klik tombol Volume Down sekali. Lalu lepaskan tombol Power.
  • Akan muncul daftar menu. Gunakan tombol Volume Down untuk memilih menu Clear Cache Partition. Klik tombol Power untuk OK.
  • Biarkan prosesnya berjalan sendiri. kira-kira hal ini akan memakan waktu 1-10 menit.
  • Restart smartphone.

Cara ini ampuh untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang muncul akibat upgrade OS versi terbaru, termasuk mengatasi baterai cepat habis Android Nougat.

6. Upgrade Android 7.1.1. Nougat

0178ee640846b4a02cdc19117eef244d

Sumber foto: Foto: WCCF Tech

Cara keenam yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi baterai cepat habis Android Nougat adalah mengecek kembali versi Androidmu yang baru saja di-upgrade. Apakah itu Android 7.0 Nougat? Atau sudah versi 7.1.1.? Umumnya masalah baterai cepat habis Android Nougat banyak terjadi di Android 7.0 dan sudah banyak berkurang di 7.1.1.

Maka bila versi Nougat yang kamu miliki masih 7.0, cobalah mencari tahu bagaimana caranya atau kapan pastinya kamu bisa upgrade lagi ke 7.1.1. Bila Androidmu sudah di versi 7.1.1. atau bila upgrade baru ini masih lama bisa kamu dapatkan, berarti kamu harus coba cara terakhir untuk mengatasi baterai cepat habis Android Nougat yang Kamu miliki.

7. Factory Reset

2be92ffc6ccd5f3b1d131ab78b0a1450

Sumber foto: Foto: Android Central

Clear cache partition sudah dilakukan tapi baterai tetap bocor? Android sudah tidak bisa di-upgrade lagi? Berarti mungkin factory reset adalah jalan satu-satunya untuk menyelesaikan masalahmu. Sebelum melakukannya, pastikan kamu backup semua data-data penting. Factory Reset bisa dilakukan melalui menu Setting > Backup & Reset > Factory Data Reset. Perhatikan peringatan yang muncul dan klik OK bila kamu menyanggupinya.

Nah itulah 7 cara mengatasi baterai cepat habis di Android Nougat yang bisa kamu lakukan. Jangan lupa bagikan pengalamanmu di kolom komentar ya!

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mudah Berburu Tiket Murah 5

Yuk, Liburan! Inilah 4 Cara Berburu Tiket Liburan Murah Buat Kamu

Meja Poker Terbaik Banner

Ingin Punya Kasino Pribadi? Ini Dia 5 Meja Poker Terbaik yang Wajib Kamu Punya

Kartun

Begini Wujud Kartun Favorit Kamu di Dunia Nyata

Gambar Photoshop Gagal Orang India Banner

20+ Hasil Editan Photoshop Super Kacau Karya Orang India

Plesetan Alexis Banner

Bikin Ngakak! Inilah 25+ Gambar Lucu Plesetan Ornamen Hotel Alexis

APPS TERKAIT
Coc Icon Icon
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal