Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs, Buat Kamu yang Mager Ngetik!

Default

Apakah kamu sering merasa mager ngetik? Coba deh cara mengaktifkan voice typing Google Docs, sangat berfaedah untuk kamu yang lagi mager ngetik.

Praktis dan simpel sehingga kamu lebih produktif karena bisa melakukan efiensi waktu.

Kamu cukup bicara dengan jelas, lalu suara kamu akan langsung otomatis berubah menjadi tulisan dengan fitur voice typing ini.

Cukup bermodal akun Gmail dan kuota internet kamu sudah bisa kok mendapatkan akses layanan ini.

Pokoknya kamu serasa memiliki asisten pribadi atau sekretaris yang siap menuliskan apa yang kamu mau.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk baca penjelasan dari Jaka sampai selesai ya.

Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs

Cara Mengaktifkan Voice Typing Di Google Docs D9e43

Siapa yang tidak tahu Google Docs? Rasanya kalau kamu adalah pengguna setia mesin pencari Google dan Gmail, rasanya familiar dengan Google Docs.

Google Docs bisa dibilang Microsoft Word-nya Google. Dengan Google Docs, kamu bisa mengetik atau mengedit dengan mudah. Syaratnya satu, yakni kamu harus terhubung dengan internet.

Kelebihan dan Kekurangan Google Docs

Apa sih kelebihan Google Docs dengan Microsoft Word? Kalau menurut Jaka, kelebihan utamanya adalah Google Docs itu gratis! Kita tinggal buka Google Docs di internet dan login dengan akun Gmail kita, bisa deh digunakan.

Berbeda dengan Microsoft Word, untuk mengoperasikannya kita perlu menginstalnya terlebih dahulu. Kemudian kita harus membeli lisensinya agar bisa mendapatkan kunci produknya. Barulah kita bisa mengetik dan mengedit dokumen kita.

Kelebihan lainnya yang dimiliki Google Docs adalah karena menggunakan sistem penyimpanan Cloud, membuat kita bisa membukanya dari device mana pun asalkan terhubung dengan akun Gmail kita.

Jadi, kita tak perlu susah payah bawa laptop kesana-kemari. Karena dari smartphone kamu juga bisa mengakses Google Docs bahkan ada aplikasi khususnya.

Berbeda dengan Microsoft Word yang penyimpanannya di internal device. Kecuali kalau kita simpan di Google Drive baru bisa kita buka dari device mana pun.

Kelebihan selanjutnya dari Google Docs adalah kamu bisa mengetik tanpa tangan cukup pakai mulut saja. Eh, maksudnya bagaimana?

Jadi, maksudnya adalah kamu tak perlu mengetikkan jarimu pada tuts keyboard. Cukup dengan bersuara yang lantang maka otomatis suaramu tadi akan dikonversi menjadi tulisan.

Caranya bagaimana? Nah, inilah yang akan kita bahas dalam cara mengaktifkan voice typing di Google Docs.

Sayangnya kelemahan dari Google Docs ini adalah untuk mengoperasikannya dengan lancar, kamu butuh terkoneksi dengan internet agar setiap tulisan yang kamu ketikkan dapat tersimpan secara otomatis.

Fitur Voice Typing Google Docs

Siapa yang sering mengerjakan tugas kuliah atau kantor dengan Google Docs? Sudah tahu pernah mencoba mengetik hanya dengan suara kamu?

Emang bisa? Bisa dong, canggih, bukan? Adanya fitur voice typing membantu kamu yang saking sibuknya tidak ada waktu untuk mengetik, bisa dengan mudah mengetik dengan hanya bersuara saja.

Kelebihan dari fitur voice typing adalah tentunya bisa membantu mengkonversi suara menjadi tulisan. Hanya saja kita butuh berbicara dengan keras dan jelas agar hasil tulisannya akurat sesuai dengan yang kita inginkan.

Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs

Mengaktifkan Voice Typing Di Google Docs 5ac73

Baiklah, tanpa berbasa-basi lagi, mari kita praktekkan cara mengaktifkan voice typing di Google Docs.

  1. Bukalah Google Docs Kamu di alamat docs.google.com.
  2. Masuk dengan akun Google kamu.
  3. Klik icon + untuk membuka dokumen baru.
  4. Pilih Menu Tools atau Alat.
  5. Klik pilihan dikte atau voice typing.
  6. Jangan lupa untuk aktifkan mikrofon laptop atau PC kamu.
  7. Klik gambar mikrofon yang muncul dan pilih Bahasa Indonesia. 8.Selesai! Kamu bisa mulai berbicara dengan lantang dan jelas agar bisa terkonversi dengan jelas oleh fitur ini.

Nah, itulah cara mengaktifkan voice typing di Google Docs. Fitur voice typing ini sayangnya hanya ada ketika dibuka lewat browser laptop atau PC. Untuk Google Docs di smartphone belum ada fitur ini.

Untuk tanda baca agar bisa dikonversikan langsung maka kamu perlu membacanya dengan kata. Misalnya titik, koma, tanda seru, tanda tanya, baris baru, paragraf baru.

Kamu juga bisa, lho, menggunakan fitur voice typing ini untuk memformat teks seperti teks tebal, teks miring, teks bergaris bawah, semua huruf kapital, kapitalisasi satu karakter, penandaan karakter, pembesaran ukuran fon, penggandaan jarak garis, rata tengah, atau penambahan dua kolom.

Akhir Kata

Ternyata semakin canggih saja ya fitur yang ada di Google Docs. Cara mengaktifkan fitur voice typing ini sangat membantu kamu, bukan? Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Nabila Ghaida Zia.

ARTIKEL TERKAIT
20130611153154_1790
Apple iWork for iCloud, Saingan Baru Google Docs
Google Docs Scam Banner
Bahaya! Serangan Phising Lewat Google Docs Menyebar Luas
Cover_gmail
Fitur Input Tulisan Tangan di Gmail dan Google Docs
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal