Cara Menghapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Dihapus, Dijamin Ampuh!

Default

Cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus adalah tech hack yang wajib kamu tahu sebagai pengguna Android. Sebab, aplikasi yang tidak bisa dihapus nyatanya memang ada banyak!

Google Play Store menyediakan segudang aplikasi yang bisa kamu download dan instal. Namun tidak jarang, kamu bakal menemui aplikasi Android palsu yang malah berisi iklan dan susah untuk dihapus alias uninstall.

Aplikasi Android yang tidak bisa dihapus ini tentu akan sangat menyebalkan. Sebab, HP-mu jadi berat karena aplikasi tersebut memakan memori dan storage.

Kalau sudah begini, bagaimana cara mengatasinya? Tenang saja, berikut Jaka akan mengulas cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus paling update 2022.

BACA JUGA
  • 5 Cara Menghapus Akun Gmail Permanen di Berbagai Perangkat, Gampang Banget!
  • Cara Cepat Menghapus Semua Postingan Instagram Sekaligus

Cara Menghapus Aplikasi yang Tidak Bisa Dihapus Android

Karena beberapa pengaturan yang diaktifkan, terkadang aplikasi Android menolak untuk di-uninstall alias dihapus dari smartphone kamu.

Namun, kamu nggak perlu khawatir. Sebab, aplikasi tersebut sebenarnya bisa dihapus, tapi memang perlu cara khusus untuk melakukannya.

Berikut beberapa cara yang dapat kamu coba untuk menghapus aplikasi Android yang membandel.

Cara Menghapus Aplikasi Android dengan Device Administrator

Cara pertama yang dapat kamu lakukan saat menemukan masalah ini adalah melalui pengaturan pada Device Administrator. Kamu pun bisa melakukannya tanpa mengunduh aplikasi tambahan.

Berikut beberapa langkah yang wajib kamu lakukan, guys.

  • Pastikan bahwa benar aplikasi Android tidak bisa dihapus. Tandanya terlihat pada pengaturan aplikasi Assistive Touch, tombol Force stop dan Uninstall tidak bisa digunakan.
Cara Menghapus Aplikasi Android 1
  • Pertama, buka menu Setting kemudian pilih Security. Scroll ke bawah, lalu pilih Device Administrator untuk membuka tampilan pengaturan.
Cara Menghapus Aplikasi Android 2
  • Tap pada aplikasi yang hendak dihapus, kemudian pilih Deactivate untuk menonaktifkan pengaturan. Setelahnya pastikan tanda check hilang pada aplikasi yang akan dihapus.
Cara Menghapus Aplikasi Android 3
  • Setelah melakukan langkah di atas, sekarang pengaturan Force stop dan Uninstall aktif kembali sehingga aplikasi dapat kamu hapus atau uninstall.
Cara Menghapus Aplikasi Android 5

Cara Menghapus Aplikasi Android dengan Aplikasi Tambahan

Selanjutnya adalah cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus dengan menginstal aplikasi khusus. Cara ini bisa digunakan jika kamu belum menemukan jalan keluar setelah melakukan cara sebelumnya.

Kamu juga bisa mencoba cara ini untuk langsung menghapus aplikasi yang tidak bisa di-uninstall di HP secara paksa dan tanpa perlu pengaturan tambahan apapun.

Salah satu aplikasi yang bisa melakukan tugas ini adalah Easy Uninstaller. Panduan lengkap cara menghapus serta link download aplikasi ini bisa kamu dapatkan di bawah:

Easy Uninstaller C9e7d
  1. Download Easy Uninstaller APK di Google Play Store atau dari link yang telah Jaka sediakan.

  2. Jalankan APK.

  3. Klik Start Using Now. Aplikasi akan menjalankan analisis perangkat Android.

  4. Tandai aplikasi yang ingin kamu uninstall.

  5. Konfirmasi jika kamu memang ingin menghapus aplikasi tersebut.

  6. Selesai.

Cara ini memang efektif untuk menghapus aplikasi membandel di HP-mu. Namun, ingat, kamu juga butuh memori dan storage tambahan untuk menginstal aplikasi ini.

20130829161340_771
Easy Uninstaller - Clean Apps 2.2.8
Apps Cleaning & Tweaking HANDSOME COMPANY (c)
DOWNLOAD

Cara Menghapus Aplikasi Android dengan Factory Reset

Namun, bukan berarti cara sebelumnya belum tentu berhasil menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus. Ada beberapa aplikasi tertentu yang malah mengandung adware dan malware yang hanya bisa dihapus dengan factory reset loh.

Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

  • Sebelum melakukan factory reset, kamu harus paham kalau melakukan langkah ini berarti akan menghapus seluruh data pada smartphone. Sebaiknya kamu backup data kamu terlebih dahulu, guys.
Header 11 3e13b
Begini Cara Backup Android Mudah!
Ribet kan kalo backup aplikasi pake Clean Master? Selain kamu harus instal aplikasinya secara manual prosesnya juga lama. Nah, kali ini Jaka akan bagikan cara untuk backup dan restore seperti Titanium Backup, tetapi untuk Android yang belum root. Dijamin aman dan mudah.
LIHAT ARTIKEL
  • Kamu bisa menuju menu Settings, lalu pergi ke tab Personal. Di sini kamu tinggal memilih menu Backup & reset untuk memulai factory reset.
Cara Menghapus Aplikasi Android Reset 1
  • Pada menu Backup & reset pilih Factory Data Reset. Kamu bakal diberi peringatan terlebih dahulu. Jika sudah yakin tekan tombol Reset device untuk memulai proses.
Cara Menghapus Aplikasi Android Reset 2
  • Terakhir, kamu wajib memasukkan kode keamanan yang digunakan pada smartphone Android. Tunggu hingga proses selesai dan smartphone kembali ke kondisi semula.
Cara Menghapus Aplikasi Android Reset 3

BONUS: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dengan Menonaktifkannya

Cara ini bisa dicoba untuk kamu yang ingin menghapus aplikasi bawaan pada HP Android. Saat ini, aplikasi Android biasanya punya OS versinya sendiri sehingga memasukkan banyak aplikasi bawaan.

Sayangnya, beberapa aplikasi bawaan tersebut bisa memakan banyak memori. Aplikasi tersebut bahkan tidak bisa kita uninstall karena tidak ada pilihan untuk melakukannya.

Nah, aplikasi bawaan ternyata bisa dihapus. Namun, cara ini tidak bisa dibilang murni menghapus. Sebab, hal yang kamu lakukan adalah menonaktifkan aplikasi.

Meski tidak menghapus, cara ini cukup efektif karena akan mengurangi konsumsi memori (RAM) dalam jumlah yang terbilang signifikan. Sayangnya, kelemahan dari metode ini adalah storage yang tetap terisi oleh aplikasi karena kamu tidak menghapusnya.

Kalau kamu merasa cara ini adalah yang terbaik untuk HP-mu, silakan simak panduannya di bawah ini:

  1. Buka menu Settings/Pengaturan.
Screenshot 20220215 115640 Settings 2b625
  1. Cari menu Aplikasi/Kelola Aplikasi/Semua Aplikasi.

  2. Pilih aplikasi yang akan kamu "hapus".

  3. Klik aplikasi tersebut.

Screenshot 20220215 115706 Settings 6e904
  1. Klik Disable/Nonaktifkan di bagian bawah.

Akhir Kata

Itulah penjelasan Jaka mengenai cara menghapus aplikasi Android yang tidak bisa dihapus. Cara ini hampir bekerja pada semua aplikasi. Semua kembali lagi kepada pilihan yang kamu anggap paling ideal buat HP-mu!

Apa kamu punya masalah yang sama? Jangan ragu buat mencoba dan share pengalaman kamu pada kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Satria Aji Purwoko.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Kamera Terbaik 0cde0
23 Aplikasi Kamera Terbaik & Terbaru 2022 Buat Hasil Foto Aesthetic
Aplikasi Sidik Jari Android
15 Aplikasi Sidik Jari Android Terbaik
Aplikasi Sembunyikan Foto Di Android 51850
5 Aplikasi Sembunyikan Foto di Android Terbaik
Aplikasi Cheat Game Android Terbaik Ebaf7
16 Aplikasi Cheat Game Online & Offline di Android Terbaik 2022 + Link Download, Jaminan GG!
APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Mobile Arena Icon
Garena AOV - Arena of Valor: Action MOBA 1.33.1.7
Games Garena
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal