Ini Nih 9 Cara Mengamankan Smartphone Kamu dari Segala Marabahaya

Default

Semakin kesini, semakin banyak orang-orang yang menyimpan data penting dan rahasia di dalam smartphone-nya. Sayangnya, smartphone yang kamu gunakan sekarang belum tentu aman lho dari serangan virus dan hacker yang bisa mengakses data kamu.

Untungnya, sebenarnya ada bebapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengamankan smartphone kamu lho. Caranya sendiri bisa dibilang cukup sederhana, namun ampuh untuk menghalau para virus dan juga hacker.

Cara Mengamankan Smartphone Kamu dari Segala Marabahaya

Untuk mengamankan smartphone kamu, JalanTikus sarankan untuk melakukan 9 cara yang ada di artikel ini agar smartphone kamu terhindar dari segala marabahaya. Langsung dimulai saja ya.

1. Gunakan Screen Lock

Lock Screen

Semua smartphone zaman sekarang menawarkan berbagai macam jenis cara mengunci layar, mulai dari pattern, kombinasi angka, kombinasi huruf, fingerprint, dan lainnya. Jangan lupa untuk mengaktifkan salah satu dari beberapa jenis cara mengunci layar agar tidak ada orang lain yang bisa membuka smartphone kamu.

2. Aktifkan SIM Card Lock

Sim Card Lock

Mengunci layar smartphone kamu, ternyata masih belum cukup untuk menghalau kemanan smartphone kamu. Kunci juga SIM card kamu agar nomer kamu tidak bisa digunakan oleh orang lain di HP lainnya. Kemungkinan terburuk jika kamu tidak mengaktifkan SIM card lock adalah, SIM card kamu dicuri dan digunakan untuk kejahatan.

3. Lindungi Data-data Sensitif

Secure Data

Jangan lupa untuk menjaga data-data penting yang ada di smartphone kamu dengan aplikasi pihak ketiga, seperti Folder Lock. Kamu bisa mengunci foto, video, notes, aplikasi, dan masih banyak lagi. Pastikan data-data berharga kamu tidak bisa dicuri ataupun diakses oleh orang lain.

4. Matikan WiFi dan Bluetooth

Turn Off Wifi Bluetooth

Device apapun yang dapat mengirim data tanpa peranta memang berbahaya untuk keamanan. Pastikan koneksi WiFi dan Bluetooth kamu dimatikan ketika tidak digunakan. Karena lewat WiFi dan Bluetooth-lah para hacker tidak bertanggung jawab dapat menyusup ke dalam smartphone kamu dan mengakses data-data pentingmu.

5. Hati-hati Ketika Download Aplikasi

Download Aplikasi

Pasti kamu sudah sering mendengar jika virus bisa menyusup ke smartphone kamu lewat aplikasi yang kamu install. Virus itu sendiri bisa menyusup bukan hanya dari aplikasi yang kamu install dari sumber yang tidak jelas, tapi sampai aplikasi yang ada di Google Play pun bisa menyusupkan virus ke smartphone kamu. Agar terhindar dari virus, baca 5 Cara Agar Smartphone Terhindar dari Virus.

6. Browsing Dengan Aman

Browsing

Ketika berselancar di dunia maya, ancaman memang bisa datang dari mana saja. Tapi, selain ancaman dari luar, kamu juga harus memahami cara agar browsing-an tetap aman, seperti jangan pernah menyimpan password dan username di browser kamu dan jangan pernah masuk ke iklan yang tidak jelas.

7. Matikan Geotagging

Geotagging

Jika kamu adalah seseorang yang mengedepankan privasi, ada baiknya kamu menont-aktifkan fitur geotagging di smartphone kamu. Karena, jika kamu mengaktifkan fitur ini, foto yang kamu ambil akan mempunya informasi tentang dimana foto itu diambil. Dengan software yang tepat, orang-orang yang tidak bertanggung jawab bisa mengetahui dimana lokasi kamu dari foto yang kamu upload di sosial media.

8. Install Antivirus

Antivirus

Memang sih, menggunakan antivirus di smartphone akan mengurangi kecepatan smartphone kamu. Tapi, dengan adanya antivirus di smartphone kamu, virus-virus yang dapat menginfeksi HP kamu pastinya akan dibasmi oleh antivirus yang telah kamu pasang di smartphone kamu. Nah, inilah 9 Antivirus Terbaik Android Gratus dan Ringan di 2017.

9. Remote Wipe

Find My Device

Jika kemungkinan terburuk terjadi, dan smartphone kamu hilang ataupun dicuri, pastinya kamu ingin melindungi data-data penting dan rahasia kamu agar tidak diakses oleh orang lain kan? Kamu bisa melakukan menghapus isi dari smartphone Android kamu dengan aplikasi Find My Device keluaran Google. Dengan aplikasi ini, kamu bisa melacak dimana dan kamu juga bisa menghapus data di dalam smartphone kamu.

Nah, itulah 9 cara mengamankan smartphone kamu dari serangan virus dan juga hacker. Tapi, jika ternyata smartphone kamu sudah terjangkit virus, ada 3 Cara Buat Menghapus Virus dan Malware di Smartphone Android nih!

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal