Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

10 November 2016

Tingkat konsumsi Internet saat ini memang semakin tinggi. Kamu juga kian dituntut untuk selalu terkoneksi dengan Internet, untuk mendapatkan informasi yang lebih cepat, tepat, dan akurat. Hal ini sudah tidak mungkin dipungkiri lagi, sebab hampir di setiap sudut tempat, pasti ada saja orang yang tengah menggunakan smartphone.

Di sisi lain, meski kamu sudah memakai jaringan Internet yang mutakhir, yaitu 4G LTE, belum tentu menjamin hal koneksi Internet kamu bakal ngebut. Bahkan, di beberapa daerah, koneksi 3G masih lebih baik. Maka dari itu, melalui artikel ini, Jaka akan memberikan cara mempercepat koneksi Internet di Android, biar kamu terus terhubung dengan Internet meski dalam jaringan 3G.

Cara Mempercepat Koneksi Internet di Android

cara mempercepat koneksi internet di android 6 rev

Apa sih hal paling penting yang harus membutuhkan koneksi Internet dengan baik? Biasanya, hal penting yang benar-benar membutuhkan koneksi Internet adalah saat kamu browsing, bermedia sosial, chatting, main game, dan menggunakan aplikasi pemetaan. Maka dari itu, cara mempercepat koneksi 3G di Android ini dapat membantu kamu dengan sangat baik.

Gunakan Aplikasi Browser Opera Max

cara mempercepat koneksi internet di android 1

Kalau kamu mau tahu cara mempercepat koneksi Internet di Android, kamu harus menggunakan dan download Opera Max sebagai browser utama kamu. Mengapa? Begini guys, aplikasi ini sebenarnya didesain untuk digunakan melalui jaringan WiFi yang crowded atau banyak yang menggunakannya. Meski demikian, dowmnload Opera Max juga mampu mengoptimalkan browsing kamu dengan baik meski hanya terkoneksi 3G. Bahkan, Opera Max juga mampu mengoptimalkan konten apa pun berbau streaming tetap cepat.

Di sisi lain, Opera pun sudah pernah mengumumkan bahwa produknya telah ditingkatkan hingga 23%. Sehingga, jelas membuktikan bahwa kinerja Opera Max hampir seperempat lebih cepat melakukan pencarian dibandingkan browser lainnya. Jadi, apa yang harus kamu tunggu? Segera download Opera Max di bawah ini ya.

Pakai Facebook Lite Deh, Rasakan Bedanya!

cara mempercepat koneksi internet di android 2

Di era digital seperti ini, media sosial memang hal penting yang harus kamu ketahui dan patut kamu miliki. Pasalnya, dengan hadirnya media sosial, berbagi informasi jadi semakin mudah. Kamu hanya perlu membuka satu aplikasi media sosial, dan teman-teman dunia maya kamu pasti bakal share berita penting dari sumber mana-mana. Salah satu media sosial yang sampai sekarang masih digunakan banyak orang, dan mudah dalam pemakaiannya adalah Facebook.

Yup, Facebook memang sarana dunia maya yang paling tepat jika kamu ingin menemukan berbagai informasi dan berita. Namun, jika koneksi Internet kamu tidak bagus, pasti kamu bakal ngerasain yang namanya kesal nan luar biasa. Untuk itu, cara mempercepat koneksi Internet di Android yang dapat kamu lakukan adalah dengan download Facebook Lite. Dengan download Facebook Lite, kamu mampu melakukan cara mempercepat koneksi 3G kamu dengan amat baik. Sebab, Facebook Lite sendiri memang terkenal ringan dan irit dalam penggunaan data Internet. Pasti bersosial media jadi semakin ngebut deh. Ingat, download Facebook Lite ya.

Nonaktifkan Gambar pada Browser!

cara mempercepat koneksi internet di android 4

Cara mempercepat koneksi Internet di Android selanjutnya adalah kamu bisa menonaktifkan gambar pada browser yang kamu gunakan. Misalkan, kamu belum download Opera Max dan masih menggunakan Chrome Browser, kamu bisa membuatnya untuk tidak menampilkan gambar pada saat browsing. Caranya, buka Google Chrome, pilih ikon opsi berupa tiga titik, Settings > Data Saver > aktifkan Data Saver.

Dengan begini, secara otomatis Chrome akan meniadakan gambar saat koneksi Internet melemah. Maka dari itu, cara mempercepat koneksi 3G di Android satu ini memang banyak digunakan, sebab hal ini juga bisa menghemat kuota data kamu.

Bersihkan Cache pada Aplikasi yang Berjalan Lambat

cara mempercepat koneksi internet di android 5

Apakah kamu sudah mencoba cara mempercepat koneksi 3G Android di atas? Jika memang hal di atas tersebut belum berhasil dan smartphone Android kamu masih berjalan lamban dalam koneksi 3G, berarti masalahnya bukan pada jaringan Internet, melainkan pada perangkat yang kamu gunakan.

Cara mempercepat koneksi Internet di Android berikutnya, kamu wajib membersihkan cache aplikasi yang digunakan dan terhubung dengan koneksi internet. Misalkan kamu merasa bahwa koneksi Internet kamu lelet saat membuka Chrome, maka masuk menuju Settings > Applications > Chrome > Clear Cache. Lakukan langkah ini pada aplikasi yang sama ketika kamu merasa Internet kamu lamban.

Hapus Aplikasi yang Memonopoli Akses Internet

cara mempercepat koneksi internet di android 3

Menggunakan smartphone Android memang menyenangkan. Banyak aplikasi menarik yang dapat kamu pakai. Namun, perlu kamu perhatikan terlebih dahulu, aplikasi apa yang cocok untuk smartphone kamu. Nah, cara mempercepat koneksi Internet di Android selanjutnya, kamu perlu menghapus aplikasi yang memonopoli akses Internet kamu.

Maksudnya bagaimana? Begini, banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang dan tetap menyedot jaringan Internet kamu. Maka dari itu, ketika kamu sedang browsing, chatting, atau bermedia sosial terasa lemot, maka salah satu penyebabnya adalah aplikasi lain yang memakan akses Internet lebih banyak dari aplikasi yang kamu gunakan saat itu.

Itulah beberapa cara mempercepat koneksi Internet di Android meski kamu menggunakan jaringan 3G sekalipun. Apakah kamu mengerti sampai di sini? Tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah ya.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar