J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP & Laptop, Bisa Jadi 100kb!

5 Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP & Laptop, Bisa Jadi 100kb!

Sabtu, 3 Okt 2020, 13:00 WIB
Cara memperkecil ukuran foto jadi 100kb ternyata gampang loh. Nggak percaya? Nih, Jaka ulas cara mengecilkan ukuran foto di HP juga laptop cepat & mudah!

Cara mengecilkan ukuran foto ternyat mudah loh untuk dilakukan, terlebih lagi dengan mengecilkan ukuran ini kualitas dari foto tersebut masih bisa dipertahankan seperti semula.

Misalnya saja untuk kebutuhan melamar pekerjaan secara online atau syarat administrasi lainnya, di mana kamu harus mengunggah pas foto yang harus dikompres menjadi 100kb saja.

Nggak perlu panik! Sekarang kamu bisa dengan mudah mengubah ukuran foto berbekal beberapa cara mudah yang bisa dilakukan di HP dan laptop, lho.

Penasaran, kan? Berikut Jaka ulas kumpulan cara mengecilkan ukuran foto di HP dan laptop yang bisa kamu praktikkan di bawah ini, deh!

Kumpulan Cara Mengecilkan Ukuran Foto di HP dan Laptop Tanpa Mengurangi Kualitas

Beberapa cara memperkecil ukuran foto di HP dan laptop bisa kamu lakukan dengan mengandalkan aplikasi atau software, seperti Paint, Adobe Photoshop, dan lainnya.

Adapun jika kamu malas pasang dan lebih memilih cara kompres foto tanpa aplikasi, ada juga beberapa tools online yang bisa kamu akses langsung melalui aplikasi browser Android dan laptop.

Alternatif ini bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu, dan hasil yang diberikan oleh setiap metode yang Jaka bagikan ini pun sama bagusnya.

Entah dari aplikasi maupun situs khusus yang bisa kamu akses secara gratis di internet, semuanya bisa dijadikan perantara cara mengecilkan resolusi foto.

Fungsi Utama Kenapa Harus Tahu Cara Memperkecil Ukuran Foto?

Cara mengurangi ukuran foto bisa dibilang sebagai salah satu trik penting yang harus kamu kuasai, sebab di era sekarang ini kamu akan sering berurusan dengan dokumen digital termasuk foto.

Setiap lembaga biasanya memiliki standar tersendiri mengenai ukuran foto juga resolusi dari foto yang mereka gunakan, dan kamu harus menyediakan foto digital sesuai dengan standar yang mereka tetapkan.

Maka dari itu, kamu wajib tahu bagaimana cara kompres foto 100KB untuk mengantisipasi pengumpulan foto digital dalam format dan ukuran yang berbeda-beda.

1. Cara Memperkecil Ukuran Foto di Android via Aplikasi

Sekarang sudah zamannya segala kebutuhan bisa dilakukan secara mobile alias melalui smartphone, termasuk untuk urusan compress dan resize ukuran foto, nih!

Nah kalau kamu punya file pas foto atau swafoto di HP kamu dan malas untuk pindahin ke PC atau laptop, kamu juga bisa mengubah ukuran foto menjadi kecil di Android, lho.

Di sini kamu bisa mengandalkan berbagai aplikasi kompres foto terbaik di Android, salah satunya Photo Compress 2.0 yang punya ukuran kecil, hanya 1.7MB saja dan tanpa iklan. Penasaran?

Langkah 1 - Download Aplikasi Photo Compress 2.0 Terbaru Untuk Memperkecil Foto

Pastikan kamu sudah unduh dan pasang aplikasi Photo Compress 2.0 yang bisa kamu dapatkan pada tautan di bawah ini, geng.

Photo Compress 20 Ad Free 11815
Photo Compress 2.0 - Ad Free 2.1
Apps Photo & Imaging
DOWNLOAD
Langkah 2 - Pilih Foto yang Mau Dikompres

Buka aplikasi Photo Compress 2.0, lalu pilih opsi Gallery dan pilih pas foto atau swafoto yang hendak kamu kompres.

Cara Kompres Foto Hp 01 A955d
Langkah 3 - Mulai Kompres Ukuran Foto

Untuk mulai memperkecil size foto, kamu tinggal ketuk tombol Compress. Selanjutnya kamu bisa memilih kualitas dengan geser toogle yang tersedia, jika sudah ketuk Compress sekali lagi.

Cara Kompres Foto Hp 02 Ed334
Langkah 4 - Simpan Foto yang Sudah Terkompres
  • Pada bagian atas kamu bisa lihat ukuran sebelum dan setelah dikompres. Terakhir, kamu tinggal ketuk Exit maka otomatis foto kamu akan tersimpan di memori internal HP Android.
Cara Kompres Foto Hp 03 1e41a

2. Cara Mengubah Ukuran Foto di HP Tanpa Aplikasi

Cara mengecilkan ukuran foto yang kedua ini tidak memerlukan aplikasi apapun, dan dapat langsung kamu praktekkan dari HP Android.

Kalau kamu malas men-download dan memasang aplikasi di HP Android gara-gara memori penuh, kamu juga bisa ikuti cara yang akan Jaka bahas ini.

Di sini kamu hanya membutuhkan sebuah tools online bernama iLoveIMG. Terdengar sama dengan iLovePDF yang berfungsi untuk menggabungkan file PDF ya! Hehehe...

Selain itu salah satu keunggulan dari iLoveIMG adalah mendukung situs berbahasa Indonesia. Jadi nggak akan membuatmu kesulitan untuk mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Langkah 1 - Buka Situs iLoveIMG dan Pilih Foto Untuk Memulai Cara Memperkecil Foto

Pertama, kamu tinggal buka situs iLoveIMG (https://www.iloveimg.com/id) pada aplikasi Google Chrome hingga muncul tampilan seperti berikut.

Kemudian kamu tinggal pilih menu Kompres Gambar > Pilih Gambar untuk mengunggah foto yang hendak diperkecil ukurannya dari memori internal.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di Android 01 6f2d9
Langkah 2 - Mulai Kompres Foto

Pastikan foto yang diunggah ke situs iLoveIMG sudah benar, jika sudah kamu tinggal ketuk Kompres Gambar di bagian bawah. Tunggu proses yang berjalan selama beberapa detik saja.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di Android 02 57eb3
Langkah 3 - Download Gambar Dikompres

Jika sudah selesai, kamu bisa mengetahui ukuran foto dari gambar yang sudah diproses oleh iLoveIMG. Kalau Jaka bilang iLoveIMG cukup efektif karena bisa mengecilkan foto hingga 83%, geng.

Untuk men-download, kamu tinggal ketuk Unduh Gambar yang Dikompres maka akan secara otomatis tersimpan pada folder Downloads di HP Android kamu deh.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di Android 03 3db30

3. Cara Mengecilkan Size File Foto di Laptop Tanpa Aplikasi

Langkah ini bakal cocok buat kamu yang malas install software di laptop, macam Adobe Photoshop dan sebagainya.

Metode kompres foto ini pun mirip seperti yang Jaka ulas pada poin sebelumnya, tetapi cara ini lebih cocok digunakan ketika kamu mempraktekkannya menggunakan laptop.

Untuk memperkecil ukuran foto di laptop tanpa aplikasi, kamu cukup mengandalkan aplikasi browser PC, jaringan internet, dan situs bernama IMGOnline, geng.

Nah, di sini kamu bahkan diberikan opsi dan bahkan bisa menerapkan cara mengecilkan ukuran foto menjadi 200kb, 100kb, atau sesukamu, lho.Yuk, simak cara memperkecil ukuran file photo ini.

Langkah 1 - Buka Situs IMGOnline di Browser PC Untuk Kompress Foto 100KB

Buka aplikasi browser, seperti Google Chrome di PC atau laptop kamu dan buka situs IMGOnline (https://www.imgonline.com.ua/eng/compress-image-size.php) hingga muncul tampilan seperti berikut.

Cara Memperkecil Foto Laptop Online 01 A81e9
Langkah 2 - Lakukan Pengaturan Kompres Foto

Geser layar ke bawah hingga kamu menemukan bagian seperti berikut. Pertama kamu tinggal unggah foto yang hendak dikompres dengan klik Choose File.

Selanjutnya pilih opsi Compress jpg-file to: (...) Kbytes untuk memperkecil sesuai ukuran, jika sudah klik OK.

Cara Memperkecil Foto Laptop Online 02 C8d1c
Langkah 3 - Tunggu Proses dan Download Foto

Tunggu prosesnya beberapa saat dan situs IMGOnline akan memberikan ukuran file setelah dikompres seperti pada gambar berikut.

Untuk mengunduhnya, kamu tinggal klik Download processed image untuk disimpan pada PC atau laptop kamu.

Cara Memperkecil Foto Laptop Online 03 865d7

4. Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Paint di Laptop

Cara mengecilkan ukuran foto selanjutnya, bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi bawaan Windows, yakni Paint yang ternyata bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto kamu, lho.

Aplikasi edit foto yang satu ini dijamin mudah digunakan, nggak ribet, apalagi berat untuk spesifikasi PC atau laptop kamu yang mungkin terbatas.

Yuk simak langkah-langkahnya dalam cara mengecilkan file foto dengan Paint sebagai berikut ya!

Langkah 1 - Buka Paint Untuk Nenpraktekkan Cara Mengecilkan Size Foto

Pertama buka aplikasi Paint dan pilih foto yang hendak diperkecil ukurannya dengan perintah Open. Selanjutnya pada toolbar, pilih opsi Resize.

Cara Mengecilkan Foto Paint 01 A76bd
Langkah 2 - Mulai Perkecil Ukuran Foto di Paint
  • Selanjutnya akan muncul jendela Resize and Skew seperti pada gambar di bawah ini.
Cara Mengecilkan Foto Paint 02 1bb64
Langkah 3 - Lakukan Pengaturan untuk Mengubah Ukuran Foto

Kemudian kamu pergi ke bagian Resize. Di sini kamu bisa mengatur Percentage atau Pixels sesuai dengan kebutuhanmu.

Jangan lupa untuk aktifkan Maintain aspect ratio agar proporsi foto tidak berubah. Jika sudah klik OK.

Cara Mengecilkan Foto Paint 03 85247
Langkah 4 - Simpan Foto yang Sudah Dikompres

Periksa kembali foto yang sudah kamu kecilkan. Terakhir untuk menyimpan, kamu pergi ke menu File > Save As > JPEG picture dan lakukan langkah penyimpanan seperti biasa, geng.

Cara Mengecilkan Foto Paint 04 C0f60

5. Cara Kompres Foto di Adobe Photoshop (Cocok untuk Blogger)

Sementara kalau kamu punya sedikit keahlian dengan software Adobe Photoshop, kamu juga bisa menggunakan aplikasi desain profesional yang satu ini, lho.

Terlebih untuk para blogger, di sini kamu bisa memanfaatkan fitur bernama Save for Web untuk memperkecil ukuran foto sehingga lebih ringan saat diunggah ke blog atau situs kamu, geng.

Untuk langkah-langkahnya, bisa kamu ikuti selengkapnya di bawah ini ya!

Langkah 1 - Buka Foto yang Hendak Diedit
  • Buka software Photoshop yang ada di PC atau laptop kamu, di sini Jaka menggunakan Adobe Photoshop CC 2015. Selanjutnya klik dan geser foto dari Windows Explorer ke jendela Photoshop.
Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di Laptop 01 Add22
Langkah 2 - Simpan Foto dengan Save for Web
  • Selanjutnya pergi ke menu File > Export > Save for Web (Legacy) atau membukanya dengan tombol kombinasi Alt + Shift + Ctrl + S.
Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di Laptop 02 C2e1b
Langkah 3 - Lakukan Pengaturan Preset Save for Web

Untuk memperkecil ukuran foto di PC dengan Adobe Photoshop, pada jendela Save for Web pertama kali kamu bisa mengatur preset yang ada di bagian atas. Di sini Jaka memilih JPEG Medium.

Lalu kamu bisa juga mengatur Image Size dengan mengubah nilai piksel atau persentase. Untuk melihat preview hasil kompres, kamu bisa lihat pada bagian bawah sebelah kiri, geng.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di Laptop 03 Cf6a8
Langkah 4 - Simpan Hasil Foto

Jika sudah yakin dengan pengaturanmu, kamu tinggal klik tombo Save... di bagian bawah dan otomatis akan dialihkan menuju jendela baru seperti di bawah ini.

Di sini kamu tinggal menentukan lokasi di mana kamu akan menyimpan foto dan juga namanya. Terakhir kamu tinggal klik tombol Save untuk menyimpan foto.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Di Laptop 04 D09db

Fungsi Lain Kenapa Kamu Harus Compress dan Resize Ukuran File Foto?

Walaupun sedikit mengurangi kualitasnya, mungkin kamu bertanya-tanya mengenai apa alasan compress dan resize foto perlu kamu lakukan, geng.

Seenggaknya untuk dua hal ini memang sangat perlu untuk memperkecil ukuran foto. Apa sajakah itu?

1. Memperkecil Foto Bisa Membuat Tampilan Blog Ringan

Khususnya untuk kamu yang baru belajar membuat blog, ukuran gambar yang ringan di kisaran 100kb ternyata mampu mempercepat proses memuat atau loading situs kamu, lho.

Dengan tampilan situs atau blog yang lebih cepat dimuat, tentunya pengunjung nggak perlu menunggu lama untuk segera menikmati konten di dalamnya.

Terlebih lagi menurut beberapa praktisi SEO (Seacrh Engine Optimization), kecepatan loading suatu situs juga memengarui ranking di mesin pencari. Jadi bisa lebih banyak pengunjung yang datang, nih!

2. Mengecilkan Ukuran Foto Menghemat Ruang Penyimpanan

Tahu nggak alasan kenapa kamu harus memperkecil ukuran foto, misalnya sangat upload berkas untuk kebutuhan pendaftaran atau melamar pekerjaan?

Tentu alasannya adalah untuk menghemat ruang penyimpanan, di mana pastinya bakal banyak orang mengunggah foto ke server tersebut.

File foto yang tidak dikompres bakal berpotensi membuat server menjadi cepat penuh dan overload.

Video: Rekomendasi Aplikasi & Software Wajib Sebelum Masuk Dunia Kerja

Akhir Kata

Nah, itulah tadi tips dan trik seputar cara mengecilkan ukuran foto di HP dan laptop menjadi 100kb tanpa mengurangi kualitas yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Dengan begini kamu bisa dengan mudah mengurus administrasi, seperti melakukan melakukan pendaftaran pekerjaan atau keperluan lainnya, kan?

Silakan juga share dan berikan komentar pada artikel ini untuk terus mendapatkan informasi dan berita seputar teknologi terbaru dari JalanTikus.com. Selamat mencoba!

Baca juga artikel seputar Foto atau artikel menarik lainnya dari Naufaludin Ismail.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Kompres Foto Hp Pc Banner 56f6b

10 Aplikasi Kompres Foto Terbaik 2020, Bisa Kompres Foto Jadi 200kb!

Untitled 1 B8b30

Cara Ampuh Memperbesar Resolusi Foto Tanpa Pecah, 100% Works!

Aplikasi Edit Foto Fbccd

10 Aplikasi Edit Foto Terbaik & Terbaru 2020, Hasil Foto Bak Selebgram!

Page22 4f06f

3 Cara Mengganti Background Pas Foto | Paling Mudah dan Efisien!

Aplikasi Edit Background Foto 3b9af

10 Aplikasi Edit Background Foto Terbaik di Android (Update 2020)

Cara Mengubah Jpg Ke Pdf B1b74

4 Cara Mudah Mengubah JPG ke PDF di Android & PC, Gratis!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
10 Aplikasi Kompres Foto Terbaik 2020, Bisa Kompres Foto Jadi 200kb!

10 Aplikasi Kompres Foto Terbaik 2020, Bisa Kompres Foto Jadi 200kb!

Gampang Banget, Ini Cara Menggabungkan Foto untuk Android, PC, dan Online!

Gampang Banget, Ini Cara Menggabungkan Foto untuk Android, PC, dan Online!

7 Aplikasi Cetak Foto Terbaik yang Bisa Kamu Unduh Secara Gratis

7 Aplikasi Cetak Foto Terbaik yang Bisa Kamu Unduh Secara Gratis

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus | Android, iPhone, dan PC

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus | Android, iPhone, dan PC

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal