• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

WAJIB! Lakukan Hal Ini Jika Ingin Mencegah Virus Menyebar Dalam Sistem Komputer

WAJIB! Lakukan Hal Ini Jika Ingin Mencegah Virus Menyebar Dalam Sistem Komputer

Sabtu, 1 Apr 2017, 13:30 WIB
PC kamu terlanjur lemot karena diserang virus? Segera pakai cara berikut ini biar virus nggak menyebar lebih luas!

Tentunya kamu pasti pusing jika sedang asyik browsing di internet atau sedang menginstal suatu software, tiba-tiba virus masuk dan komputermu menjadi lambat. Seperti yang kita ketahui bahwa virus memang dibuat untuk merusak segala sistem yang dianggapnya baik-baik saja.

Pada umumnnya, virus adalah salah satu malware atau malicious software. Selain merusak sistem operasi atau sistem komputer, malware juga sangat berbahaya karena bisa menghancurkan total sebuah sistem. Ngeri ya? Apalagi kalau di PC kamu ternyata banyak data penting yang belum di-back up. Bisa bahaya kan kalau sampai rusak total. Lalu, gimana ya cara mencegahnya? Nih, Jaka kasih tahu di ulasan berikut ini. Simak selengkapnya ya!

BACA JUGA
  • Cara Scan dan Membasmi Virus di Komputer Tanpa Antivirus
  • 4 Virus Mematikan Ini Bisa Menyebabkan Kepunahan Manusia

WAJIB! Lakukan Hal Ini Jika Ingin Mencegah Virus Menyebar Dalam Sistem Komputer

1. Instal Program Antivirus

420519 The Best Antivirus Utilities For 2016

Sumber foto: Foto: pcmag.com

Memasang program antivirus di komputer sudah menjadi sebuah kewajiban. Dengan adanya program antivirus ini komputer setidaknya bisa memproteksi virus yang akan menyerang komputermu. Ada beberapa program antivirus yang bisa kamu dapatkan di internet, seperti program antivirus, program anti rootkit, program malware removal, dan masih banyak lagi.

Walaupun di komputer anda sudah terpasang beberapa program antivirus beserta program antivirus tambahan, tetap saja kamu harus selalu meng-update-nya supaya nanti bila ada virus-virus baru yang bermunculan, antivirus yang selalu ter-update inilah yang akan segera membasminya.

2. Perbaharui Security System Secara Berkala

Windows 8 Security System Virus

Sumber foto: Foto: malwaretips.com

Apabila Security System PC kamu sering di-update secara berkala, itu bisa diibaratkan komputer kamu secara otomatis akan melakukan sebuah penyempitan celah agar virus tidak bisa masuk dan tidak akan merusak sistem komputer.

Kita tidak harus bergantung pada antivirus saja. Akan tetapi, semua kemanan yang sudah menjadi standar dari sistem operasi Windows harus selalu kita update secara rutin. Salah satunya adalah Security System ini

3. Lakukan Scanning Komputer Dengan Antivirus Secara Berkala

Bullguard Antivirus Scanning
Sumber foto: Foto: security-faqs.com

Banyak pengguna komputer yang sering melupakan salah satu faktor ini. Padahal dengan melakukan scanning ini, virus-virus yang ada di dalam komputer akan dihapus.

Kita tidak tahu apa saja virus yang sudah bisa menembus antivirus yang sudah terpasang. Jadi, sebagai pengguna komputer yang baik dan tidak ingin kompeternya rusak, rajin-rajinlah untuk melakukan scan komputer minimal sebulan sekali.

Cara Menghilangkan Virus Dengan Flashdisk Banner
Menghilangkan Virus dengan Flashdisk
Di zaman yang serba modern ini, tampaknya semua sudah tahu tentang flashdisk. Flashdisk memang biasa digunakan untuk menyimpan data, tapi apa kamu tahu flashdisk juga bisa dijadikan sebagai penangkal virus?
LIHAT ARTIKEL

4. Jangan Sembarangan Sambungkan Flashdisk ke Komputer

Images
Sumber foto: Foto: geekomad.com

Salah faktor yang sering jadi perantara masuknya virus ke PC yaitu karena sembarangan menyambungkan flashdisk ke komputer tanpa melakukan scanning. Walaupun flashdisk yang kamu sambungkan ke komputer dirasakan tidak memiliki virus di dalamnya, setidaknya kamu harus lakukan scanning terlebih dahulu sebagai tindakan pencegahan.

5. Matikan Fitur Autorun di Komputer

Screenshotfull
Sumber foto: Foto: disableautorun.com

Biasanya fitur autorun ini sudah aktif pada saat komputer kamu sudah terinstal sistem operasi Windows. Tapi, tahukah kamu? Sebenarnya fitur autorun ini bisa dimanfaatkan oleh malware untuk bisa mengeksekusi dirinya agar masuk lebih jauh ke dalam sistem komputer.

Maka dari itu, segera matikan fitur autorun ini agar semua malware yang ada di dalam flashdisk tidak gampang masuk ke komputer kamu.

6. Perhatikan Software Sebelum Diinstal

Effects Computer Piracyb51f9b6ba5cb48de
Sumber foto: Foto: reference.com

Banyak di antara kita sering melakukan instal software di komputer tanpa melakukan penelitian sebelumnya. Biasanya ada banyak malware yang selalu bersembunyi di dalam software tersebut agar bisa masuk ke dalam sistem komputer dengan cara mengelabui pemilik komputer.

Karena itu sebelum menginstal program apa pun, kenali lebih jauh program tersebut. Usahakan kamu mendapatkannya dari sumber yang terpercaya dan bukan bajakan. Sebab tak jarang ditemukan banyak malware yang ternyata bersembunyi di berbagai software bajakan.

Nah, itu dia tadi beberapa tips dari Jaka tentang cara mencegah virus masuk lebih jauh ke dalam sistem komputer. Untuk kamu yang belum tahu, Jaka berharap postingan ini bisa bermanfaat menambah informasi untuk kamu ya. Selamat mempraktikkan dan jangan lupa share di kolom komentar pengalaman kamu dalam mencegah virus masuk ke PC ya.

ARTIKEL TERKAIT
Menyembunyikan History Browser Dari Operator Banner

3 Cara Menyembunyikan History Browser dari Operator Nakal

Game Gratis Playstation April 2017 Banner

6 Game PS4, PS3, dan PS Vita yang Bisa Didownload Gratis April 2017

Teknologi Memancing Banner

3 Teknologi Canggih untuk Memancing Banyak Ikan dengan Mudah

Aplikasi Berguna Dibawah 5 Mb Banner

5 Aplikasi Android Paling Berguna di Bawah 5MB

Game Balap Motor Terbaik Banner F549f

12 Game Balapan Motor Terbaik 2019 untuk Android & PC | Moto GP atau Drag Race!

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Coc Icon Icon
Clash of Clans 13.0.31
Games Supercell
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal