Cara Mencairkan BLT BBM di Kantor Pos dengan Mudah, Simak Syaratnya Di Sini!

Default

Cara mencairkan BLT banyak dicari setelah pemerintah memutuskan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) kepada masyarakat.

Naiknya harga energi dunia yang diperparah oleh perang antara Rusia & Ukraina membuat harga BBM di Indonesia meroket. Terbaru, harga BBM bersubsidi, Pertalite, melonjak dari Rp7.650 menjadi Rp10.000 per liter.

Agar masyarakat tidak kesulitan mendapatkan BBM bersubsidi, pemerintah meluncurkan BLT BBM senilai Rp600.000. BLT BBM tahap I sudah dicairkan sejak September, dan untuk tahap selanjutnya akan dicairkan bulan Desember 2022 mendatang.

Bagaimana cara mengecek penerimaan BLT? Bagaimana cara mengambil subsidi ini jika kita salah satu penerimanya? Jaka akan membeberkan informasi lengkap cara mencairkan BLT BBM di tulisan berikut.

Ketentuan Penyaluran BLT BBM 2022 dari Pemerintah

Jokowi Sebut Blt Bbm Sudah Disalurkan Ke 59 Juta Keluarga 220915104808
Sumber foto: BLT BBM Rp600.000, Jaring Sosial Pemerintah - DDTC

BLT BBM merupakan salah satu jaring pengaman sosial yang dilancarkan pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah kenaikan harga BBM.

Seperti yang Jaka sebutkan sebelumnya, harga BBM naik imbas harga energi global yang juga tengah meroket. BBM di Indonesia, baik subsidi maupun non subsidi, melonjak hingga 30%.

Setidaknya, 10 juta masyarakat Indonesia merupakan konsumen BBM milik Pertamina, belum lagi konsumen produk swasta seperti Shell, BP AKR, dan VIVO.

Oleh karena itu, kenaikan harga ini sangat berdampak kepada masyarakat terutama kelas menengah ke bawah. Diharapkan, dengan BLT ini, masyarakat terbantu dalam memenuhi kebutuhan transportasinya.

Kementerian Keuangan menjelaskan, BLT BBM ini berjumlah Rp600.000 dan akan dibagikan ke 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). BLT ini disalurkan dalam dua tahap, yaitu tahap I pada bulan September-Oktober dan tahap II pada bulan November.

Pada tahap I, telah disalurkan anggaran Rp6,2 triliun untuk keperluan program ini. Jumlah itu sama dengan 50% dari total anggaran yang direncanakan, yaitu Rp12,39 triliun.

Cara Mengecek Apakah Kita Mendapat BLT atau Tidak

Infografisingin Mendapatkan Bansos Tunai Rp 600000 Begini Caranyaaristya Rahadian 43
Sumber foto: Cek Sebelum Mencairkan BLT BBM - CNBC

Untuk memastikan apakah kamu bagian dari penerima bantuan sosial (bansos) atau bukan, kamu bisa melakukan pengecekan melalui dua cara. Pertama, melalui laman Bansos Kementerian Sosial, kedua melalui Aplikasi Cek Bansos. Simak kedua cara tersebut di sini.

1. Situs web Bansos Kementerian Sosial

Pastikan kamu mempunyai paket data yang cukup untuk mengakses situs web ini. Pastikan juga browser perangkat kamu bekerja dengan baik. Jaka rekomendasikan kamu mengeceknya melalui PC atau laptop.

  1. Buka situs web Bansos Kementerian Sosial di sini
  2. Pilih provinsi, kabupaten, kota, dan desa sesuai KTP
  3. Masukkan nama sesuai KTP
  4. Isi huruf kode yang ditampilkan
  5. Klik Cari Data

Jika kamu penerima manfaat, kamu akan mendapat tulisan berisi bahwa kamu berhak menerima BLT. Jika bukan, maka akan muncul tulisan Tidak Terdapat Peserta/KPM.

2. Aplikasi Cek Bansos

Kamu perlu mengunduh aplikasi Cek Bansos dari Kementerian Sosial terlebih dahulu sebelum menggunakan cara ini. Silakan ikuti instruksi dari Jaka di bawah.

  1. Unduh dan instal Aplikasi Cek Bansos di sini
  2. Pilih Buat Akun Baru
  3. Isi data seperti nomor Kartu Keluarga (KK), NIK, dan alamat sesuai KTP
  4. Lampirkan swafoto dengan KTP dan foto KTP
  5. Klik Buat Akun Baru
  6. Tunggu data diverifikasi oleh Kemensos
  7. Setelah data terverifikasi, akun atau user ID akan diaktivasi
  8. Login dengan memasukkan username dan kata sandi
  9. Pilih menu Cek Bansos
  10. Lengkapi data sesuai KTP
  11. Klik Cari Data
  12. Jika kamu termasuk penerima bansos, kamu akan melihat status kepesertaanmu

Syarat dan Cara Mencairkan BLT BBM di Kantor Pos

Penyaluran Blt Untuk Buruh Rokok 1 169
Sumber foto: Penuhi syaratnya sebelum mencairkan BLT BBM - CNN

Kalau kamu termasuk penerima bantuan, selamat! Kamu wajib menyiapkan syarat sebelum membaca cara mencairkan BLT BBM 2022. Apa saja syaratnya? Silakan simak daftar di bawah ini.

  • Warga miskin atau rentan miskin
  • Bukan aparatur sipil negara (ASN), TNI atau Polri
  • Terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam DTKS Kemensos
  • Warga atau pekerja berpenghasilan di bawah Rp 3,5 juta.

Sudah memenuhi syarat tersebut? Langsung saja datangi kantor pos untuk mencairkan BLT BBM milikmu! Eits, tapi kamu harus membawa sejumlah dokumen, yaitu:

  • Surat undangan pencairan (surat undangan pencairan diberikan pemerintah desa atau RT/RW setempat. Jika kamu tidak mendapatkannya, segera minta ke pemerintah desa atau RT/RW)
  • KTP asli
  • Kartu Keluarga asli

Untuk alurnya, kamu cukup datang ke kantor pos dan mengambil nomor antrian. Ketika dipanggil, serahkan nomor antrian dan berkas yang kamu siapkan. Petugas akan melakukan verifikasi dan menyerahkan BLT BBM-mu secara tunai.

Cara Mengusulkan Diri Jadi Penerima BLT

Aplikasi Cekbansos Kemensos
Sumber foto: Tidak termasuk penerima bansos? Usulkan lewat Aplikasi Cek Bansos - Bisnis.com

Tenang, jika kamu tidak termasuk ke dalam kategori penerima bansos padahal kondisimu sesuai dengan kriteria penerima bantuan, kamu bisa mengusulkan diri untuk jadi penerima BLT.

Caranya mudah. Kamu wajib install Aplikasi Cek Bansos sebelumnya. Jika sudah terpasang, silakan ikuti instruksi di bawah ini.

  1. Buka Aplikasi Cek Bansos
  2. Pilih Daftar Usulan
  3. Tap Tambah Usulan
  4. Isi formulir sesuai data kependudukan calon penerima manfaat
  5. Pilih jenis bantuan sosial, apakah BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) atau PKH (Program Keluarga Harapan)
  6. Unggah dua foto, yakni KTP dan rumah tampak depan
  7. Tunggu verifikasi dari Kementerian Sosial
  8. Kalau datamu valid, maka kamu akan termasuk ke dalam kategori penerima bansos

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai BLT BBM 2022 dan cara mencairkan BLT BBM di kantor pos. Caranya tidak sulit, kan? Sayangnya, saat ini belum ada cara mencairkan BLT online karena penerima bantuan harus datang langsung ke kantor pos.

Yang jelas, kamu harus pastikan dulu apakah kamu penerima atau bukan. Kamu juga bisa bertanya kepada Ketua RT/RW wilayahmu, karena jika kamu termasuk penerima bansos, kamu akan mendapat undangan pencairan bansos di kantor pos.

Setelahnya kamu hanya perlu bawa surat undangan, KTP, dan KK ke kantor pos. Tinggal duduk manis dan tunggu BLT-nya diberikan oleh petugas kantor pos kepadamu. Selamat mencoba!

Baca juga artikel Tips, Finansial, atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal