J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Hindari Bahaya! Ini Cara Mengatasi Akun Online yang Telah Diretas

Hindari Bahaya! Ini Cara Mengatasi Akun Online yang Telah Diretas

Jumat, 22 Des 2017, 13:00 WIB
Lantas, bila ternyata akun telah diretas, apa yang mesti kamu lakukan? Berikut ini Jaka akan berikan langkah-langkah yang bisa kalian ikuti. Yuk, simak baik-baik!

Mendapati akun online kamu telah diretas tentu bukanlah pengalaman yang menyenangkan. Perasaan ketakutan dan cemas berlebihan seketika menghantui kala menyadari kamu tidak bisa memasuki akun Facebook, Twitter atau Gmail. Dalam menghadapi tindakan vandalisme digital saat ini, internet telah mengantisipasi dengan mempersiapkan beberapa pilihan yang dapat kamu lakukan.

Tapi kamu harus yakin dulu bahwa akun memang diretas, salah satu contohnya adalah tidak bisa masuk ke akun atau log-in sampai berkali-kali. Namun, bisa jadi ini disebabkan kamu lupa kata kunci. Lantas, bila ternyata akun telah diretas, apa yang mesti kamu lakukan? Berikut ini Jaka akan berikan langkah-langkah yang bisa kalian ikuti. Yuk, simak baik-baik!

BACA JUGA
  • 5 Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak & Tidak Terbaca, Mudah Tanpa Ribet!
  • Cara Memperbaiki File Video Yang Rusak di Android
  • 6 Cara Mencegah Hard Disk Laptop Rusak atau Bad Sector

Hindari Bahaya! Ini Cara Mengatasi Akun Online yang Telah Diretas

1. Laporkan Ke Perusahaan

D26faa948824007a139c4059d310326b

Perusahaan besar seperti Google, Apple, Microsoft, dan Facebook sangat mengutamakan privasi penggunanya. Karena itu kamu jangan khawatir bila akun telah diretas. Hal pertama yang dapat dilakukan adalah memberi tahu perusahaan yang bersangkutan.

Misalnya, layanan ** Report Gmail Hack ** dapat membantu kamu untuk menuju laman situs yang tepat dalam membuat laporan peretasan akun. Sebelum kamu memasuki informasi, periksa situs URL untuk memastikan laman domain yang kamu akses telah benar.

Bila akun Gmail kamu telah diretas, kamu dapat melaporkannya di situs ini, untuk Apple kamu dapat akses laman ini, dan Microsoft menyediakan layanan pemulihan akun di sini.

Setelah melaporkan masalah tersebut biasanya kamu akan digiring ke laman yang membutuhkan verifikasi pengguna, seperti memasukkan lokasi terakhir login, nomor telepon, alamat rumah, dan pertanyaan khusus yang kamu pilih ketika membuat akun terkait.

Bila kamu beruntung, proses pemulihan akun ini akan berlangsung cepat. Walau terkadang bisa memakan beberapa hari, tergantung seberapa berat kasus peretasan yang dialami. Bila kamu telah mendapatkan akun kembali, langkah selanjutnya berikut ini harus segera dilakukan.

2. Ganti Kata Kunci

C2ef81ef06f02e53d81ab1fa9655fbd0

Setelah kamu berhasil memiliki akun, maka ganti kata kunci secepatnya. Gunakan kata kunci yang baru, jangan hanya sekedar mendaur ulang kata sandi sebelumnya karena dapat berpotensi diretas kembali. Gunakan sandi yang lebih rumit, namun masih dapat diingat dengan baik.

Lalu cek akun kamu perihal perubahan data diri yang terjadi, misalnya nama, alamat, email cadangan, nomor telepon, dan sebagainya. Pastikan kamu telah mengecek dengan detail profil karena bisa jadi sang peretas memasukkan informasi yang dapat digunakan untuk masuk kembali ke akun kamu.

Tidak hanya sampai di situ saja, jika kamu menghubungkan akun dengan kartu kredit, maka harap-harap cemas karena bisa jadi sang peretas menggunakan akun kamu untuk melakukan pembelanjaan. Periksa apakah telah terjadi pencurian atau apakah peretas menambah metode pembayaran dan alamat pengiriman. Bisa jadi akun kamu digunakan untuk melakukan kegiatan ilegal.

3. Verifikasi Pemeriksaan Keamanan

603b01d829e7fad6d40d7b4692736d61

Setelah akun benar-benar pulih, maka segera lindungi akun kamu dari kemungkinan tindakan peretasan di masa depan dengan mengaktifkan fitur verifikasi pemeriksaan keamanan.

Salah satu hal yang dapat kamu lakukan dengan layanan ini, yaitu mengaktifkan verifikasi dua langkah, di mana proses login memerlukan kode yang dikirim ke telepon kamu. Misalnya, Facebook memungkinkan kamu menambah daftar teman terpercaya untuk memverfikasi proses login sehingga mencegah tindakan peretasan. Pelajari model keamanan akun yang kamu miliki.

Jangan lupa untuk memindai virus dan malware di hard drive komputer atau laptop karena bisa jadi penyerang masuk ke akun kamu melalui cara tersebut. Gunakan antivirus yang berstandar, seperti Kaspersky Virus Scanner untuk MacOS atau Microsoft Safety Scanner untuk Windows.

Nah, itulah dia hal-hal yang dapat kamu lakukan setelah mengetahui bahwa akun diretas dan bagaimana mencegahnya di kemudian hari. Jangan menganggap masalah ini sepele karena pencurian data diri dapat berakibat fatal bagi kamu di masa depan.

ARTIKEL TERKAIT
A44243fdd40bcb2b7915bd7e89bcf721

Tidak Memakai Mana, Ini 4 Hero Anti Recall yang Ada di Mobile Legends

Hero Assassin Mobile Legends Banner3

7 Hero Assassin Terkuat Mobile Legends Untuk Mencetak Savage

Cara Hack Diamonds Mobile Legends

4 Cara Hack Mobile Legends dengan Diamonds Agar Semakin Kuat

Cara Main Mobile Legends Sesuai Rank Banner

4 Cara Main Mobile Legends Sesuai Rank Agar Menang Terus

APPS TERKAIT
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
20130131112039_546
LINE Komputer 4.8.3.1128
Apps Naver
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal