Cara Memperbaiki Harddisk Bad Sector di Windows 7

19 July 2013

Bad Sector pada harddisk memiliki banyak penyebab, seperti misalnya komputer yang mati mendadak, harddisk terjatuh, usia harddisk yang sudah lebih dari 5 tahun, atau diakibatkan oleh virus. Apabila terjatuh, mungkin terjadi bad sector pada bagian fisik harddisk kamu dimana piringan cakram tergores. Tetapi apabila bad sector terjadi pada bagian logical harddisk atau software, masih besar kemungkinan bisa diperbaiki karena banyak sekali software untuk memperbaikinya, tetapi dari Windows 7 sendiri sudah ada fitur sebagai cara memperbaiki harddisk bad sector di Windows 7.

Fitur ini memiliki dua pilihan yaitu memindai dan memperbaiki, dan biasanya proses ini memakan waktu yang cukup lama. Berikut cara memperbaiki harddisk bad sector di Windows 7:

1. Buka My Computer, lalu klik kanan pada drive yang ingin diperbaiki, bisa harddisk internal maupun harddisk eksternal. Setelah itu pilih properties

2. Pilih tab Tools, lalu pada bagian Error-Checking pilih tombok Check Now
3. Ada dua pilihan yaitu Automatically fix file system errors untuk langsung memperbaiki kerusakan dan Scan for and attempt recovery of bad sectorsuntuk melakukan pemindaian terlebih dahulu, centang keduanya lalu pilih Start
4.[b/] Tunggu hingga proses selesai

Cara memperbaiki harddisk bad sector di Windows 7 ini bisa kamu jadikan juga fitur untuk kamu melakukan maintenance pada harddisk kamu, sehingga selalu terjaga performa dari harddisk kamu. Selamat mencoba.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar