Cara Mudah Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah untuk Menangkal Hacker

10 May 2017

Jumlah ancaman keamanan dan penipuan di internet semakin meningkat dari hari ke hari. Biar kamu nggak jadi korban, tentunya kamu tahu betapa pentingnya menggunakan password unik yang kuat untuk melindungi semua akun online kamu.

Bahkan, mungkin kamu juga telah menggunakan password manager seperti LastPass dan 1Password, yang bisa membantu kamu menghasilkan password rumit.

Sayangnya, meski kamu sudah cukup rajin dalam memperkuat sandi, masih ada kemungkinan bagi para penjahat cyber, black-hat hacker atau cracker menemukan cara untuk memecahkannya.

Lindungi Akun Google, Facebook, dan Outlook! Begini Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Maka dari itu, satu langkah lagi yang harus kamu lakukan untuk melindungi diri sendiri adalah dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah atau juga dikenal otentikasi dua faktor. Apa itu dan bagaimana caranya?

Cara Kerja Verifikasi 2 Langkah

verifikasi dua langkah

Verifikasi 2 langkah ini maksudnya menambahkan lapisan keamanan dengan meminta kamu untuk memberikan dua bentuk identifikasi sebelum kamu dapat mengakses akun online kamu.

Jadi, selain user ID dan password, kamu juga butuh kode unik yang dikirim ke nomor telepon atau perangkat fisik lainnya, yang kemudian masuk pada tahap kedua dari proses login.

Karena identifikasi kedua dikirim ke perangkat yang secara fisik yang kamu bawa, sehingga bisa mempersulit hacker untuk menjebol akun kamu.

Berikut Jaka jelaskan cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah di beberapa akun penting kamu. Seperti Google, Facebook, dan Outlook.

Cara Aktifkan Verifikasi 2 Langkah di Google

Cara-aktifkan-verifikasi-2-langkah-di-Google

  • Buka laman Verifikasi 2 Langkah. Kamu mungkin harus masuk ke akun Google.
  • Dalam kotak "Verifikasi 2 Langkah" di sebelah kanan, pilih mulai penyiapan.
  • Ikuti proses penyiapan langkah demi langkah.

Setelah selesai, kamu akan dibawa ke laman setelan Verifikasi 2 Langkah. Tinjau setelan dan tambahkan nomor telepon cadangan. Saat berikutnya kamu masuk, kamu akan menerima SMS yang berisi kode verifikasi. Kamu juga memiliki opsi untuk menggunakan kunci keamanan untuk verifikasi 2 Langkah.

Cara Aktifkan Verifikasi 2 Langkah di Facebook

gunakan-otentikasi-dua-langkah

Facebook telah menyediakan berbagai pengaturan terkait privasi untuk mengamankan informasi kamu. Begini cara mengaktifkan verifikasi 2 langkah di Facebook:

  • Caranya, buka Account Settings Facebook.
  • Kemudian pilih "Security" dan "Login Alerts".
  • Selanjutnya, klik "Memulai" dan kamu akan dapat peringatan pesan seperti ini. "Jika Anda tidak pernah menggunakan Pembuatan Kode, maka kami akan mengirimkan kode masuk ke ponsel Anda." Klik "Lanjutkan".
  • Facebook akan mengirim kode masuk alternatif, dan konfirmasikan.

Dengan ini, meskipun mereka punya user name dan password Facebook kita, tetap nggak akan bisa menjebol akun kita karena dibutuhkan kode tambahan yang dikirimkan ke nomor telepon.

Cara Aktifkan Verifikasi 2 Langkah di Microsoft Outlook

Cara-aktifkan-verifikasi-2-langkah-di-Microsoft-Outlook

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah atau menonaktifkan di akun Microsoft Outlook, caranya:

  • Buka laman Verifikasi 2 Langkah. Kamu mungkin harus masuk ke akun Microsoft.
  • Kemudian, masukkan 4 digit terakhir nomor telepon kamu dan pilih "Send Code".
  • Tunggu beberapa saat, kamu akan mendapatkan kode tambahan dari Microsoft, input kode tersebut dan submit. Ikuti saja petunjuknya.

Akhir Kata

Itulah cara kerja dan mengaktifkan verifikasi dua langkah, untuk melindungi akun Google, Facebook, dan Microsoft Outlook kamu. Selain ketiga layanan di atas, kalau layanan lain yang kamu gunakan mendukung juga, sebaiknya kamu aktifkan deh. Siapa lagi yang melindungi akun online kamu, kalau bukan kamu sendiri. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Keamanan atau tulisan dari Lukman Azis lainnya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar