J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              4 Cara Mengatasi HP Bootloop, Mudah Tanpa PC (Android)

              4 Cara Mengatasi HP Bootloop, Mudah Tanpa PC (Android)

              00
              Rabu, 23 Jan 2019, 19:00 WIB
              HP kamu mengalami bootloop atau menyangkut di logo saat restart? Ini dia cara mengatasi bootloop di Android dengan mudah dan bisa dilakukan sendiri!

              Pernahkah Android kamu menyangkut di logo saat menyalakan HP?

              Kalau pernah, itu namanya bootloop guys. Kondisi dimana HP kamu gagal masuk ke dalam sistem software Android, hal ini akan terus mengulang hingga kamu memperbaikinya.

              Gimana cara memperbaiki bootloop?

              Jaka punya cara mudah untuk mengatasi bootloop di HP kamu tanpa harus ke counter HP, penasaran gimana caranya? Yuk simak cara mengatasi bootloop selengkapnya!

              Apa itu Bootloop?

              Bootloop adalah masalah pada bagian software Android yang tidak bisa masuk ke dalam sistem. Ciri-cirinya berupa tampilan layar HP kalian yang selalu menampilkan logo Android.

              Jika kalian menemukan masalah seperti ini, jangan pernah panik, jangan langsung datang ke service center, gengs. Kamu tinggal ikutin saja nih cara mengatai bootloop di bawah ini:

              4 Cara Mengatasi Android Bootloop Tanpa PC

              Jaka punya 4 cara yang dapat kamu lakukan coba untuk mengatasi bootloop pada HP kamu, cara ini dapat kamu lakukan sendiri tanpa harus dibawa ke Costumer Service atau counter HP. Ini dia caranya:

              1. Restart HP

              cara mengatasi bootloop pada hp android

              Cara pertama ini dapat kamu lakukan jika bootloop kamu dalam tingkat ringan, biasanya terjadi karena kesalahan pengoperasian data tanpa melalui Recovery Mode.

              Caranya mudah kok, yaitu melakukan restart HP dengan cara matikan HP kamu, lepas baterai, kartu SIM, dan SD Card. Tunggu HP kamu hingga setidaknya 15 menit.

              Pasang kembali baterai, SIM, dan SD Card dan nyalahkan kembali HP kamu. Jika masih tidak bekerja, coba gunakan cara selanjutnya.

              2. Wipe Cache Partition

              cara mengatasi bootloop

              Wipe Cache Partition merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengatasi bootloop. Cara ini dapat kamu lakukan tanpa takut kehilangan seluruh data HP juga guys.

              Caranya cukup mudah yaitu masuk ke Recovery Mode pada HP kamu dan pilih Wipe Cache Partition dan pilih Yes. Cara untuk masuk ke Recovery Mode di tiap HP berbeda, berikut adalah cara masuk ke Recovery Mode di sebagian merk HP:

              • Samsung: Home + tombol power atau Home + Volume Up + Power
              • Huawei: Tombol power + Volume up
              • LG: Home + Volume Up + Power
              • Asus: Power + Volume Up hingga muncul logo, lepas tombol Power sambil terus menekan Volume Up.
              • HTC: Power + Volume Down + Power

              HP kamu akan kembali ke halaman utama jika berhasil. Kalau masih bermasalah, maka kamu harus melakukan Factory Reset guys. Caranya di bawah ini.

              3. Factory Reset

              cara mudah mengatasi bootloop

              Cara mengatasi bootloop paling ampuh yang dapat kamu lakukan adalah melakukan Wipe Data atau Factory Reset HP kamu melalui Recovery Mode.

              Secara teknis cara ini akan mengatur ulang software sistem dan membuatnya seperti pertama kali dipasangkan sistem. Saat kamu berada di menu Recovery Mode, pilih Factory Reset lalu pilih Yes.

              Sistem akan memproses secara otomatis, biarkan HP kamu melakukan Factory Reset tanpa diganggu. Setelah berhasil, HP kamu seharusnya akan masuk ke halaman Home.

              4. Flashing ROM

              cara-mengatasi-bootloop-4

              Flashing ROM adalah cara paling rumit dan tergolong berat untuk mengatasi masalah bootloop. Penggunaan cara ini pun hanya digunakan jika HP kamu mengalami masalah bootloop yang serius.

              Biasanya masalah bootloop seperti ini dikarenakan salah menginstall Custom ROM atau salah update OS ke dalam HP kamu. Cara yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah flashing ROM yang sesuai dengan HP kamu.

              Kamu dapat menggunakan aplikasi Smartphone Flash Tool, caranya pun tercantum di dalam aplikasi kok. Tinggal kamu ikuti setiap langkahnya. Berikut aplikasinya:

              Smartphone Flash Tool (All Version) 5.1548
              Apps Developer Tools SpflashTool
              DOWNLOAD

              Jika kamu ragu dalam melakukan flashing sendiri, kamu dapat mengunjungi Service Center HP kamu. Berikut adalah lokasi service center tiap merek HP (klik untuk membukanya):

              Akhir Kata

              Itu dia 4 cara mengatasi bootloop di Android tanpa PC yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah tanpa repot. Jika kamu takut untuk mengatasi bootloop sendiri, kamu bisa menghubungi Jaka melalui media sosial Jalan Tikus.

              Cara mana yang menurut kamu paling ampuh mengatasi bootloop guys? tuliskan pendapat kamu di kolom komentar ya, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

              Baca juga artikel seputar Android atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

              Komentar
              BERIKAN KOMENTAR
              Langganan Artikel
              Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal