J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online 2020 | Lengkap dan Mudah!

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online 2020 | Lengkap dan Mudah!

Senin, 21 Sep 2020, 21:00 WIB
Cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online 2020, lengkap dengan syarat dan langkahnya bisa kamu ikuti di dalam artikel ini!

Banyak yang belum mengetahui cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online selama masa pandemi virus corona.

Di tengah masa pandemi ini, banyak pihak dan perusahaan yang terpukul dengan dampak dari adanya Covid-19 yang menyebabkan turunnya kondisi ekonomi. Seperti banyak pegawai dan pekerja yang terpaksa dirumahkan.

Makanya banyak orang yang mencari dukungan dana tambahan untuk keperluan sehari-hari seperti dengan meminjam uang di situs pinjam uang syariah hingga mencairkan BPJS Ketenagakerjaan, geng.

Berikut ini Jaka akan menjelaskan sejumlah informasi mengenai cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online dan syarat-syaratnya lengkap!

Syarat dan Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online 2020

BPJS Ketenagakerjaan merupakan badan perlindungan keamanan sosial dan ekonomi bagi masyarakat dengan menyediakan layanan jaminan keamanan sosial baik melalui finansial.

Sehingga ketika banyak pekerja yang dirumahkan selama masa pandemi ini. Banyak yang mencoba mencairkan dana yang tersimpan di BPJS Ketenagakerjaan.

Demi mendukung kebutuhan finansial mereka. Daripada harus meminjam uang di aplikasi pinjam online yang banyak beredar.

Berikut ini sudah Jaka rangkum sejumlah informasi mengenai cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online berikut dengan syarat dan ketentuannya. Simak baik-baik hingga selesai, ya!

Manfaat BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan Online 2020 82e48

Sebelum membahas mengenai cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan, sebelumnya Jaka sudah menjelaskan secara singkat mengenai peran dan kegunaan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Berikutnya kamu perlu mengetahui mengenai manfaat dari mendaftarkan diri sebagai bagian keanggotaan dari BPJS Ketenagakerjaan ini, geng.

Bagi peserta Jaminan Hari Tua (JHT), manfaat program ini bisa dinikmati dalam bentuk uang tunai yang akan diberikan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Besaran manfaat yang dapat diperoleh peserta adalah sebesar jumlah akumulasi seluruh iuran yang telah dibayarkan dan ditambah dengan hasil pengembangan iuran tersebut.

Manfaat ini dapat diterima oleh pekerja yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan sejumlah kondisi sebagai berikut ini:

  • Sudah mencapai usia 56 tahun (pensiun).
  • Peserta meninggal dunia.
  • Peserta mengalami cacat total.

Namun ada juga beberapa kondisi yang diperbolehkan bagi peserta untuk mencairkan saldo BPJS Ketenagakerjaan sebagai berikut ini:

  • Peserta mengundurkan diri dan atau berhenti bekerja.
  • Peserta mengalami PHK dan nggak sedang bekerja di manapun.
  • Peserta pergi ke luar negeri dan nggak lagi tinggal di Indonesia untuk selamanya.
  • Pekerja mengundurkan diri dan berhenti bekerja, kemudian bekerja lagi di perusahaan lain, bisa mencairkan JHT sebelum perusahaan baru mendaftarkan kepesertaan JHT kamu.

Kamu juga bisa menggunakan dana BPJS Ketenagakerjaan yang dicairkan untuk membayar pinjaman aplikasi online loh.

Syarat Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan

Cara Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan 2020 25b09

Sebelum masuk ke cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online, berikut ini sejumlah informasi yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Apabila kamu masih mengusahakan mencari kerja kamu bisa coba aplikasi pencari kerja terbaru.

Ada beberapa dokumen yang perlu kamu siapkan sebelum mulai melakukan proses pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan, geng.

Berikut ini adalah daftar syarat mencairkan BPJS Ketenagakerjaan untuk program JHT. Siapkan baik-baik jangan sampai ketinggalan, ya!

  • Fotokopi kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, dan aslinya.
  • Fotokopi KTP beserta aslinya. Bagi yang belum punya e-KTP, wajib menyertakan Surat Keterangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) yang menerangkan bahwa KTP masih dalam proses.
  • Fotokopi buku tabungan (1 lembar) dan buku tabungan asli.
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan aslinya.
  • Surat keterangan aktif bekerja dari pihak perusahaan tempat kerja (asli) yang menerangkan tentang nilai pengajuan klaim yang dilakukan peserta (untuk klaim 10% atau 30%).
  • Formulir pengajuan klaim JHT (F5), yang diisi dengan lengkap (untuk klaim langsung di kantor).

Sebagai informasi tambahan dokumen persyaratan untuk mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online harus dalam format .JPEG, .JPG, .PNG, .BMP, atau .PDF, ya, geng!

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online

Cara Mencairkan Bpjs Ketenagakerjaan Secara Online D5cca

Selama masa pandemi ini, BPJS Ketenagakerjaan menyediakan layanan berupa E-Klaim yakni layanan berbasis teknologi daring atau online yang ditujukan mempermudah peserta mencairkan saldo JHT mereka.

Adapun langkah pertama yang perlu untuk kamu lakukan adalah membuka alamat situs dari BPJS Ketenagakerjaan melalui alamat https://es.bpjsKetenagakerjaan.go.id/login/

Setelah situs terbuka kamu perlu untuk mengisi beberapa data pribadi yang dibutuhkan untuk keperluan verifikasi data. Berikut ini adalah daftar data-data pribadi yang perlu untuk kamu isi, geng.

  • Nomor E-KTP atau Nomor Induk Kependudukan (NIK) kamu.
  • Nama lengkap isi dengan nama lengkap sesuai dengan EKTP.
  • Tanggal lahir yang diisi dengan format DDMMYY.
  • Nomor BPJS Ketenagakerjaan yang diisi dengan nomor BPJS TK di kartu milikmu, berjumlah 11 digit.
  • Alasan klaim ketika kamu pilih atau klik akan ada sejumlah pilihan alasan.
  • Nomor ponsel isi dengan nomor ponsel yang masih aktif. Pastikan nomor kamu benar dan aktif lantaran melalui nomor ini kamu akan mendapatan kode verifikasi atau PIN.
  • Alamat e-mail isi juga dengan alamat email yang masih aktif atau yang paling sering kamu gunakan. Pasalnya, juga lewat e-mail ini kamu akan mendapatkan kode verifikasi atau PIN.
  • Setelah semua data terisi dan benar, kamu perlu untuk memasukkan kode nomor verifikasi atau PIN yang sudah dikirimkan ke HP atau melalui email.

Langkah berikutnya yang perlu kamu perhatikan adalah cek kembali kelengkapan isi formulir. Formulir online harus diisi lengkap, beberapa kolom mungkin akan terisi secara otomatis.

Kemudian, selanjutnya masukkan kode verifikasi atau PIN yang dikirim lewat SMS atau alamat email tadi. Berikutnya kamu perlu memasukkan nama dari pemilik rekening, bank, serta nomor rekening kamu.

Terakhir, unggah dokumen-dokumen persyaratan yang sudah kamu pindai atau scan sebelumnya. Jika sudah selesai, kamu akan menemukan pemberitahuan dalam kotak merah yang memberithahukan kamu perlu menunggu kabar dari BPJS TK, geng.

Selanjutnya jika kamu sudah mengisi data pribadi dan mengunggah dokumen persyaratan tadi, maka kamu selanjutnya bakalandapat notifikasi lemat email jika aplikasi pengajuan pencairan BPJS TK milik kamu sudah berhasil direkam, geng.

Maka kamu tinggal perlu menunggu persetujuan dari pihak kantor Jamsostek yang sudah kamu pilih sebelumnya dalam formulir. Tahap verifikasi ini akan memakan waktu selama 1x24 jam, geng.

Apabila kamu sudah mendapatkan email notifikasi, maka selanjutnya kamu cetak dan bawa ke kantor cabang BPJS yang kamu pilih disertai dengan dokumen persyaratan yang asli dan kopiannya.

Nggak usah khawatir menunggu lama atau mendaftar nomor antrean kembali. Pasalnya data kamu sudah terekam sehingga sesampainya di kantor kamu hanya perlu memeberitahu pada petugas dan menunggu giliran untuk dipangggil.

Sebagai informasi kembali kamu akan perlu menunggu proses dari pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan selama kurang lebih 10 hari kerja hingga kamu ditransferkan saldo JHT BPJS Ketanagakerjaan tersebut.

Akhir Kata

Nah, itu tadi sejumlah informasi dan penjabaran syarat mencairkan BPJS Ketenagakerjaan online. Serta langkah lengkap dan cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan, geng.

Apabila kamu baru saja dirumahkan dan mencari cara untuk pemasukkan tambahan. Kamu bisa coba cara untuk membuat blog dan menghasilkan uang dengan blog.

Apakah menurutmu di masa pandemi ini BPJS Ketenagakerjaan cukup membantu para pekerja yang mengalami PHK atau dirumahkan? Bagikan pendapatmu di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.com

ARTIKEL TERKAIT
Pinjaman Online Cepat Cair 45a7a

10 Pinjaman Online Cepat Cair Terpercaya&Aman (BUNGA 0%)

Gopay Ovo 9b58e

GO-PAY vs OVO: Siapakah Raja FinTech Indonesia?

Daftar Fintech Yang Terdaftar Di BI 9ccac

Ini Daftar 54 Fintech yang Sudah kantongi Izin dari Bank Indonesia | Maret 2019

Fintech Ilegal Banner 2920d

Tidak Punya Izin dari OJK, Inilah Daftar 231 Fintech Ilegal di Indonesia!

Ciri Penyedia Pinjaman Online 1489c

Ciri Aplikasi Pinjaman Uang Online yang Aman dan Terpercaya

Bi Checking 33cde

Cara Melihat BI Checking Agar Pengajuan Pinjaman Online Diloloskan

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
3 Cara Cek Saldo BPJS JHT Ketenagakerjaan Terbaru 2020

3 Cara Cek Saldo BPJS JHT Ketenagakerjaan Terbaru 2020

Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp, Bisa Buat Stalking!

Cara Mengetahui Teman Sedang Online di WhatsApp, Bisa Buat Stalking!

10 Aplikasi Pinjaman Online Terbaik & Terbaru 2020, Terdaftar OJK!

10 Aplikasi Pinjaman Online Terbaik & Terbaru 2020, Terdaftar OJK!

Kumpulan Cara Cek KTP via Internet | Pastikan KTP Asli Atau Palsu!

Kumpulan Cara Cek KTP via Internet | Pastikan KTP Asli Atau Palsu!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal